Skip to content
Advertisements

Tim hebat = kinerja hebat = hidup pun nikmat

value people.png

Apa rasanya menjadi bagian dari tim hebat di tempat kerja? Sebuah tim di mana Anda senang bekerja setiap pagi, sebuah tim yang membuat anda bekerja dengan penuh energi, dan mendorong Anda untuk mencapai tujuan yang menurut Anda tidak mungkin dilakukan? Dalam tim seperti ini, Anda dapat merasa adanya rasa memiliki dan percaya bahwa ada orang lain yang selalu mendukung anda dalam setiap situasi. Tim ini membuat pekerjaan menjadi menyenangkan, menggairahkan dan menjadi petualangan setiap hari.

Apa rasanya masuk tim seperti di neraka? Sebuah tim di mana anda terus menerus dibilang, “Kamu itu dibawah saya,” atau “Perusahaan/divisi kamu ada di bawah kekuasaan perusahaan/divisi kami, jadi ikuti semua yang kami katakan,” atau terlebih lagi kalau pemimpin selalu berkata, “Kamu tidak mampu, kamu bikin stress, kamu gagal, tidak deliver, klien tidak mau menerima kamu.” Tim di mana terjadi konflik dan ketidaksepakatan yang konstan, sebuah tim di mana Anda berjalan di atas cangkang telur dan takut atau malas untuk berbicara dan berbagi perasaan dengan jujur? Pekerjaan terasa menyakitkan, berat dan melelahkan dan liburan terasa indah hanya karena Anda berhasil lolos tim selama dua minggu.

Seorang pelamar yang sebelumnya bekerja dalam sebuah tim dari neraka berkata, “Setiap hari saat makan siang saya membeli tiket lotere dan memasukkannya ke dalam saku depan saya.” “Kenapa kantung depan?” Tanyaku. Dia menjawab, “Jika saya dalam sebuah pertemuan dan saya merasa sangat buruk, saya merogoh kocek saya dan menggosok tiket lotre. Hal ini membantu saya melewati hari ini. ”

Bayangkan kinerja seperti apa yang bisa diberikan oleh warga-warga seperti ini? Bahkan warga terbaik di perusahaan manapun kalau sampai masuk dalam tim neraka seperti ini tak akan mampu memberikan kontribusi apapun. Dan sebaliknya, mereka yang bekerja di tim hebat, akan bergairah dan dengan antusiasnya memberikan yang terbaik yang bisa mereka berikan. Kita pun bisa segera membaca, perusahaan akan bisa tumbuh pesat bersama tim-tim hebat dan akan segera hancur bila diisi dengan tim-tim neraka.

Nah, apa yang bisa membuat tim menjadi tim hebat yang bekerja baik, membangun semangat dan mampu membuat anggota tim nya mau memberikan apapun hal terbaik yang mereka dapat berikan?

Dalam sebuah survey dengan lebih dari 66.000 responden, anggota tim diminta untuk menilai serangkaian perilaku kepemimpinan dan menilai kepuasan, keterlibatan dan komitmen mereka. Survey menemukan adanya lima jenis perilaku pemimpin yang penting bagi tim untuk bisa menjadi tim hebat berkinerja tinggi.

  1. Pemimpin Tim Menginspirasi Lebih dari pada yang Mereka lakukan

Pemimpin di tim berkinerja tinggi tahu bagaimana menciptakan energi dan antusiasme dalam tim. Mereka selalu menyampaikan tujuan usaha dan tujuan tim dengan sangat jelas dan menghubungkannya dengan kinerja setiap anggota tim. Tiap anggota tim merasa terinspirasi, bahwa mereka berada dalam misi dan apa yang mereka lakukan sangat penting. Inilah sebabnya setiap pemimpin harus mampu menjadi “visionary story teller.”

  1. Pemimpin Tim Menyelesaikan Konflik Dan Meningkatkan Kerjasama

Konflik dapat merusak tim dan para pemimpin perlu bekerja untuk membantu menyelesaikan perbedaan dengan cepat dan meningkatkan kerja sama. Seringkali pemimpin tim berasumsi bahwa orang dewasa akan menyelesaikan konflik mereka sendiri. Nyatanya dibutuhkan peran pemimpin untuk memastikan hal ini, seperti dibuktikan dalam riset ini.

Pada tim hebat dengan performa tinggi perbedaan diatasi dengan cepat dan langsung. Ketika orang percaya bahwa mereka dipercaya, perselisihan bisa dipecahkan. Pemimpin tim yang fokus pada kompetisi tanpa membangun kerja sama, membandingkan satu sama lain dan meruntuhkan kepercayaan diri anggota tim nya tidak pernah mencapai hasil yang luar biasa. Jadi jangan pernah mengatakan, “Dia lebih hebat daripada kamu,” tanpa memberikan inspirasi mengenai kekuatan yang bisa mereka gali, apalagi di depan forum. Ini adalah hal-hal yang membuat tim menjadi tim neraka.

  1. Pemimpin Tim Menetapkan Tujuan

Pemimpin yang tahu bagaimana mengelola cita-cita, tujuan dan target mampu memberikan dorongan untuk mencapai hal yang tidak mungkin. Setiap anggota tim sesungguhnya ingin melakukan sesuatu yang luar biasa. Ketika mereka mencapai sesuatu yang luar biasa mereka menyadari bahwa mereka secara pribadi mampu dan kompeten. Melakukan sesuatu yang tidak biasa membantu orang menyadari bahwa mereka luar biasa dan kepuasan mereka terhadap pekerjaan, pertunangan dan kebanggaan mereka semua meningkat.

  1. Pemimpin Tim Berkomunikasi, Berkomunikasi, Berkomunikasi mengenai Visi dan Arah

Pemimpin tim hebat berkinerja tinggi selalu mampu menyampaikan pesan yang konsisten, mereka terus berkomunikasi dan membuat orang tetap fokus pada visi dan misi yang ingin dicapai. Anggota tim sangat mudah untuk tergoda berbagai hal lain dan lepas fokus dari visi, tujuan dan target. Pemimpin tim berkinerja tinggi terus memberi informasi terkini, antar divisi, kelompok dan secara menyeluruh.

  1. Pemimpin Tim Yang Dipercaya

Pemimpin yang tidak dipercaya tidak dapat memberi inspirasi untuk menyelesaikan konflik, membuat tim saling merangkul untuk mencapai tujuan, target  dan membantu anggota tim mencapai cita-citanya. Kurangnya kepercayaan memperlambat segalanya dan menciptakan pemborosan di mana-mana.

Ada tiga pilar dasar yang membangun kepercayaan:

  • Hubungan baik. Kita percaya pada orang yang kita sukai. Kita percaya pada teman-teman kita dan kita tidak percaya pada musuh kita. Membangun hubungan positif meningkatkan kepercayaan.
  • Pengetahuan atau keahlian. Kita percaya pada orang yang memiliki jawaban dari berbagai pertanyaan dan kebingungan kita edan bisa membuka wawasan. Kita percaya pada orang yang membantu kita memecahkan masalah. Gunakan pengetahuan dan keterampilan Anda untuk membantu orang lain memecahkan masalah untuk meningkatkan kepercayaan.
  • Konsistensi. Lakukan apapun yang anda bilang anda akan katakana, jangan terlalu banyak berubah-berubah. Penuhi janji anda, dan jadikan kata-kata anda sebagai ikatan anda. Your word is your bond.

Dari hasil riset kita bisa lihat bahwa tim hebat sangat berbeda dengan tim yang tidak hebat. Hidup bersama tim yang tidak hebat adalah sangat tidak nyaman dan tidak enak. Pengalaman dalam pekerjaan bisa terbawa ke berbagai aspek hidup lainnya dan membuat hidup kita secara keseluruhan – bukan hanya di tempat kerja – tidak menyenangkan dan rentan penyakit. Perusahaan yang memiliki banyak tim tidak hebat juga boros dan jarang sekali berhasil, unggul atau menjadi pemimpin dalam industrinya dalam jangka panjang.

Sebaliknya hidup bersama tim hebat sangat menyenangkan, dan membuat hidup kita secara keseluruhan juga menyenangkan, bukan hanya di tempat kerja. Perusahaan dari tim hebat berkinerja tinggi, dengan semangat juang luar biasa. Berdasarkan hasil riset kinerja mereka lebih tinggi dan berkelanjutan menjadi kontributor yang lebih unggul dalam industri.

Seperti apa tim anda saat ini? Apa yang bisa anda lakukan dengan lebih baik mulai hari ini untuk mulai membangun tim yang lebih hebat berkinerja lebih tinggi? Apa yang bisa anda lakukan untuk membuat teman-teman dalam tim pun semangat mendukung usaha anda?

Sumber: 5 Ways To Build A High-Performance Team

Ditayangkan juga di: Bekerja dalam tim hebat membuat hidup indah dan sehat

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: