Skip to content
Advertisements

Jangan percaya kalau ada yang bilang kita tak bisa. Bangkit.

Namanya Arthur Boorman. Ia adalah prajurit Amerika Serikat yang diterjunkan di Perang Teluk sebagai paratrooper. Tugasnya mengharuskannya banyak melakukan terjung payung. Dalam perang penerjun payung harus selalu terjun dengan cepat, dan setiap kali ia menyentuh tanah kakinya akan terkena kejutan yang perlahan-lahan mencederai kaki.

Setelah sekian lama terus menerus bertugas terjun payung, kaki Arthur cedera, ia harus menggunakan alat bantu jalan atau kursi roda. Karena tak bisa bergerak leluasa, tak bisa banyak beraktivitas, ia pun stress dan berat badannya meningkat luar biasa.

Dokter menyatakan bahwa ia harus menerima keadaannya karena tak ada lagi yang dapat dilakukan untuk memulihkan kondisinya. Ia tak akan pernah bisa berjalan lagi, kata dokter tersebut. Selamat lima belas tahun Arthur pun mengikuti kata-kata dokter tersebut dan terpuruk menyerah dalam ketidakberdayaan. Ia mulai merasa ingin mati saja.

Kesehatannya terus menurun dan Artur pun sadar bahwa ia tak boleh mengikuti begitu saja kata-kata yang membuatnya tak berdaya. Arthur memutuskan untuk bangkit dan menolak kata-kata dokter bahwa tak ada lagi yang dapat diperbuat. Dibukanya internet dan ia pun berusaha mencari apa dan siapa orang yang bisa membantunya.

Ia pun menemukan tentang yoga dan merasa bahwa yoga mungkin bisa membantunya. Sayangnya semua instruktur yoga yang dihubunginya menolak membantunya. Ia dianggap “kasus yang terlalu sulit” sehingga semua menyerah sebelum mencoba. Sampai ia menemukan Diamond Dallas Page.

Ia menemukan video dan artikel-artikel mengenai Dallas dan merasa bahwa ia bisa melakukan apa yang Dallas lakukan. Ia merasa ia harus bisa mulai lari untuk bisa menurunkan berat badannya. Minimal ia ingin mulai bisa berjalan atau bersepeda. Tapi dilihatnya yoga sangat mudah baginya untuk mulai mencoba menurunkan berat badannya dan mulai bisa bebas bergerak tanpa bantuan alat.

“Pertama kali saya bicara dengan Diamon Dallas Page saya sangat ketakutan. Bayangan bahwa saya bisa bergerak lagi, berlari lagi benar-benar membuat jantung berdebar,” kata Arthur.

Dan mulailah Arthur berlatih yoga sesuai dengan petunjuk-petunjuk Dallas yang dipelajarinya dari DVD.

“Dallas bukan hanya membimbing saya untuk menyadari apa artinya untuk memiliki hidup saya kembali, tapi juga bagaimana caranya untuk memilikinya kembali,” jelas Arthur.

“Kuncinya adalah yakin akan kemampuan diri kita sendiri dan etos kerja. Jatuh, bangun lagi, bangun lagi dan lagi,” kata Dallas.

Arthur mulai berlatih dengan bantuan kursi. Dan dalam dua bulan ia tak lagi membutuhkan kursi untuk menyeimbangkan badannya. Tak seperti instruktur lainnya, Dallas percaya bahwa Arthur bisa meraih apa yang ingin diraihnya.

Setelah tiga bulan, Arthur bisa berjalan tanpa penopang kaki. Ia bisa mematahkan pendapat dokter bahwa tak ada lagi yang dapat dilakukannya untuk jalan normal kembali. Ternyata ia bisa, hanya setelah tiga bulan disiplin latihan.

Setelah lima bulan berlatih Arthur menjadi makin kuat dan terus mencoba berbagai gerakan yoga yang makin lama makin sulit. “Kalau saya tak bisa melakukannya hari ini, bukan berarti saya tak akan bisa melakukannya suatu hari nanti,” kata Arthur penuh percaya diri sambil jatuh bangun, jatuh bangun, terus berusaha.

Arthur terus mengirimkan video melaporkan kemajuannya pada Dallas. Setelah delapan bulan Arthur berlatih, suatu hari Dallas menerima video dari sebuah pelataran rumput hijau penuh pohon. Tiba-tiba dilihatnya Arthur berjalan dengan penuh kekuatan dan kemudian berlari. Dallas pun tak mampu menahan harunya, meneteskan air mata. Orang yang tadinya didakwa tak bisa lagi berjalan tanpa bantuan alat, dan selama lima belas tahun percaya bahwa ia tidak bisa, kini bisa berlari cepat.

Jangan pernah percaya pada orang yang mengatakan kita tidak bisa. Jangan dengarkan orang yang berkata kita tak akan pernah bisa pulih, bahwa kita sudah tamat. Kalau Arthur saja yang kakinya cedera, didakwa dokter tak bisa lagi berjalan seumur hidup, kini bisa berlari, dan menurunkan berat badan secara signifikan, bagaimana dengan kita?

Apa hal terbaik yang bisa kita ambil dari kisah hidup Arthur?

Apa artinya sehat paripurna bagi kita? Apa rasanya mendapatkan sehat paripurna? Seperti apa sehat paripurna itu? Kenapa hal ini penting bagi kita? Kenapa pula hal ini penting bagi keluarga kita, dan semua yang kita cintai dan mencintai kita?

Belajar dari Arthur, apa hal terbaik yang dapat kita lakukan mulai hari ini untuk mendapatkan kembali sehat paripurna yang dikaruniakanNya pada kita? Dan bagaimana kita bisa membangun etos kerja dan disiplin setiap hari untuk terus maju setiap hari?

Belajar dari Arthur, bagaimanakah kita bisa mulai yakin pada diri kita sendiri? Bahwa kita diciptakan lengkap dengan segala hal yang kita butuhkan untuk tumbuh menjadi makhluk yang sesuai dengan fitrah dariNya?

Dan bagaimanakah kita bisa menjadi orang yang memberdayakan, seperti Dallas, dan tidak membuat orang putus asa, kehilangan hidup karena kata-kata kita?

Video yang sangat indah untuk disimak: https://www.youtube.com/watch?v=qX9FSZJu448

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: