Skip to content
Advertisements

Mereka yang tak tersentuh api neraka 

haram neraka.png

Sahabat,

Maukah menjadi manusia yang terbaik di mataNya? Saking baiknya Rasulullah mengatakan bahwa empat jenis manusia ini tak akan tersentuh api neraka. Siapa sajakah empat  jenis manusia ini?

1. Orang yang tenang dan teduh lahir batin

Mereka ajeg dalam menghadapi hidup, tidak labil, tidak mudah berubah temperamen, dan tidak emosional. Mereka juga selalu penuh pertimbangan, tak pernah memaki, apalagi melaknat orang dan makhluk lain.

2. Orang yang lembut, santun kata dan sikapnya

Mereka tidak kasar, tidak egois, tidak hanya berfikir untuk diri sendiri atau “what’s in it for me.” Mereka selalu berfikir bagaimana mereka bisa membahagiakan orang lain, nyaman bagi orang lain dan membawa berkah.

3. Orang yang hangat dan mudah akrab dengan orang lain

Mereka selalu siap menjadi sahabat bagi siapapun, akrab, ramah, sopan santun dan menyenangkan bagi siapapun yang ditemui.
Senyum selalu mengembang di bibir mereka.

4. Orang yang selalu mencari solusi

Bagi mereka tak ada yang sulit, dan tak pernah mempersulit apapun. Mereka membuat urusan-urusan mereka sendiri mudah dan nyaman bagi diri mereka. Mereka pun mampu membantu orang-orang lain agar semua merasa mudah menjalankan urusan mereka. Mereka tak berbelit-belit, tidak ribet, tidak galau, tidak resah akan masa lalu dan masa depan.
Bersama mereka orang menemukan cara-cara baru, semua jadi mudah.

Yuk, kita terus berusaha menjadi manusia-manusia yang mulia, dan jauh dari api neraka yuk. Memang tak mudah, tapi kalau tiap hari kita lakukan hal-hal kecil yang terus diupayakan mencapai tahapan ini, insya Allah Allah akan berikan jalan.

Kita bisa awali dengan mengelola pikiran dan jiwa kita. Setiap kali ada perasaan yang mengusik keteduhan, cobalah untuk langsung menyebut namaNya, ikhlas, selalu penuh syukur, sabar, tulus mengupayakan yang terbaik bagi sesama, dan bahagia atas kebahagiaan orang lain. Tak mudah memang mencapai puncak gunung, pelan-pelan insya Allah gunung tertinggi pun bisa didaki.

Apa hal terbaik yang dapat kita kerjakan hari ini untuk bisa mencapai keteduhan lahir batin, lembut dan santun, akrab, ramah dan selalu berusaha menjadi pembawa rahmat di manapun kita berada?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: