Skip to content
Advertisements

Endorfin – poin positif pembawa bahagia

IMG_3439

Dalam permainan hidup kita, endorfin adalah salah satu poin penting yang harus kita kejar. Endorfin berasal dari kata endogenous dan morfin, atau morfin yang diproduksi oleh tubuh. Endorfin memang dapat menjadi morfin alami, mencegah rasa sakit, membuat kita merasa bahagia dan gembira, nafsu makan meningkat, imunitas tubuh naik, tidur lebih nyenyak dan stress pun berkurang. Selain itu endorfin juga penting dalam produksi zat pertumbuhan dan produksi hormon seks. Depresi dan kesedihan bisa teratasi dengan munculnya zat bahagia ini.

Pada saat kita merasa bahagia, sebagai hasil diproduksinya endorfin, kita pun bisa merasa puas, merasa berkecukupan, bahkan berkelebihan, dan lebih mampu mengatasi berbagai hal yang terjadi dalam hidup kita.

Faham kan, kenapa endorfin adalah poin yang penting untuk selalu kita kejar? Dalam game hidup kita, poin ini membuat kita lebih punya modal untuk maju ke depan mengejar tujuan kita, karena kita bahagia, puas, sehat karena daya tahan tubuh terhadap penyakit baik. Kondisi demikian penting untuk membuat kita lebih produktif, dan kreatif.

Bagi yang sedang sakit, endorfin membantu proses kesembuhan dengan daya tahan tubuh yang lebih baik, lebih mampu melawan penyakit.

Para orang tua, guru dan pemimpin perlu membantu produksi endorfin dari anak dan mereka yang dipimpinnya untuk meningkatkan produktifitas, kreatifitas dan membangun suasana yang membahagiakan di rumah, sekolah dan tempat kerja.

Ibu yang melahirkan normal mendapat banjir endorfin yang membantunya merasa bahagia dan mengatasi rasa sakit. Endorfin juga membantu ibu menyayangi bayinya.

Bagaimana cara mendapatkannya?

Khusuk

Ali bin Abi Thalib meminta anak panah yang mengenai tubuhnya dicabut saat beliau sedang shalat.  Shalat beliau sangat khusuk. Saat itulah endorfin bekerja sehingga rasa sakit tak terasa. Kondisi khusuk adalah kondisi meditatif, di mana pikiran kita sangat tenang dan tidak terganggu oleh berbagai pikiran.

Latihan pernafasan, tafakur dan meditasi dapat membantu menghasilkan tingkat khusuk yang tinggi dan menghasilkan endorfin.

Berfikir positif dan bersikap positif

Sadarilah bahwa ada kekuatan Sang Pencipta dalam setiap kejadian, termasuk hal-hal yang tidak sesuai keinginan kita. Ikhlas saja, setiap nafas adalah nafas baru, harapan baru, tidak perlu risau soal yang sudah lalu dan jangan khawatir akan masa depan. Sang Pencipta sangat mencintai kita, percaya saja. Jadi nikmati dan syukuri semua kejadian yang diizinkanNya terjadi bagi kita. Semua pasti baik. Perhatikan wajah mereka yang berfikir seperti ini. Pasti ada senyum, mata yang berbinar, melihat ke depan, tubuh yang semangat berjalan ke depan, dan tidak loyo.

Sebaliknya, saat ada perasaan sedih atau kecewa, lawanlah dengan membangun sikap seperti itu. Senyum, lihat ke depan dengan mata berbinar, tegakkan tubuh dan jangan loyo. Pikiran pun akan lebih mudah menjadi positif. Dan endorfin lebih mudah diproduksi.

Membangun hubungan sosial

Tersenyum, tertawa, berkumpul dan mengobrol bersama teman dapat membantu produksi endorfin dalam tubuh. Inilah wujud dari pesan “silaturahmi membawa rejeki dan memanjangkan umur.” Melalui produksi endorfin, nyata benar kalimat tersebut.

Bercinta dengan pasangan juga memproduksi endorfin. Di sinilah penting hubungan yang saling mencintai.

Sentuhan juga dapat membantu produksi endorfin. Pijatan, pelukan, akupunktur, juga bisa menghasilkan hal yang sama.

Olah raga

Berolah raga secara proporsional dalam jangka waktu tertentu bisa membantu produksi endorfin. Apalagi kalau olah raga dilakukan bersama-sama sambil tertawa gembira.

Makanan

Makanan yang membantu produksi endorfin adalah ginseng, cabai, lada, dark chocolate, dan karbohidrat kompleks dapat membantu produksi endorfin.

Aroma therapy

Menghirup aroma therapy membantu otak langsung memproduksi endorfin secara cepat. Simpanlah selalu lavender, vanilla, lemon. bergamot dan berbagai wangi lain dapat membantu tubuh memproduksi endorphine.

Apapun yang kita lakukan, endorfin tidak akan lama bertahan di dalam tubuh. Jadi kita harus terus melakukan hal-hal di atas untuk terus memproduksi zat yang membuat kita bahagia, tahan rasa sakit, imunitas baik dan lebih produktif. Kita harus terus mencari kesempatan untuk beribadah dengan khusuk, latihan pernafasan, olah raga, bersilaturahmi, makan makanan di atas, dan mencium aroma-aroma segar di atas.

Terus tersenyum, tegakkan badan, hadapi hari dengan sikap bahagia, maka tubuh kita serta jiwa kita akan benar-benar bahagia.

Nah, bagaimanakah kita bisa mendapatkan lebih banyak endorphine setiap hari mulai saat ini, agar kita bisa lebih sehat, bugar, tahan sakit, bahagia, kreatif, produktif dan mampu menghadapi tantangan hidup apapun?

Jangan lupa subscribe ya. Saya akan terus kirim info-info mengenai berbagai poin-poin dan tips-tips untuk bisa mencapai tujuan hidup kita.

Sumber:

Lebih bahagia, produktif dan tahan sakit berkat endorfin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: