Skip to content
Advertisements

Didoakan malaikat sepanjang hari setiap hari. Asyik kan? Bagaimana caranya?

Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan-Mu serta peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyalaQS. Ghaafir 7.png

Sang Maha Suci menciptakan malaikat, yang terdiri dari nur, cahaya. Mereka diciptakan hanya untuk beribadah, menjalankan perintah Allah mengatur alam semesta. Karena mereka tak dilengkapi dengan nafsu, mereka hanya beribadah saja. Suci dan taat dalam penghambaan hanya padaNya.

Kita bisa merasakan kehadiran mereka melalui hasrat baik yang sering kita rasakan. Saat kita akan berbuat buruk tiba-tiba ada saja yang terjadi yang membuat kita mengurungkan niat kita. Bisa jadi itu hasil kerja malaikat atas suruhan Allah. Mereka diperintahkan Allah membantu kita beribadah dan mengaminkan doa-doa kita. Senang ya kalau setiap hari kita didoakan malaikat, makhluk suci ini. Insya Allah doa-doa mereka makbul, dikabulkan Allah swt.

Apa yang harus kita lakukan untuk menjadi manusia yang selalu didoakan oleh malaikat?

Berinfak

“Tidak satu hari pun di mana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata, “Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak”, dan lainnya berkata, “Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit (bakhil)”.

(HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Abu Hurairah)

Yuk, rajin-rajin berinfak, sedekah, yuk. Infak dan sedekah dibayar kalau zakat sudah tunai ya. Karena zakat itu wajib, sedekah dan infak adalah tambahan.
Makan sahur

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat (berdoa ) kepada orang-orang yang sedang makan sahur” In syaa Allah termasuk di saat sahur untuk puasa “Sunnah.”

(HR. Imam Ibnu Hibban dan Imam A)

Yuk, perbanyak shalat sunnah dan jangan lupa makan sahur sebelumnya ya.

Berdoa untuk saudaranya tanpa diketahui

“Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata; “aamiin” dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan.”

(HR. Imam Muslim dari Ummud Darda’)

Ustad Yusuf Mansyur pernah bercerita ibunya punya hobby mendoakan orang. Setiap saat ada saja yang didoakan. Luar biasa. Ini adalah kebiasaan yang amat sangat baik. Dengan doa galau apapun bisa hilang, kita tenang, bahagia dan selalu berprasangka baik pada Allah.

Yuk, siapa saja yang bisa kita doakan detik ini? Bagaimana kita bisa selalu mendoakan siapapun yang kita temukan di manapun kita berada?

Menunggu shalat.

“Tidaklah salah seorang di antara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya; Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia.”

(HR. Imam Muslim)

Ini memang tidak mudah. Jangankan menunggu, kadang adzan berbunyi pun kita tak tergerak untuk langsung shalat. Akan menjadi manusia seperti apa kalau kita bisa membangun kebiasaan menunggu adzan dan qamat untuk shalat berjamaah?

Shalat di shaf pertama

“Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya bershalawat kepada (orang – orang) yang berada pada shaf-shaf terdepan.”

(HR. Imam Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah dari Barra’ bin ‘Azib)

Bagaimana caranya agar kita bisa bergegas menjadi yang pertama ada di baris terdepan shalat berjamaah?

Mereka yang menyambung shaf shalat berjamaah

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu bershalawat kepada orang-orang yang menyambung shaf-shaf.”

(HR. Imam Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al Hakim meriwayatkan dari Aisyah)

Kalau ada tempat kosong di baris depan kita, bagaimana caranya agar kita selalu menjadi penyambung shaf tersebut?

Mengaminkan al fatihah dalam shalat berjamaah

 “Jika seorang Imam membaca; ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladh-dhaallin’, maka ucapkanlah oleh kalian “aamiin”, karena barangsiapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu.”

(HR. Imam Bukhari dari Abu Hurairah)

Bagi yang pria semua yang mengaminkan secara keras aamiin bisa mendapatkan doa malaikat. Asyik kan? Nah bagaimana caranya agar lima waktu bisa berjamaah?

Tidur dalam keadaan berwudhu

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa; Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.”

(HR. Imam Ibnu Hibban dari Abdullah bin Umar)
Nikmat sekali kalau tidur selalu dalam keadaan suci. Bagaimana caranya kita bisa membangun kebiasaan indah ini? Mengapa penting bagi keselamatan kita dunia akhirat?

Duduk di tempat shalat setelah melakukan shalat

“Para malaikat akan selalu bershalawat (berdoa) kepada salah satu diantara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat di mana ia melakukan shalat, selama ia belum batal wudhunya, (para malaikat) berkata; Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia.”

(HR. Imam Ahmad dari Abu Hurairah)

Jadi setelah shalat, langsunglah berdzikir tanpa berpindah tempat ya. Larutkan diri dalam dzikir khusuk hanya padaNya. Malaikat akan ada di sebelah kita untuk mendoakan kita.

Shalat shubuh dan ashar berjama’ah

“Para malaikat berkumpul pada saat shalat shubuh lalu para malaikat (yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga shubuh) naik (ke langit), dan malaikat pada siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat ‘ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga shalat ‘ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka, “Bagaimana kalian meninggalkan hamba-Ku?”, mereka menjawab; kami datang sedangkan mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat.”

(HR. Imam Ahmad dari Abu Hurairah)

Memang tak mudah, tapi bisa kan? Bagaimana caranya kebiasaan baik ini bisa kita lakukan. Paling enak kalau kita bisa tinggal di masjid ya? Hehe.. Kekurangannya jumlah langkah kita tak lagi panjang untuk mendapatkan pahala yang banyak menuju masjid.

Apapun kondisimu, apa hal terbaik yang bisa kita lakukan hari ini untuk bisa terus mendapatkan doa malaikat sepanjang hari mulai hari ini?

Bagaimanakah kita bisa terus menjalankan hal ini lebih baik lagi setiap hari?

Mengapa hal ini penting bagi keselamatan, kesejahteraan, kebahagiaan kita di dunia dan akhirat?

 

Ditayangkan juga di: Bagaimana cara mendapat doa malaikat sepanjang hari setiap hari?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: