Skip to content
Advertisements

Mau jadi pria sejati? Zat ini kuncinya

InfluenceOfTestosterone.jpg

Testosterone adalah hormon yang berperan dalam proses seksual laki-laki dan reproduksi. Perempuan juga memproduksi testosterone dengan kadar yang lebih rendah dari laki-laki. Konon kunci keberhasilan kepemimpinan adalah kandungan kortisol yang cukup rendah dan testosterone yang cukup tinggi.

Testosterone membentuk organ reproduksi laki-laki dalam kandungan, dan karakteristik khas laki-laki di masa puber, menciptakan dorongan seksual, produksi sperma, distribusi lemak, produksi sel darah merah dan membentuk kekuatan otot. Maka testosterone dikaitkan dengan kesehatan laki-laki secara umum. Testosterone juga menjaga kesehatan jantung dan otak. Menjaga kadar testosterone penting untuk menjaga agar ego kelaki-lakian tidak membuat perilaku egois, agresif atau terlalu berani ambil resiko.

Gaya hidup modern membuat kadar testosterone dalam tubuh pria abad ini lebih rendah. Kekurangan testosterone dapat menyebabkan rendahnya gairah laki-laki, impotensi, payudara yang membesar, jumlah sperma yang menurun, hot flashes, depresi, mudah tesinggung, testes mengecil atau melunak, otot melemah, rambuk rontok, dan tulang menjadi rapuh.

Kadar testosterone yang tinggi bisa menimbulkan permasalahan pada perempuan, termasuk siklus menstruasi yang tidak reguler, jerawat, rambut tubuh yang makin banyak, suara menjadi lebih besar. P0lycystic ovarian syndrome juga disebabkan oleh hormon  laki-laki yang terlalu tinggi, yang juga bisa menyebabkan infertilitas.

Bagaimana agar kita dapat menjaga testosterone dalam kadar yang dibutuhkan tubuh?

Kelola stress

Gaya hidup penuh stress akan menekan produksi testosterone dan meningkatkan produksi kortisol. Terimalah setiap sumber stress yang ada dan berdamailah dengannya. Lihatlah setiap sumber stress sebagai pelajaran, soal ujian yang harus kita pecahkan. Kelola ekspektasi dan lebih banyak berserah kepada Sang Maha Kuasa.

Perbaiki terus ibadah, bangunlah perasaan “cukup” dan “puas” penuh syukur atas apapun yang hadir dalam hidup. Alihkan fokus kepada orang lain, berbagi dan silaturahmi.

Makanan 

Makanlah banyak sayur dan buah. Konsumsi protein hewani seperti kambing, sapi dan ikan bersamaan dengan sumber-sumber magnesium seperti bayam, almond, kacang mede dan kacang tanah. Konsumsi lemak baik seperti olive oil, alpukat, kacang dan hindari trans fat. Awali hari dengan delima yang bisa meningkatkan testosterone, menekan stress, menekan tekanan darah dan menjaga keseimbangan emosional. Perbanyak juga makanan yang mengandung seng.

Hindari alkohol, termasuk bir, hindari gula dan makanan yang manis-manis. Gula dapat menurunkan kadar testosterone sampai 25%.

Detoks dan hindari polutan

Hindari plastik dan pilihlah kemasan kaca. Toksin dan BPA dalam plastik bisa larut dalam makanan/minuman dan mengganggu kandungan testosterone. Rajin-rajinlah melakukan detoksifikasi agar darah terbebas dari racun yang bisa mengganggu produksi testosterone.

Olah raga, istirahat dan tidur yang cukup, hindari obesitas

Olah raga yang membangun otot penting dalam produksi testosterone. Sprint dan angkat beban bisa dipilih. Coba beberapa kali sprint di atas treadmill setelah angkat beban. Lakukan selama 15 detik, 5-10 kali, dan beristirahatlah 1-2 menit di antaranya untuk produksi testosterone maksimal. Aktivasi otot kaki, dan hindari olah raga berjangka waktu panjang seperti maraton.

Maksimalkan waktu dengan melakukan kegiatan yang berbeda-beda, dijeda dengan strentching atau aktivitas yang tidak menggunakan otot yang sebelumnya dipakai.

Testosterone diproduksi saat tidur nyenyak, jadi tidur nyenyak selama 7-8 jam penting dalam hal ini. Tidur hanya 5 jam menurunkan kadar testosterone sebesar 15%. Kegemukan sangat terkait dengan kadar testosteron yang rendah, menurunkan berat badan dapat meningkatkan kadar tersebut. Yoga, meditasi dan latihan pernafasan penting sekali untuk mulai masuk dalam rutinitas setiap hari.

Hindari radiasi

Handphone dan berbagai alat elektronik yang dapat memancarkan gelombang elektronagnetik mempengaruhi produksi testosterone. Hindari kontak dengan handphone sebisa mungkin dan jangan letakkan handphone di kantong di dekat alat kelamin pria. Jangan charge handphone di dalam kamar saat tidur, apalagi tidur dengan handphone.

Sumber:

Ingin menjadi laki-laki sejati? Jaga zat ini dalam tubuh

Natural Ways to Boost Testosterone, http://www.webmd.com/men/ss/slideshow-low-testosterone-natural-boost

5 Natural Testosterone Boosters, http://www.healthline.com/health/low-testosterone/natural-boosters#Basics1

6 Ways to Increase Testosterone With Exercise, http://www.quickanddirtytips.com/health-fitness/mens-health/6-ways-to-increase-testosterone-with-exercise

The Hormones of Happiness,  http://www.totalityofbeing.com/FramelessPages/Articles/HappyHormones.htm

Image: http://supportforstepdads.com/wp-content/uploads/2013/09/InfluenceOfTestosterone.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: