Persiapan Ramadlan: banyak belajar, banyak tobat dan banyak doa

ramadlan.png

Sahabat,

Ramadlan sebentar lagi tiba. Sudah siapkah kita menyambutnya? Masa pelatihan yang hanya ada setahun sekali dan sangat penting sekali dalam perjalanan menuju Sang Pencipta.

Sungguh sayang kalau Ramadlan berlalu tanpa makna. Jadi kita persiapkan baik-baik yuk. Apa saja yang bisa kita siapkan:

1. Banyak bertobat

Isilah setiap detik dengan istighfar, memohon ampun padaNya agar semua dosa kita diampuniNya menjelang Ramadlan. Jangan biarkan bibir kering dari memohon ampun padaNya. Mohonlah ampun kepadaNya dengan banyak pula memaafkan semua keselahan orang lain. Hati yang bersih dan suci, tanpa beban energi negatif terhadap orang lain akan membantu kita lebih siap menghadapi Ramadlan.

2. Memperbanyak amal

Abu Bakr al Warraq al Balkhi rahimahullah mengatakan, “Rajab adalah bulan untuk menanam, Sya’ban adalah bulan untuk mengairi dan Ramadhan adalah bulan untuk memanen.”

Jangan lewatkan tahajud, dluha dan berbagai ibadah sunnah lainnya, sambil menyempurnakan ibadah-ibadah wajib.

Perbanyak amal ibadah agar tubuh, pikiran dan jiwa siap sepenuhnya menyambut Ramadlan. Puasa sunah, sedekah, mempelajari Quran dan hadits, adalah beberapa hal yang perlu kita perbanyak menjelang Ramadlan.

3. Menggali ilmu agama

Mempelajari Quran, hadits, tafsir Quran, mengunjungi forum-forum pengajian, penting sekali menjadi prioritas kita agar kita dilengkapi dengan ilmu untuk memanfaatkan setiap detik Ramadlan dengan sebaik mungkin.

Izinkan hati kita, pikiran kita, diisi dengan pesanNya, ilmu dariNya, dan pemahaman yang mendalam akan makna hidup sebagai hambaNya.

Setiap kali kita membaca Quran, setiap kali kita mendengar pesan guru agama, meskipun untuk juz yang sama dan topik yang sama, pemahamannya selalu berbeda. Makin dalam kita pelajari, makin dalam pula pemahaman kita, makin dekat kita kepadaNya.

4. Perbanyak doa

Banyaklah berdoa agar Allah memberikan kemudahan, keberkahan dan perlindunganNya agar kita semua dapat menjalani Ramadlan dengan baik. Perhatikan waktu-waktu yang utama untuk berdoa, dengan tata cara berdoa sesuai dengan ketentuanNya dalam Quran dan hadits.

5. Siapkan fisik

Jaga kondisi tubuh sebaik mungkin. Siapkan makanan sehat, berolah ragalah dengan baik, dan cukup beristirahat adalah hal-hal yang penting.

Sayang sekali kalau kita sakit dan tak bisa menjalani Ramadlan seperti yang lainnya.

6. Jaga rasa, pikiran dan jiwa

Jaga terus agar kita hanya berfikir yang baik, berprasangka yang terbaik padaNya dan pada makhlukNya. Perhatikan segala hal yang kita fikirkan, apa saja “film” yang terlintas dalam benak kita, rasakan apa yang ada dalam hati dan pastikan semuanya baik dan positif.

Jaga ketenangan jiwa, perhatikan agar semua tenang dan damai. Ikhlaskan dan syukuri semua yang terjadi, semua ketentuanNya dalam hidup kita. Doakan semua orang yang ada termasuk semua yang pernah mendzalimi kita, dan cintai Allah serta semua makhlukNya sepenuh hati. Bahagialah selalu dengan semua kebahagiaan semua orang yang ada.

Nah, hal terbaik apa saja yang dapat kita lakukan mulai hari ini, untuk lebih siap menghadapi Ramadlan?

Sumber: https://muslim.or.id/4150-persiapkan-diri-menyambut-ramadhan.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s