Skip to content
Advertisements

Apapun yang ada sudah disiapkanNya untuk kita sejak awal masa penciptaan. Sudahkah kita syukuri?

Shine like the whole universe is yours.png

Setelah kusadari bahwa di balik setiap barang yang ada di tanganku ada kasih sayang banyak makhluk, yang hadir karena kasih sayangNya kini kusadari pula bahwa semua ini sudah disiapkanNya sejak awal masa penciptaan.

Coba lihat listrik yang kita pakai saat ini. Sebagian besar listrik di Indonesia berasal dari energi tak terbarukan, yang tak lagi bisa kita produksi. Allah yang sediakan bagi kita. Kita bisa menikmati listrik bukan semata-mata karena kita bisa bayar listrik. Tapi karena Allah sudah ciptakan tumbuhan dan hewan purba yang kini telah menjadi fosil. Fosil inilah yang menjadi batu bara yang kemudian digunakan untuk memproduksi listrik yang ada sekarang.

Listrik dari angin? Bagi sebagian manusia di beberapa negara Allah ciptakan alam yang memungkinkan mereka membuat kincir-kincir angin untuk memproduksi listriknya. Bukan kebetulan.

Begitu pula matahari, geothermal, dan lain sebagainya. Semua ini sudah disiapkanNya sejak awal masa penciptaan, untuk kita gunakan detik ini untuk membaca tulisan ini. Semua karena cintaNya pada kita.

Dan kita masih mengeluh karena kanker, atau karena bencana, musibah apapun? Come on! Please deh. NikmatNya jauh, jauh, jauh lebih besar dari semua ujianNya.

Bahkan kanker, penyakit apapun, adanya pengkhianatan, bencana dan musibah apapun, semua diberikanNya sebagai “pelajaran kelas di universitas semesta” karena cintaNya pula pada kita. Seperti orang tua yang mengirim kita ke universitas terbaik. Dan Ia tahu universitas apa yang terbaik bagi kita, ujian apa yang paling pas bagi kita.

Mungkin kita marah pasangan kita selingkuh, atau kita diberi kanker, tapi pernahkah terfikir bahwa hal ini sudah disiapkanNya jutaan tahun lalu? Dan hidup kita sejak lahir sudah disiapkanNya untuk bisa kuat menghadapi pelajaran hari ini? Keluarga kita, nenek, uyut, sampai leluhur kita sudah dipilihkan, sekolah kita, tetangga, sahabat-sahabat kita, apa yang kita baca, semua disiapkanNya untuk kita, agar kita siap menghadapi ujianNya hari ini. Sudahkah kita syukuri?

Semua sudah disiapkan, sahabat. Tak ada yang tiba-tiba, semua ada bahkan sejak sebelum masa penciptaan. Semua dikemas untuk menjadi sekolah terhebat yang khusus untuk kita, fully customized. Kita tinggal nikmati, jalani, syukuri dalam jalanNya. Kita tinggal berbagi kasihNya yang berlimpah, dan merasakan bahagia bersama makhluk-makhlukNya yang lain dari berbagai hikmah ujian ini. Bagaimanakah kita bisa nikmati, jalani, syukuri dan jadikan semua ujian ini sebagai berkah yang bisa kita bagi untuk semesta?

Banyaklah berdoa dan berbuat baik dengan segala hikmah ujian yang yang diberikanNya ini. Karena hanya doa dan perbuatan baik yang bisa mengubah segala ketentuanNya dan memanjangkan umur.

Dan di ujung jalan Ia sudah menunggu dan siap merengkuh kita masuk dalam surgaNya.

Apakah yang akan kita ucapkan padaNya pada saat itu?

Ya Allah, terima kasih banyak atas segala nikmat dan karunia yang telah Kau berikan pada kami semua sejak awal masa penciptaan, sampai akhir zaman. Dan kuniatkan kebaikan dari rasa syukur ini untuk kesejahteraan seluruh makhlukMu di bumi dan langit. Berikanlah kami petunjukMu, agar kami bisa menjalani semua ini dalam jalanMu. Aamiin.

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: