Skip to content
Advertisements

Malahayati, perempuan Aceh yang perkasa di laut

malahayati-gtr.jpg

Ada lagi seorang perempuan Nusantara luar biasa hebat. Malahayati namanya. Ia dikenal sebagai Laksamana Malahayati, laksamana laut perempuan pertama di dunia, pemimpin 2.000 pasukan janda pahlawan, yang dihormati bahkan oleh Ratu Elizabeth I.

 Nama lengkapnya Keumalahayati, putri dari Laksamana Mahmud Syah, cucu dari Laksamana Muhammad Said Syah, cicit dari Sultan Salahuddin Syah, raja di tahun 1530-1539, yang juga pendiri kerajaan Aceh Darussalam.

Kurang hebat apa Malayahati ini. Saat Selat Malaka jatuh ke tangan Portugis Aceh menjadi kuatan yang memastikan bahwa selat Malaka digunakan eksklusif untuk kapal dagang Asia. Saat itulah Sultan Alauddin Mansur Syah mengangkat Malahayati sebagai admiral nya yang pertama. Belanda datang dipimpin oleh Cornelis de Houtman yang menghina sultan dan menyerang Aceh. Malahayati memimpin 2.000 pasukan Inong Balee, pasukan janda pahlawan, dan menang. Malahayati memenangkan duel satu lawan satu melawan Cornelis de Houtman yang terbunuh dalam duel itu.
Kurang membanggakan apa Malahayati ini. Tahun 1600 Belanda merampok kapal dagang Aceh yang penuh lada. Malahayati menangkap Jacob van Neck, pemimpin kapal tersebut. Belanda pun mengirimkan surat permohonan maaf. Malahayati menerima utusan Kerajaan Belanda yang datang untuk bernegosiasi. Gencatan senjata untuk disetujui. Belanda membayar 50.000 gulden untuk pembebasan tawanan Aceh tersebut.
Kurang terhormat apa Malahayati ini. Reputasinya membuat Inggris memilih untuk menempuh jalan damai untuk memasuki Selat Malaka. Ratu Elizabeth I mengutus James Lancaster untuk menemui Sultan dan bernegosiasi dengan Malahayati. Berkat negosiasi ini Inggris bisa membuka kantor dagang di Banten. Ratu Elizabeth menganugerahi Lancanster gelar kebangsawanan berkat keberhasilannya bernegosiasi dengan Malahayati.
Malahayati meninggal dalam sebuah pertempuran melawan Portugis di Teuluk Krueng Raya. Ia dimakamkan di lereng Bukit Kota Dalam dekat Banda Aceh.
Kisahnya menjadi teladan perempuan yang super tangguh, cerdik, menguasai ilmu militer, strategi, dan punya nyali di atas rata-rata prajurit manapun di dunia. Berkat kehebatannya Kerajaan Aceh menjadi kerajaan terkuat dari bumi Nusantara yang tidak pernah bisa dikalahkan Belanda secara militer, kerajaan yang sangat disegani di dunia.
Kisahnya menjadi contoh bagi seluruh perempuan Indonesia bahwa kita bisa berprestasi demikian hebat, mengangkat harkat dan martabat Indonesia sebagai negara yang terhormat di dunia.
Apa hal terbaik yang dapat kita lakukan hari ini untuk menggali potensi terbaik kita, belajar dari Malahayati?

 

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Keumalahayati

image: http://www.atjehcyber.net/2011/06/laksamana-keumalahayati.html

Advertisements

3 Comments »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: