Skip to content
Advertisements

She Rules 2 – digital untuk mengubah sikap terhadap kanker

indiraabidin.com

What if we can inspire the world and change people’s perception toward cancer?

Begitu aku menerima kanker, aku merasa sangat beruntung dan tersanjung. Kanker adalah pelajaran yang tidak ringan, dan menerima kepercayaan dari Allah untuk menjalaninya adalah kehormatan luar biasa.

Maka aku langsung berbagi perasaan dan kegembiraan melalui blog indiraabidin.com. Ternyata sambutannya luar biasa. Ada yang mengatakan merasa sangat termotivasi, ada yang merasa memiliki harapan baru untuk sembuh, ada yang terbangun semangatnya, bahkan ada yang membatalkan niat bunuh diri setelah membaca blog tersebut.

Hal ini menginspirasi diriku. Ternyata aku bisa membangun inspirasi, menyemangati dan mengubah sikap penerima kurikulum kanker melalui blog. Dan ada banyak alat lain di luar blog yang bisa kugunakan untuk menjangkau dunia. Hal ini sangat menyemangati diri untuk terus menulis. Maka aku pun mulai menyusun disiplin untuk menggunakan dunia digital untuk menginspirasi dunia:

Aku menulis hampir tiap hari. Inginnya tiap hari, tapi kadang-kadang ada rasa lelah dan aku tak ingin memaksa diri. Tak ada pula penulis kedua yang bisa membantu. Semua konten blog kuisi sendiri. Aku menulis pengalaman, jawaban atas berbagai pertanyaan yang hampir setiap hari kuterima, atau apapun pendapatku mengenai dunia yang lebih baik.

Sebuah yayasan sosial, wadah komunikasi dan edukasi bagi para penerima kurikulum kanker dan para pendukungnya, ternyata bisa pula dibawa digital. What’s app group menjadi alat yang efektif kugunakan untuk hal ini.

  • Facebook page

Ada facebook page milikku sendiri dan milik Lavender. Semua dibangun dengan memanfaatkan blog. Pada dasarnya blog adalah akar dan facebook page ini adalah salah satu cabang yang sangat efektif digunakan. Di facebook aku bisa berkomunikasi langsung dengan para pembacanya. Tapi karena lebih nikmat bicara lewat WA maka aku ajak mereka ngobrol melalui WA.

Media sosial Lavender masih harus dibangun sebagai sebuah komunitas. Sampai hari ini sense of community nya belum terlihat jelas. Masih banyak yang bisa dibangun secara digital dalam hal ini.

  • Twitter, IG dan facebook account pribadi

Akun sosial pribadiku pun banyak kugunakan untuk menyampaikan pandangan-pandangan baru yang kuharap bisa mengubah persepsi dan sikap.

Akhirnya aku menerima banyak sekali masukan dan respon. Pelan-pelan melalui berbagai group ini aku melihat banyak yang sudah mulai berubah mensikapi kanker. Dari penggunaan kata “penderita kanker” menjadi “penerima anugerah kanker” dan kemudian “penerima kurikulum kanker” sampai yang akhirnya bisa berubah menjadi motivator dan inspirator pula bagi para rekan lainnya.

Insya Allah akan ada suatu masa di mana semua penerima kurikulum kanker dapat bergembira dan semangat menerima kehormatan berupa kanker ini. Dan sampai saat itu terwujud, aku tak akan berhenti bekerja, dengan menyebut namaNya yang Maha Pengasih Maha Penyayang.

Aamiin.

Jakarta, 18 April 2017

Disampaikan Indira Abidin, Chief Happiness Officer PT Fortune Indonesia Tbk dalam  “She Rules in the digital world” oleh Veltica Academy

indiraabidin.com

Advertisements

4 Comments »

  1. terima kasih telah mau berbagi, saya kagum, namun masih ada banyak orang yg bekum dapat menyentuh media ini.. dan itu yg membuat saya sedih

    Like

    • Terkait hal ini, apa hal terbaik yang bisa buat Mbak bahagia?

      Misalnya: membantu yang belum dapat media supaya bisa dapat, mengumpulkan dana agar lebih banyak lagi yang bisa dibantu, mendoakan mereka agar bisa mendapat media, dll.
      Yang mana yang paling bisa dikerjakan?

      Mengubah sedih menjadi bahagia ini penting karena sedih membawa penyakit dan bahagia membawa kesembuhan dan kesehatan.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: