Skip to content
Advertisements

Tidak bisa tidur? Ini tips nya, tanpa obat tidur

True silence is the rest of the mind, and is to the spirit what sleep is to the body, nourishment and refreshment.~ William Penn

Suatu malam seorang sahabat bercerita di media sosialnya, bahwa ia tak bisa tidur. Ia pun bertanya apa yang sebaiknya ia lakukan. Aku pun berbagi apa yang biasa aku lakukan: melupakan semua urusan dunia dan dzikir.

Sekarang aku jarang tak bisa tidur. Aku malah sering berharap aku bisa lebih banyak terbangun setelah kepala menyentuh bantal, untuk berdoa sebelum lenyap ditelan mimpi. Kenyataannya begitu kena bantal aku langsung tidur. Dulu aku sering tak bisa tidur. Dan hal ini terjadi saat pikiranku penuh. Kalau ada kejadian yang menyakitkan, kalau kesal, kalau khawatir, kalau ada percakapan batin yang kuciptakan sendiri.

Tips untuk bisa segera tidur:

1. Dzikir

Aku belajar untuk mengganti semua percakapan batin terkait marah, khawatir, kesal, dengan percakapan bersamaNya.

  • Kesal? Kuganti dengan dzikir. Biarlah orang berbeda denganku. Belum tentu aku lebih baik juga. Apapun itu. Allah pasti tahu apa yang terbaik bagi kita semua. Dzikir saja.
  • Marah? Sakit hati? Maafkan orang yang membuat kita marah, minta maaf secara batin padanya, dan minta maaf pada Allah untuknya dan untukku. Kubayangkan aku dan orang yang membuatku marah saling memaafkan, dan berhubungan dengan sangat baik.
  • Khawatir, resah masa depan, galau? Ganti dengan dzikir untuk menyerahkan segala kekhawatiran padaNya
    • Hasbunallah wa nikmal wakil, nikmal maula wa nikman nasir: Cukuplah Allah sebagai penolong kami, Allah adalah sebaik-baik pelindung
    • Laa hawla wa laa quwwata illa billah: Tiada pertolongan selain pertolongan Allah

Semua dzikir ini tidak hanya kubaca saat tidak bisa tidur tapi sepanjang hari, sehingga saat tidur semua sudah lebih tenang. Kalaupun masih ada, aku membacanya lagi, lagi, dan lagi, meminta bantuanNya agar bisa segera tidur.

Dzikir dan doa membantu tubuh mengeluarkan endorphin, obat tidur alami tanpa efek samping. Inilah ketentuanNya, ciptaanNya pada tubuh kita. Jadi memang wajib berdoa dan dzikir sebelum tidur.

Kalau tak bisa tidur aku pun selalu meminta padaNya untuk diberikan tidur nyenyak agar bisa bangun lagi dan beribadah padaNya esok hari. Alhamdulillah, efektif, Allah kabulkan.

2. Banyak berbagi

Bertemu dengan mereka yang tak seberuntung kita – selain membantu tubuh memproduksi endorphine – membuat kita lebih bersyukur dan meringankan stress. Kita jadi lebih tenang, lebih bahagia. Tidur jadi lebih nyenyak.

3. Olah raga

Pakar berkata bahwa insomnia muncul kalau kita tak melakukan cukup aktivitas untuk mengeluarkan endorphine. Olah raga sangat efektif membuat tubuh mengeluarkan endorphine. Dengan makin banyaknya endorphine dikeluarkan, produksi kortisol (hormon stress) pun ditekan. Tak bisa tidur seringkali muncul karena tubuh tegang, tidak bisa relaks. Ini hasil kerja kortisol. Menekan kortisol artinya membuat tubuh lebih aman dari dampak-dampak stress seperti ini. Berolah ragalah dengan reguler, dan jangan pula berlebihan karena olah raga berlebihan tak pula baik bagi kesehatan.

4. Aroma therapy dengan Essential Oils dan teh herbal.

Beberapa jenis essential oils juga membantu tubuh mengeluarkan endorphine. Favorit ku adalah lavender dan stress away. Yang lain adalah Valerian dan Rutavala dari Young Living.

Teh chamomile pun bisa membantu. Tapi aku tak pernah melakukan ini karena aku berusaha tak minum menjelang tidur, agar tak terganggu dengan toilet-break.

5. Banyak tertawa, tersenyum sepanjang hari

Tersenyum dan tertawa pun membantu tubuh memproduksi endorphine. Jadi, tontonlah film-film komedi, yang lucu-lucu, kumpul-kumpul dengan teman-teman untuk banyak tertawa dan tersenyum lebar. Jangan dekat-dekat orang yang banyak mengeluh atau penuh derita tanpa banyak senyum dan tertawa. Yang seperti ini bisa-bisa membuat kita makin tak bisa tidur malam-malam. Serius.

Carilah mereka yang terbiasa mentertawakan deritanya dan mencari hikmah di baliknya, sehingga mampu mensyukuri berbagai derita tersebut. Dari mereka kita belajar.

Yuk kita coba beberapa tips ini yuk. Janganlah tergoda untuk membeli pil tidur, atau apapun yang memiliki efek samping. Mengantuk dari dalam lebih enak, lebih murah, lebih tidak repot dan lebih sehat, lahir batin.

Yuk….

 

Sumber :

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: