Skip to content
Advertisements

Belajar dari Rex Marindo

bisnis adalah ibadah

Warung Upnormal.
Nama itu begitu lekat dengan anak gaul Indonesia saat ini. Di Bandung Upnormal selalu ramai. Di Jakarta pun Upnormal bermunculan di mana-mana. Di belakang sukses Upnormal, ada seorang Rex Marindo.

Rex adalah lulusan Universitas Parahyangan yang senang marketing. Ia menjadi konsultan marketing dan kemudian banting setir memulai usaha kulinernya bersama teman-temannya. Awalnya bersama Danis Puntoadi, Stefi Kurniadi, Sarita Sutedja dan beberapa teman lain ia mendirikan Nasi Goreng Mafia. Tak sampai setahun ada 7 cabang. 5 cabang di Bandung, masing-masing satu di Pekanbaru dan Jakarta. Tujuh sekawan pendirinya meraup ratusan juta omzet dari Nasi Goreng Mafia.

Di tahun 2014 mereka mendirikan Bakso Boedjangan dan kemudian tahun 2015 barulah mereka memulai Warung Upnormal. Di bawah bendera Cita Rasa Prima Indonesia Berjaya (CRP Group) kini mereka memiliki 5 merek saat ini yaitu; Mafia Nasi Goreng Rempah, Warunk UpNormal, Bakso Boedjangan, Sambal Khas Karmila dan UpNormal Coffee Roaster dengan 71 gerai yang tersebar di 19 kota di seluruh Indonesia. Bayangkan, kalau satu cabang Warunk Upnormal saja biaya franchise-nya bisa mencapai lebih dari Rp4 miliar, berapa besar kekayaan pengusaha pecinta kuliner ini?

Apa saja kunci suksesnya? Ini kunci sukses Rex Marindo:

1. Kembangkan dari hobi.

Rex dan kawan-kawan memang suka mencoba berbagai tempat nongkrong. Dari sinilah ia mendapat ide untuk membuat sendiri tempat tongkrongannya. Saat kita suka dengan apa yang kita lakukan, kita tidak akan merasa bekerja, tak akan ada beban. Happy all the time.

2. Jaga komitmen dan konsisten untuk belajar

Kesuksesan tak pernah ada tanpa ketekunan untuk belajar. Untuk itu Rex dan kawan-kawan benar-benar komitmen penuh. Mereka turun langsung melayani konsumen sampai subuh sehingga mereka benar-benar faham operasional teknis sampai hal yang paling detil.

Mereka juga rajin belajar, sehingga selalu tahu apa yang ngerend, ngepop dan kekinian. Teknik-teknik marketing terkini pun dilahap dengan cepat.

3. Semua berawal dari konsumen, untuk konsumen

Saat kita kenal dekat siapa yang ingin kita layani, kita akan tahu apa yang harus kita buat. Bukan buat dulu baru menyasar konsumen. Jadi kemasar, disain, brand dan semua turunannya memang dibuat berdasarkan pemahaman akan kebutuhan dan kesenangan konsumen.

4. Unique Selling Point: Apa ciri khas mu?

Rex menciptakan kekhasan sendiri di Warung Upnormal dengan mengkombinasi mie instan yang digemari orang Indonesia dengan kemasan restoran kekinian modern. Bukan lagi warung indomie pinggir jalan.

Saat ada tren level pedas, mereka pun membuat level pedas nuklir yang tak ada di tempat lain. Inovasi menjadi sangat penting di sini.

5. Jangan modal nekat. Siapkan system

Modal nekat tanpa ada ilmu itu bunuh diri, kata Rex. Ilmu benar-benar penting sebelum memulai usaha. Marketing terutama, menurut Rex. Berbekal ilmu inilah ia bisa mengangkat menu-menu biasa jadi luar biasa dan berkelas.

Tanpa adanya sistem yang baik, sumber daya yang bagus, punya investor pun jadi mubazir. Butuh infrastruktur yang baik untuk bisa membuat kita menjadi incaran investor. Investor pun perlu diseleksi. Investor yang faham bisnis yang dijalani dan satu visi akan lebih baik potensi suksesnya.

6. Hidup sederhana, tidak konsumtif

Di balik semua kesuksesannya Rex tetap bukan orang OKB. Banyak pengusaha muda yang begitu sukses langsung beli berbagai mainan mewah, dari jam tangan sampai mobil. Tidak begitu dengan Rex. Ia memilih untuk menanamkan kembali uang yang didapatkannya untuk memperluas usahanya, membuka lebih banyak cabang resto.

7. Bisnis sebagai ibadah

Saat semua yang dikerjakan ditujukan untuk ibadah, mainan-mainan itu tak lagi menjadi penting.

“Ini semua untuk ibadah. Bisa menjadi kran (penyalur) rezeki bagi 3.500 karyawan itu membahagiakan. Kita semuanya ini sedang deal dengan The Greatest Investor: God! Jadi itu yang membuat saya tetap bersemangat,” ujarnya.

Indah ya.

Nah, bagaimanakah kisah ini bisa bermanfaat bagi sahabat? Apa pelajaran yang bisa diambil? Apa hal termudah, paling simpel yang sahabat bisa lakukan untuk lebih sukses, belajar dari Rex?

Sumber:
7 Rahasia Sukses Bos Warunk Upnormal yang Punya Ratusan Cabang
Rex Marindo
Rahasia Kesuksesan Warunk Upnormal, Ternyata Rex Marindo Melakukan Ini Lho!
Bos Warung Upnormal Rex Marindo: Kaya, Terkenal, So What…?
5 Tips Bisnis Jaman Now ala Pendiri Warunk Upnormal, Rex Marindo

Ditayangkan juga di: Sukses Bisnis Kuliner, Belajar dari Rex

Advertisements

3 Comments »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: