Skip to content
Advertisements

Hargai diri, hargai orang lain sempurna apa adanya #NaikKelas

Lebaran…

Saatnya bertemu banyak orang, saudara, teman, rekan kerja, dan lain-lain. Semua pakai baju bagus, tas keren dan berbagai penampilan lainnya.

Memang kita disunnahkan untuk pakai baju baru. Dan namanya perayaan pasti kita semua ingin tampil baik.

Yang sering terjadi adalah kita membandingkan diri dengan yang lain dan menilai yang hadir melalui tampilan luar. Ini yang bahaya. Kita tak menghargai diri dan orang lain. Ada saja yang salah dan kurang.

Kalau ibadah Ramadlan sudah selalu dijalankan sungguh-sungguh, insya Allah hal ini tak akan mudah terjadi. Kita tahu bahwa kita adalah wakil Sang Maha Pencipta alam semesta. Tak perlu kita merendahkan diri dengan membanding-bandingkan diri dengan yang lain. Kita tahu semua unik. Kita tampil baik untuk Allah, bukan untuk membuat pernyataan siapa kita.

Dan kita pun tahu bahwa mulianya manusia ada dalam akhlaknya, bukan tampilan luarnya. Tak akan mudah hati kita mengizinkan mulut membahas tampilan luar orang lain di belakang punggungnya. Susah-susah puasa menahan mulut, masak rusak saat perayaannya?

Jadi selepas Ramadlan, selepas lebaran, yuk kita naik kelas yuk. Ini saatnya untuk hanya melakukan apa yang benar dan baik, meninggalkan yang salah dan tidak baik.

1. Jangan pernah membandingkan diri

Sadari benar peran penting kita sebagai Khalifah Allah. Kita semua hebat karena diciptakan oleh Sang Maha Hebat. Kalau ada terbersit pikiran yang membandingkan seperti

“.. Dia mah keren. Aku mah siapa. ”

” Aku tak keren dan hebat seperti mereka. ”

… artinya ada anak kecil dalam jiwa kita yang masih tersakiti karena merasa tak berharga.

Peluk anak ini. Limpahkan kasih dan sayang terus sampai ia yakin bahwa ia sangat berharga. Lakukan sesering mungkin.

Lihat sekeliling dan sadari betapa Allah mencintai kita. Keluarga, rumah, pohon yang meneduhkan jalan-jalan yang kita lalui, dan semua yang ada. Semua untuk kita karena kita begitu berharga.

Janganlah pernah berani menganggap diri lebih rendah, karena diri ini adalah ciptaan Sang Maha Besar yang tak akan pernah salah mencipta.

2. Jangan pernah menilai orang lain

Karena kita tak pernah tahu apa yang terjadi padanya, lahir dan batin. Hormati saja orang lain apa adanya, seperti kita ingin dihargai apa adanya. Semua orang unik. Semua kekurangan adalah kesempurnaan yang mendatangkan interaksi yang saling melengkapi.

Tak perlu hiraukan orang yang bilang, si A begini dan B begitu. Tinggalkan. Ganti topik. Yang dibahas bisa jadi lebih baik daripada yang membahas. Kalau obrolan tidak ditujukan untuk mencari solusi, semua buang waktu dan bisa membahayakan bagi kita. Sekali kita melakukannya kita memberi ruang kita dijadikan bahan obrolan serupa.

Dan itu dosa. Untuk apa Allah berikan Ramadlan kalau kita masih melakukannya.

Yuk kita #naikkelas yuk. Niatkan setiap pagi, dan perhatikan apa yang terjadi sampai malam. Perbaiki setiap kali hal ini terjadi. It’s ok. Everyone makes mistakes. Yang penting kita sungguh-sungguh memperbaiki.

Kita semua adalah bunga yang indah. Ada yang masih kuncup dan butuh air, ada yang sudah mekar dan mewangi, ada yang mulai layu siap memberi kesempatan pada yang lain. Semua indah, pada tahapannya masing-masing.

Bismillah…

Ya Allah, jadikanlah kami hamba-hambaMu yang mampu menghargai diri dan menghargai orang lain sebagai khalifahMu yang luar biasa. Bersihkanlah hati kami, jiwa kami, pikiran kami, mulut kami dan semua tubuh kami. Jagalah kami agar hanya kebaikan yang ada padanya.

Aamiin yra.

Advertisements

2 Comments »

  1. selamat pagi mba indra,sy pernah baca postingan mba ya sembuh dari kanker. apakah mba punya chanel untuk penyembuhan kanker otak. chanel utama tetap Allah SWT.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: