Skip to content
Advertisements

Kekuatan Indonesia terletak pada kekuatan perempuan.

14 2.jpg

Revolusi industry keempat ditandai dengan kemampuan manusia untuk berperan lebih strategis memberdayakan teknologi meningkatkan kualitas hidup. Revolusi industry ini membutuhkan kecepatan berfikir strategis antar bidang. Dokter yang mampu menggelola big data, ilmuwan yang faham berkomunikasi dengan pengguna ilmunya, misalnya.

Kalau Indonesia mau berperan lebih banyak di dalamnya, investasi pada perempuan menjadi kuncinya. #HariKartini2017

2.jpg

Bangun lapangan kerja, kesempatan karir dan kesempatan wirausaha bagi perempuan.

Riset: perempuan menginvestasikan kembali penghasilannya untuk keluarganya, terutama anak. Hal ini menciptakan multiplier effect yang meningkatkan kualitas dan kuantitgas pendidikan, kesehatan, kebugaran dan potensi manusia yang ada dalam keluarganya.

Membuka kesempatan bagi perempuan meningkatkan kualitas hidup para pemimpin penerus bangsa, generasi ini dan generasi selanjutnya. #HariKartini2017

3.jpg

Di sisi lain, perempuan bekerja perlu diberdayakan untuk tidak melupakan fokusnya pada kualitas hidup keluarganya, dan tidak menyerahkan pendidikan kepada baby sitter atau guru di sekolah. Faktanya, anak-anak yang dibesarkan oleh perempuan yang berpendidikan tumbuh lebih sejahtera. Diharapkan mereka akan lebih mampu membangun bangsa di masa mendatang. #HariKartini2017

4.jpg

Faktanya, 80% dari tenaga kerja Indonesia di luar negeri adalah perempuan, dan sebagian besar menjadi asisten rumah tangga. Perlu ada upaya untuk memberdayakan tenaga kerja perempuan untuk berwirausaha dan bersekolah, agar saat mereka kembali mereka dapat membuka lapangan kerja sendiri dan ikut berkontribusi membangun keluarga dan daerah.

#HariKartini2017

7.jpg

Faktanya hanya 5% CEO yang perempuan, dan hanya 6% Board Member perempuan. Perlu lebih banyak lagi perempuan menjadi pengambil keputusan agar keputusan-keputusan yang dibuat memperhatikan lebih banyak aspek yang penting bagi keluarga dan perempuan.

Perusahaan perlu memperhatikan keberadaan perempuan dalam komposisi pengambil keputusannya, dan perempuan harus lebih banyak diberdayakan untuk bisa tampil ke muka untuk menjadi pemimpin.

#HariKartini2017

9.jpg

Perempuan juga hanya terwakili 17% di dewan legislatif. Lebih banyak perempuan dibutuhkan agar kebijakan lokal dan nasional lebih memperhatikan pemberdayaan perempuan dan menghilangkan kesenjangan yang ada.

Komposisi perempuan yang tinggi di dewan legislative juga terbukti dapat menekan korupsi dan menghasilkan dewan legistlatif yang lebih damai dan bermartabat.

#HariKartini2017

10.jpg

40% perempuan berhenti bekerja karena kepentingan keluarga.

Perusahaan perlu memperhatikan kenyamanan bekerja bagi perempuan, agar perempuan bisa bekerja di manapun mereka berada, dan mengatur waktu agar kepentingan keluarga tetap menjadi prioritas. Flexi time, ROWE adalah beberapa metode yang perlu digunakan.

Tiap kantor perlu punya ruangan untuk childcare.

Perempuan pun perlu lebih banyak belajar menjadi wirausaha yang dapat bekerja dari rumah, agar penghasilan bisa didapat tanpa harus mengorbankan kepentingan keluarga.

#HariKartini2017

12.jpg

Dalam hal Human Development Index perempuan Indonesia masih tertinggal dari laki-laki. Dibutuhkan upaya dari pemerintah dan sektor usaha untuk memberdayakan perempuan meningkatkan HDI mereka sendiri.

#HariKartini2017

16.jpg

Maka penting sekali untuk segera memprioritaskan kebijakan-kebijakan yang mendukung pemberdayaan perempuan dari tingkat akar rumput dan level edukasi paling dasar, dari PAUD, sampai keterwakilan perempuan dalam badan legislatif.

#HariKartini2017

15 2.jpg

Bukan hanya pemerintah, tapi dunia usaha pun perlu banyak memperhatikan inisiatif, CSR, dan value chain yang memprioritaskan pemberdayaan perempuan. Perusahaan akan menerima benefitnya nanti.

#HariKartini2017

17.jpg

Dan yang paling penting bagi kita, perempuan, adalah untuk memperhatikan investasi pada diri kita sendiri, untuk membangun potensi yang terbaik. Banyak sekali yang belum kita ketahui akan potensi diri, potensi pikiran dan potensi jiwa kita yang perlu terus kita gali.

Jadilah pembawa rahmatnya bagi semesta. Mulai dari pikiran dan cara pandang yang positif. Jagalah martabat diri, kesucian dan kehormatan dengan selalu menjaga pikiran, perasaan, perkataan dan perbuatan yang baik, yang diridloiNya. Agar di manapun kita berada kita membawa kebaikan. Jaga hanya yang baik, atau diam, dan ganti dengan yang baik.

Simpel kok.

#HariKartini2017

Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kalian untuk berbuat baik kepada ibu-ibu kalian, kepada ibu-ibu kalian, kemudian kepada bapak-bapak kalian kemudian kepada yang paling dekat dan yang paling dekat setelahnya.” (HR. Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad: 60, Ibnu Majah: 3661)

“Orang yang mengusahakan bantuan bagi para janda dan orang-orang miskin seolah-olah dia adalah orang yang berjihad dijalan Allah.”—Rawi berkata: Dan aku mengira beliau juga berkata — “Dan seperti orang yang shalat tidak pernah lemah dan seperti orang yang puasa tidak pernah berbuka.” (Bukhari: 6007, Muslim: 2982).

Yuk, mulai lihat sekeliling, siapa saja perempuan yang membutuhkan perhatian dan bantuan kita?

Ditayangkan juga di : Investasi untuk perempuan sekarang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: