Skip to content
Advertisements

Mau hidup bahagia? jangan begadang ya

malam untuk tidur.png

Sahabat blog,

Kemarin kita bahas, bahagia itu penting agar bisa tidur enak malam ini (tips untuk tidur yang lelap), dan tidur pun penting supaya bisa menjadi manusia yang bahagia. Benar deh. Bahagia dan tidur itu saling mempengaruhi.

Menjadi manusia bahagia butuh proses, tapi tidur cukup malam ini bisa kita upayakan malam ini juga. Bagaimanapun malam diciptakan untuk tidur oleh Sang Maha Pencipta. Bukan untuk lembur atau begadang.

Infographics di bawah ini benar-benar menjabarkan mengapa tidur penting untuk bisa bahagia. Apa saja katanya?

1. Otak butuh istirahat

Amygdala adalam bagian otak yang mengatur emosi. Saat otak cukup istirahat amygdala tidak merasa perlu menimbulkan reaksi stress fight-flight-freeze. Saat otak tak cukup istirahat amygdala 60% lebih reaktif.

Kekurangan tidur bisa menimbulkan depresi (5x lipat lebih beresiko), masalah kesehatan mental dan anxiety disorder (20x lipat lebih beresiko).

Jadi kalau ada orang yang jutek, emosional, marilah kita bantu mereka untuk bisa tidur cukup.

2. Fokus

Cukup tidur membantu kita untuk lebih fokus dan konsentrasi dalam menjalankan tugas sehari-hari seperti saat mengendarai mobil dan bekerja. Saat kita menjalankan tugas dengan baik tentu kita menjadi lebih puas, lebih bahagia dan hidup menjadi lebih berarti daripada kalau kita terus menerus keliru atau tak berfungsi baik dalam pekerjaan.

3. Hubungan dengan manusia

Saat kita cukup tidur kita menjadi lebih sabar, lebih baik dalam berkomunikasi secara sehat. Hasilnya adalah hubungan manusia yang lebih baik, lebih penuh cinta, lebih membahagiakan.

Jadi jelas ya, untuk bahagia itu butuh tidur yang cukup. Yuk kita belajar mengatur waktu lebih baik agar malam ini jam 10 sudah rebah di tempat tidur.

Apa hal terbaik yang bisa kita lakukan dengan lebih baik lagi hari ini agar kita bisa tidur cukup malam ini?

Mengapa hal ini penting? Untuk diri kita sendiri? Untuk keluarga kita? Untuk orang-orang yang kita sayangi? Untuk lingkungan kita? Untuk siapa lagi hal ini penting?

 

55ae4dbc1500002d00173af2.png

 

Advertisements

1 Comment »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: