Skip to content
Advertisements

Naik kelas untuk menggapai tingkat tertinggi dalam surga yang abadi. Mau?

impian

Di sekolah tugas kita adalah belajar “supaya naik kelas.” Di kantor impian kita adalah “naik jabatan.”  Tapi pernahkah kita fokus untuk “naik kelas” dalam hal kedekatan dengan Allah? Bekal di surga? Padahal ini adalah tugas utama kita diciptakan di dunia.

Ramadlan adalah training center yang Allah ciptakan untuk bisa #NaikKelas dalam hal kedekatan bersamaNya, dalam keimanan, amal sholeh dan ketaqwaan. Sayang banyak sekali orang yang melalui Ramadlan hanya sebagai “festival” atau kesempatan gembira ria, reuni, silaturahmi, tanpa pernah berfikir bahwa inilah kesempatan menempa diri, ujian kenaikan kelas.

Nah, kalau belum, kita mulai yuk. Mulailah fokus #NaikKelas dalam hidup. Prioritas pada yang mendasar dulu, dan pelan-pelan ambil kredit lain, makin lama makin banyak, agar nilai kita pun bisa makin tinggi di sisiNya, dan #NaikKelas insya Allah bisa terjadi.

1. Ikhlas, sabar, syukur

Inilah hal yang sangat mendasar dan penting sekali dalam program #NaikKelas. Sudah seberapa ikhlas kita dalam menjalani hidup? Ridlo dengan semua ketentuanNya? Ridlo dengan bencana, musibah, seperti kita ridlo dengan nikmat dan karunia?

Seberapa sabar kita menjalani berbagai ujianNya? Dan seberapa banyak kita bersyukur untuk hal-hal yang mendasar? hal-hal kecil yang sesungguhnya sangat besar?

2. Shalat

Shalat adalah amalan pertama yang diperiksa. Jadi sempurnakan shalat. Kesempurnaan shalat diawali dari pelaksanaan tepat waktu. Lalu sempurnakan kekhusukan dalam melaksanakannya. Baru sempurnakan  tata cara shalat seperti yang dilakukan Rasulullah.

3. Amalan wajib lainnya, baru sunnah.

Sempurnakan semua amalan wajib setiap hari. Tinggalkan yang haram dan makruh, jaga hanya yang halal, wajib dan sunnah. Lakukan dengan khusuk, hanya untuk Allah. Bersihkan niat, sempurnakan tata cara. Evaluasi setiap pelaksanaan satu persatu, dimulai dari hati kita saat merencanakannya.

Pelajari berbagai amalan sunnah lainnya. Prioritaskan amalan sunnah utama seperti shalat tahajud dan dluha. Sekali dijalankan, usahakan jangan pernah dilepas. Jaga seperti menjaga harta karun. Karena semua amalan inilah yang memang benar-benar menjadi harta karun abadi bagi kita. Bukan harta kita di dunia.

Yuk, kita mulai evaluasi dan buat program #NaikKelas yuk. Banyaklah belajar, karena berbagai amalan inilah yang menjadi sahabat abadi kita, penentu tempat kita nanti di surga. Dan surga tertinggi yang bisa kita jadikan sebagai tujuan adalah Surga Firdaus. Pelajarilah, apa saja yang perlu kita lakukan untuk bisa mencapai impian tertinggi ini. Temukanlah bahwa semua makhlukNya bisa mencapai surga ini. Bukan uang, bukan kedudukan dunia, bukan orang tua, yang bisa membantu kita masuk ke sini. Semua bisa, kita semua bisa. Tergantung kita, mau atau tidak. Jadi yuk, kita fokus yuk.

Apa hal yang paling kecil, paling sederhana, paling mudah, yang bisa anda lakukan hari ini untuk #NaikKelas untuk Allah swt?
Bagaimana hal itu bisa benar-benar dilakukan hari ini?
Bagaimana membuatnya menjadi hal yang rutin dilakukan setiap hari?
Kenapa hal itu penting?

Ditayangkan juga di: Naik Kelas dalam hidup untukNya, sudahkah?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: