Skip to content
Advertisements

Keanu Reeves, aktor sukses yang punya jutaan alasan yang sering kita pakai untuk gagal

The si.png

Siapa yang tak kenal Keanu Reeves? Bintang film keren yang cakepnya susah ditandingi. Film-film yang dibintanginya adalah film-film laris kelas dunia.

Sukses. Itu kata orang. Dan siapa yang pernah menyangka bahwa seperti Bill Bartman, Keanu pun punya jutaan alasan untuk gagal. Apa saja alasan-alasan yang bisa dipakainya tapi tak pernah menghambatnya untuk mencapai sukses?

Ayahnya pengedar narkoba

Hampir semua orang pernah mengeluh soal orang tuanya. Dalam kegagalan, banyak pula orang yang menyalahkan ayahnya atau ibunya yang begini dan begitu sehingga – katanya – mereka tak bisa sukses. Lalu bagaimana kalau ayah pengedar narkoba? Ini alasan kuat untuk dijadikan tameng kegagalan. Tapi Keanu tidak menggunakannya.

Lahir di Beirut, Lebanon, Keanu lahir dalam kondisi keluarga berantakan. Ayahnya bolak balik masuk penjara dan akhirnya meninggalkannya dan ibunya saat Keanu masih batita. Baru di usia 13 tahun Keanu bertemu lagi dengan ayahnya.

Bermasalah dalam belajar karena dislexia dan drop out

Keanu hidup berpindah-pindah karena ibunya tak punya tempat tinggal permanen. Di sekolah Keanu dianggap idiot dan di bully karena kesulitan membaca. Keanu mengidap dislexia, yang membuatnya tak bisa membaca dan belajar seperti anak lainnya. Akhirnya ia drop out dari sekolah.

Sering ditinggal orang dekat

Di tahun 1993 sahabat dekat Keanu yang juga aktor, River Phoenix, meninggal karena over dosis di usia 23 tahun. Ia sangat sedih kehilangan sahabat dekatnya. Di tahun 1999 ia kehilangan bayinya dalam kandungan. Jennifer Syme, tunangannya pun meninggal dalam kecelakaan mobil. Keanu sangat sedih dan kehilangan.

Ia pun kalau mau bisa menjadikan hal ini sebagai alasan untuk gagal. Tapi ia tak pernah bersembunyi di balik semua dukanya.

Di balik semua cobaan dan ujian hidupnya yang bisa saja membuatnya menjadi manusia yang keras dan penuh keluhan, Keanu tetap tegar dan bahkan sangat halus dan lembut.

Keanu tak pernah putus asa. Dalam berbagai kesedihannya ia tetap berprestasi. Filmnya Matrix sukses berat dan Keanu memberikan $80 juta dollar kepada para kru The Matrix, dari total $144 juta dollar yang diterimanya saat membintangi The Matrix.

Keanu mau saja dibayar murah, agar aktor-aktor lain yang main bersamanya mendapat bayaran yang mahal. Ia juga hanya tinggal di hotel-hotel murah. Ia tidak membeli rumah mewah atau hidup di kastil seperti aktor-aktor terkenal lainnya.

Para kru film semua menyukainya, karena Keanu selalu dengan sopan berkenalan dengan mereka dan hafal nama-nama mereka. Kadang ia sering menghabiskan waktu dengan para kru, dan membelikan mereka makanan mewah. Tak ada seorang pun di Hollywood yang menceritakan hal buruk tentang Keanu. Semua orang selalu memuji kerendahan hati dan kebaikannya. Apabila Keanu mendengar kabar bahwa ada kru yang membutuhkan uang, ia selalu menjadi orang pertama memberikan uangnya.

Keanu sering makan dari makanan pinggir jalan. Bahkan membelikan makan orang yang kebetulan kenal dirinya. Sering pula ia duduk bersama orang-orang dan mengobrol dengan santai bersama mereka. Ada sebuah video yang memperlihatkan saat Keanu naik kereta api, dan dengan sopan mempersilahkan seorang wanita untuk duduk di kursinya.

Keanu menanggung hidup keluarganya. Ia menjadi sumber dana pengobatan adiknya yang menjalani perawatan kanker. Untuk adiknya Keanu mendirikan yayasan kanker tanpa menggunakan namanya. Ia juga mendirikan yayasan untuk anak-anak, serta aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

Keanu selalu berkata bahwa uang bukanlah hal yang penting dalam hidupnya. Dengan apa yang ada sekarang pun ia sudah bisa hidup sederhana berabad-abad.

Inilah Keanu Reeves, yang punya semua alasan yang kita pakai untuk menghambat diri kita sendiri untuk gagal. Aktor sukses yang juga punya semua alasan untuk hidup bermewah-mewahan, tampil glamour dan bersikap sombong.

Keanu yang berhasil bangkit dari kemiskinan, kesulitan hidup, menjadi seorang aktor sukses yang bergelimang uang, dan menggunakan uangnya untuk banyak berbagi. Ia cukup bahagia melihat orang lain bahagia. Baginya sendiri, hidup sederhana sudah cukup.

Jadi untuk yang suka bilang,
“Aku tak punya uang,”
“..tak punya waktu,”
“.. tak punya keluarga yang sukses,”
“.. ayah ibuku tidak mendukungku,”
“..aku drop out,”
Dan jutaan alasan lain, marilah kita belajar dari kisah seseorang yang bisa bangkit dari semua keterbatasan yang kita pakai sebagai alasan kemalasan kita.

Dan untuk yang berani jalan dengan sombong, arogan dan tak mau membantu yang lain, marilah pula kita lihat bahwa ada yang lebih kaya dari kita dan tidak sombong, tetap hidup sederhana.

Sahabat,

Apa arti kisah hidup Keanu bagimu? bagiku? bagi kita semua? Apa pelajaran terpenting yang bisa kita ambil untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi?

Dan apa hal terbaik yang bisa kita lakukan saat ini juga untuk melaksanakan pelajaran tersebut? Menjadi manusia yang lebih baik mulai hari ini?

Sumber: Keanu Reeves

Ditayangkan juga di:  Jangan cari alasan untuk kegagalan, karena yang punya lebih banyak alasan pun bisa tetap sukses.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: