Skip to content
Advertisements

“Wakanda Forever” yang menginspirasi

black-panther-is-it-worth-the-high-1280x800.jpg

Salah satu karakter Marvel yang sangat menginspirasi adalah Blackpanther. Ia adalah raja Wakanda, sebuah negara yang menguasai teknologi tinggi dan kaya vibranium. Vibranium adalah mineral yang sangat kuat, mampu menyerap energi kinetik dan gelombang suara dengan sangat cepat, membuat benda apapun yang mengandung vibranium menjadi sangat kuat. Ia pun mampu memotong metal apapun.

Vibranium menjadi dasar peradaban Wakanda. Semua raja Wakanda menjadi superhero karena menguasai berbagai teknik bela diri menggunakan baju khusus dari vibranium. Teknologi berkembang pesat membuat Wakanda menjadi “El Dorado” negara hebat yang tak dikenal dunia.

Blackpanther adalah King T’Challa, raja yang juga menjadi superhero di Avengers. Adiknya, Shuri, adalah ilmuwan yang sangat hebat, disainer dari baju superhero yang dipakai kakaknya. Ia juga didampingi para prajurit perempuan Dora Milaje yang luar biasa teknik pertahanannya.

Semua hal ini membuat para warga keturunan Afrika terinspirasi. Suatu hari mereka diundang untuk datang ke sebuah acara, di mana mereka bisa menyatakan kebanggaan mereka, dan bagaimana film ini sangat berarti bagi mereka. Mereka pun mengatakan bahwa film ini membantu mereka untuk merasa lebih percaya diri, merasa punya harapan, merasa bisa menjadi seorang pahlawan yang membawa manfaat bagi masyarakat (lihat di Chadwick Boseman Surprises Black Panther Fans While They Thank Him)

Blackpanther menjadi representasi Afrika yang maju, jaya dan berkontribusi menyelamatkan dunia. Representasi penguasaan teknologi untuk kemajuan dan kualitas hidup umat manusia.

Blackpanther terutama juga berkata pada para perempuan keturunan Afrika bahwa perempuan itu bisa maju di pertempuran, bisa menjadi pahlawan hebat dan peneliti hebat. Bahwa perempuan yang kuat tak perlu menjadi feminis yang tak menikah. Mereka pun bisa menjadi bagian dari sebuah keluarga bahagia, tetap menjadi remaja yang riang gembira dari Afrika.

Dalam film Avengers: Infinity War Blackpanther menjadi abu. Pendek sekali hidupnya sebagai superhero. Tapi yang pendek ini cukup untuk membangun inspirasi. Inilah legacy yang ditinggalkannya.

Inilah pelajaran indah bagi kita semua. Sebuah kehidupan tak perlu panjang. Seberapapun panjang pendek hidup kita, yang penting adalah apa arti hidup ini bagi kehidupan orang lain yang kita sentuh? Apa inspirasi yang berhasil kita bangun? Apa kontribusi kita bagi dunia?

Apa sejarah yang ingin kita ciptakan dalam masa hidup kita?

Nah ini yang perlu kita jawab selama kita hidup. Mulailah dari sekarang, karena kita tak pernah tahu kapan batas hidup kita.

Apakah hal terbaik yang bisa kita lakukan hari ini untuk mulai membangun legacy ini? Kenapa hal ini penting? Bagi siapa saja hal ini penting?

Advertisements

2 Comments »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: