Skip to content
Advertisements

Membangun akhlak dengan 5S (Senyum Salam Sapa Sopan Santun) dan 3M (Mulai dari diri, Mulai dari yang kecil, Mulai sekarang) yuk


Aa Gym selalu mengingatkan kita kembali untuk selalu 5S dan 3M.

5 S adalah Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun.

3 M adalah Mulai dari diri sendiri, Mulai dari yang kecil dan Mulai dari sekarang.

5S dan 3M adalah teladan dari Rasulullah saw seperti yang terjadi dalam cerita-cerita di bawah ini:

1. Rasulullah saw sangat menjaga perasaan orang lain dan menyenangkan hati orang lain. Suatu hari Nabi mendapatkan hadiah buah anggur dari seoarang Arab Badui. Si pemberi hadiah gembira bukan kepalang melihat anggurnya dimakan oleh Rasulullah saw dengan lahap. Biasanya Rasulullah saw selalu berbagi dengan para sahabat namun kali itu tidak. Ternyata buah anggur itu masam dan nabi tidak ingin si pemberi kecewa jika tanpa sengaja ada raut muka para sahabat berubah jika memakannya.
Beliau pun tidak berbagi bukan karena pelit tapi karena tidak ingin ada sahabat yang merasa keasaman pula.

2. Ketika seorang berasal dari dusun datang ke mesjid dan berhadast kecil di salah satu masjid. Nabi melarang sahabat yang hendak memarahinya dan berkata, “Biarkan dia menyelesaikan hajatnya”. Nabi sendiri yang kemudian membersihkan dan lalu dengan santun menerangkan adab di dalam masjid.

3. Ketika seorang menarik dengan kasar jubahnya sehingga berbekas di lehernya , Rasulullah saw bukan memarahi, justru menghadiahkan jubah itu.

Tidak ada kasar dibalas kasar atau marah dibalas marah, tapi selalu dibalas dengan kebaikan.

4. Rasulullah saw menjenguk perempuan tua ketika dia sakit padahal perempuan tua itu biasa meletakkan duri, najis di jalan yang dilalui Rasulullah saw.
Tidak ada dendam atau kemarahan. Rasulullah sangat pemaaf dan tidak ambil pusing dengan penyerangan atau penghinaan terhadapnya. Senyumnya tetap terkulum dan hatinya tetap bersih tanpa dikotori emosi yang meledak-ledak.

3. Di Thaif Rasulullah saw mendapat penghinaan luar biasa. Semua penduduk melemparinya dengan batu dan kotoran manusia. Rasulullah terluka dan berberdarah-darah dibuatnya.

Malaikat Jibril sangat marah terhadap perlakuan penduduk Thaif, dan siap mendoakan balasan yang setimpal. Jamin Rasulullah justru mendoakan para penduduk yang menyakitinya, “Ya Allah berikan petunjuk bagi kaumku , karena mereka tidak tahu.”

Ternyata bisa lho dihina dan tidak membalas dengan keburukan tapi membalas dengan doa kebaikan.

4. Seorang anak yatim di hari raya menangis sedih karena tidak memiliki orang tua. Rasulullah saw mendatanginya dan menghibur, “Sukakah kamu jika aku menjadi ayahmu, Aishah menjadi ibumu dan Fatimah menjadi saudaramu?” 

Indahnya kalau semua orang saling bantu dengan penuh cinta tanpa pamrih dalam kebaikan, apalagi bagi anak-anak yatim. Tidak perlu hitung-hitungan karena Rasulullah saw pun hidupnya tidak harus berlebih untuk bisa membantu anak yatim.

5. Suatu hari ada seorang budak yang kehilangan uang majikannya. Rasulullah saw menemani budak tersebut ke rumah majikannya agar tidak dimarahi. Budak itupun dibebaskan oleh majikannya.

6. Seorang Yahudi bertetangga dengan Rasulullah saw. Rasulullah saw sangat menjaga perasaan tetangganya ini dan selalu mengirim berbagai hadiah dan makanan.

Kisah-kisah di atas dibagikan oleh sahabatku Vivi Alatas. Dan masih banyak kisah hidupnya yang menggambarkan kebaikan hati, kemurnian cintanya pada umat, dan tulus ikhlasnya dalam berbagi 5S dan 3M di atas.

Apa rasanya bisa bebas dari rasa-rasa curiga, prasangka buruk, kesal, benci dan menjadi orang yang baik  dengan hal-hal sederhana dan sehari-hari, meniru Rasulullah?

Bagaimana agar kita dapat memulai hal itu dengan membiasakan 5S dan 3M?

Dan bagaimana rasanya keindahan dunia kalau semua orang seperti itu?

Kisah Rasulullah saw yang mana yang paling menginspirasimu? Silakan cerita dan berbagi juga ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: