Skip to content
Advertisements

Oksitosin – agar suami istri lebih bergairah dan persahabatan lebih hangat

CVSlzi3WsAAOTfX

Oksitosin disebut juga sebagai Hormon Cinta, Hormon Pelukan, Molekul Moral karena besarnya peranannya dalam proses bercinta dan hubungan antar manusia. Dalam proses melahirkan secara normal oksitosin dilepas dalam jumlah besar ke dalam darah. Hal yang sama terjadi pada saat menyusui. Dalam hal ini oksitosin sangat membantu kelancaran persalinan, membangun keintiman dengan bayi dan produksi ASI. Itulah sebabnya ibu yang menyusui lebih tenang dan bebas stress daripada ibu yang memberikan susu melalui botol.

Ibu yang mempunyai kadar oksitosin lebih tinggi pada trimester pertama kehamilan mampu membangun hubungan yang lebih intim dengan bayi mereka. Dan mereka yang mempunyai kadar oksitosin lebih tinggi sepanjang kehamilan mampu melakukan berbagai hal yang mendukung pertumbuhan bayi, seperti bernyanyi, memandikan dan memberi makan bayi dengan cara yang istimewa.

Melahirkan bisa menjadi proses sangat traumatis. Tapi tak ada ibu yang trauma dengan proses melahirkan, bukan? Bahkan banyak yang ingin melahirkan lagi. Ini juga terjadi berkat oksitosin.

 

Oksitosin juga diproduksi dalam jumlah besar dalam proses hubungan suami istri Oksitosin membantu terbangunnya rasa saling percaya, relax dan kondisi psikologi yang stabil, bukan hanya pada pasangan suami istri tapi juga pada komunitas dan kelompok-kelompok sosial. Hubungan yang lebih kuat, saling percaya dan menyenangkan membantu proses kesembuhan dan membangun kebahagiaan. Dampak relaksasinya juga memudahkan proses istirahat dan tidur, agar proses kesembuhan dapat berlangsung dengan lancar.

Oksiton dalam otak membantu menurunkan stress dan kegelisahan. Mereka yang jatuh cinta memiliki oksitosin yang sangat banyak dan bertahan selama enam bulan. Oksitosin membuat kita lebih dermawan dan ingin berbagi.

Dalam kondisi stress, oksitosin juga diproduksi lebih tinggi untuk membantu mencari hubungan yang lebih baik dan mampu mengeluarkannya dari stress. Bahkan mereka yang di abuse, bisa terus memaafkan pasangannya, gara-gara adanya oksitosin yang terus membuatnya percaya bahwa “ia akan berubah.” Oksitosin juga mencetus insting untuk saling melindungi dalam sebuah group. Dan dalam hal ini oksitosin membuat mereka tak mau keluar dari hubungan yang tidak sehat.

Dalam sebuah studi di Mount Sinai School of Medicine ditemukan bahwa injeksi oksitosin juga dapat membantu mereka yang didiagnosa autism dan Asperger Syndrome untuk lebih memahami lawan bicaranya.

Oksitosin juga ternyata bisa mengurangi kecanduan obat.

Suami istri butuh oksitosin agar rumah tangga lebih mesra, ibu hamil agar bisa bonding dengan bayi, melahirkan serta menyusui dengan lancar, semua yang bekerja membutuhkan oksitosin agar bisa percaya, hangat dan saling dukung dalam suasana kerja. Mereka yang sedang sakit butuh untuk mencegah gelisah, relax untuk membantu proses kesembuhan. Jadi bagaimana agar kita bisa memproduksi oksitosin lebih banyak untuk membantu kita lebih hangat, lebih saling percaya dan penuh kasih sayang?

Bangun hubungan baik, pertemuan, saling memaafkan dan berbagi

Sentuhan dan kedekatan secara fisik meningkatkan kadar oksitosin dalam tubuh. Jadi banyak-banyaklah berkumpul dengan rekan kerja, sahabat dan keluarga. Jangan lupa salaman, belaian, tepukan, bersalaman, juga rangkulan untuk mempererat hubungan bersama. Tertawa bersama, gembira bersama, juga membantu oksitosin diproduksi lebih banyak.

Dalam kondisi penuh cinta, otak memproduksi oksitosin di amygdala. Dalam kondisi stress akibat hubungan yang tidak baik, otak memproduksinya di bagian lain. Nah, dalam kondisi hubungan yang tidak baik ini, misalnya saat ribut antara suami istri, atau bahkan kekerasan rumah tangga, dibutuhkan hubungan yang hangat dan baik dengan teman-teman, sahabat, adik kakak atau orang tua. Hal ini membantu otak mengimbangi oksitosin stress dengan oksitosin intim.

Banyak-banyak berbagi, memuji, saling percaya, empati pada sesama. Jangan lupa tiga kata ajaib: terima kasih, maaf dan salam.

Pelukan mesra, bercinta dan ciuman

Pada saat kita memeluk atau mencium orang yang kita sayangi, kadar oksitosin meningkat dalam tubuh. Jadi setiap hari sempatkan untuk memeluk pasangan dan anak agar semua merasa lebih saling sayang, saling percaya, saling dukung dan saling cinta. Cobalah berpelukan secara rutin 12 kali setiap hari secara total.

Untuk para suami istri, sering-seringlah bercinta, dan usahakan mencapai orgasme. Sehat sekali, saat dilakukan dengan penuh cinta, bukan terpaksa atau rasa bersalah. Hati-hati yang belakangan bisa memicu hormon stress.

Jagalah sikap positif dalam hubungan. Hentikan debat, banyak-banyaklah memaafkan, jangan cepat menghakimi dan banyaklah memuji.

Menangis

Jangan tahan tangisan. Biarkan air mata mengalir, dan rasakan perasaan “lega” setelahnya.

Latihan pernafasan, mindfulness dan relaksasi

Sekali lagi, ibadah yang khusuk membantu proses produksi oksitosin. Beribadahlah dengan perlahan-lahan dan sempatkan untuk bermunajat atau berdiam diri minimal 10-20 menit setelahnya untuk membangun efek relaksasi dan meditatif. Meditasi dan latihan pernafasan serta yoga yang dilakukan secara rutin juga sangat membantu.

Sebaliknya mereka yang memiliki kadar oksitosin lebih tinggi juga tampak lebih spiritual dalam sebuah riset yang diadakan Duke University.

Olah raga group

Setiap kali seseorang berhasil menembak gawang, teman-temannya akan memeluk dan memujinya, penontonnya pun saling bersorak dan saling berpelukan. Hal itu membutuhkan oksitosin dan meningkatkan produksi oksitosin. Mereka yang berpelukan setelah tembakan goal bisa berprestasi lebih baik lagi. Oksitosin juga membantu tim untuk saling percaya dan saling mendukung, serta sportif saat kalah.

Bukan hanya yang bermain, ternyata penonton dan mereka yang melihat keluarga yang sedang mentonton pertandingan lewat TV bersorak gembira pun bisa mengalami semburan oksitosin.

Rupanya otak mempersepsikan kemenangan seperti orgasme, dan pertandingan seperti proses bercinta. Jadi dukunglah keluarga menonton pertandingan kesukaan mereka dan rayakan kegembiraan bersama-sama.  Untuk para atlit, sempatkan untuk sekejap merayakan kegembiraan untuk setiap keberhasilan goal.

Essential oils

Minyak Sandalwood, rose, neroli, dan ylang ylang, juga Present Time dan Sensation dapat membantu menciptakan suasana intim dalam hubungan suami istri. Sandalwood dan rose bahkan bisa dipakaikan di daerah intim.

Nah, jadi banyak sekali hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kadar oksitosin dalam tubuh. Ibadah yang khusuk, silaturahmi, berbagi, membangun hubungan baik dengan sesama dan terutama dengan pasangan, serta sering-sering bercinta, semua akan membantu kita memproduksi oksitosin lebih banyak.

Seberapa penting hubungan baik, saling mengasihi dan kedekatan hubungan bagi anda, dan bagi proses kesembuhan anda? Untuk siapa saja hal ini penting?

Coba lihat dari daftar di atas, yang mana sajakah yang dapat dengan mudah kita lakukan hari ini dengan lebih baik, untuk bisa memproduksi oksitosin lebih banyak, sehingga hubungan kita dengan siapapun dapat lebih intim, akrab dan membahagiakan?

Dan bagaimanakah agar kita dapat terus melakukannya dengan lebih baik lagi setiap hari?

 

 

Sumber:

Oksitosin: agar lebih mesra dan lebih intim, http://www.kompasiana.com/indiraabidin/oksitosin-agar-lebih-mesra-dan-lebih-intim_5880b76bdb9373ae08a5e014

Oxytocin, https://en.wikipedia.org/wiki/Oxytocin

Oxytocin: What is it and what does it do? http://www.medicalnewstoday.com/articles/275795.php

Oxytocin: Facts About the ‘Cuddle Hormone’, http://www.livescience.com/42198-what-is-oxytocin.html

The Brain Can Work Against Abuse Victims, https://www.psychologytoday.com/blog/neurosagacity/201701/the-brain-can-work-against-abuse-victims

11 Interesting Effects of Oxytocin, http://www.livescience.com/35219-11-effects-of-oxytocin.html

4 Simple Steps to Boost Oxytocin Naturally, http://www.thealternativedaily.com/4-simple-steps-to-boost-oxytocin-naturally/

The ‘Love Hormone’ as Sports Enhancer, http://well.blogs.nytimes.com/2012/11/21/the-love-hormone-as-sports-enhancer/?_r=0

The Love Hormone and Sports: Is Oxytocin the Ultimate Performance Enhancer? http://blog.doctoroz.com/oz-experts/the-love-hormone-and-sports-is-oxytocin-the-ultimate-performance-enhancer

Oxytocin enhances spirituality, new study says, https://today.duke.edu/2016/09/oxytocin-enhances-spirituality-new-study-says

How can you naturally increase oxytocin levels? https://www.quora.com/How-can-you-naturally-increase-oxytocin-levels

Awakening Love with Essential Oils, http://commonscentsmom.com/awakening-love-with-essential-oils/

Image: http://kingofwallpapers.com/love.html

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: