Skip to content
Advertisements

Diberi ujian hidup? Jangan-jangan Allah ingin membantu banyak orang di muka bumi melalui ujianNya bagi kita

Seorang anak penggemar games dan TV, dikeluarkan dari SD karena dianggap bodoh, ditolak masuk SMP, sehingga hanya bisa masuk SD dan SMP terburuk di Singapura. Usia 15 tahun ia berbisnis music box, lanjut menjadi trainer dan akhirnya menjadi trainer kenamaan di Singapura. Inilah Adam Khoo, anak bodoh yang menjadi trainer dengan bayaran USD10.000/jam.

Seorang anak terlambat bicara, autis, dianggap bodoh dan dilecehkan guru-gurunya di sekolah. Ia tumbuh dengan kecintaannya pada fisikan dan matematika, dan menjadi peraih hadiah nobel dan ilmuwan kenamaan yang kita kenal sebagai Einstein.

Seorang anak pembuat onar di sekolah membuat guru-gurunya putus asa. Bukan hanya dicap nakal, angka raport nya juga jauh dari bagus, selalu ada di ranking paling bawah. Ia tumbuh menjadi seorang milyuner bernama Aristotle Onasis.

Seorang anak agak tuli dan bodoh membawa pulang surat dari gurunya untuk disampaikan pada ibunya. Ternyata surat itu menceritakan betapa bodohya anak itu, dan gurunya mengeluarkannya dari sekolah. Ibunya mengatakan pada anaknya bahwa anaknya sungguh sangat hebat dan harus ditangani langsung oleh ibunya. Ia pun tumbuh menjadi penemu yang tak pantang menyerah, teladan bagi mereka yang selalu gagal untuk selalu mau mencoba lagi. Dialah Thomas Alva Edison. Berkat anak drop out inilah kita bisa menikmati listrik.

Seorang pria mengalami gangguan pendengaran di usia 20 tahun dan hampir benar-benar tuli di usia 45 tahun. Untung ayahnya mengajarkannya musik setiap hari sejak ia berusia 4 tahun. Pria dengan gangguan pendengaran ini berhasil menjadi musisi kenamaan dalam sejarah musik. Pria ini bernama Beethoven.

Seorang anak buta, tuli, bisu. Ia berhasil tumbuh menjadi pendidik dan pengajar. Melalui jalur pendidikan dan politik ia memperjuangkan nasib mereka yang buta, tuli dan bisu. Kini kita mengenalkan melalui Hellen Keller Institute for Deaf and Deafblind (institut untuk mereka yang bisu dan bisu tulis), Hellen Keller Institude for human disabilities (untuk mereka yang cacat), Hellen Keller Foundation, dan berbagai institusi lainnya. Ialah Hellen Keller, seorang tokoh perempuan inspirasional dalam sejarah dunia justru karena ia buta.

Seorang anak buta karena kecelakaan saat ia bermain di usia tiga tahun. Kebutaannya membuatnya seorang yang faham apa kebutuhan orang yang buta. Ia pun menciptakan abjad yang sampai sekarang dipakai oleh mereka yang buta seluruh dunia, Abjad Braille. Anak ini pun tumbuh begitu hebat justru karena ia buta.

Seorang anak lahir tanpa kaki dan tangan. Berkat kepercayaannya yang kuat, dan dukungan orang tuanya yang hebat ia tumbuh menjadi seorang motivator kelas dunia. Ialah Nick Vujicic.

Seorang anak perempuan dari keluarga broken home, diperkosa, pekerja kasar, kemudian didiagnosa kanker. Ia berhasil sembuh kanker dengan cara non medis dan menginspirasi dunia melalui teknik afirmasi dan pembangunan mentalnya. Ialah Louise Hay, pendiri Hay House Publishing yang memproduksi buku-buku, film dan video-video motivasi yang dipelajari jutaan orang sedunia.

Semua contoh di atas adalah pelajaran bagi kita bahwa masa kecil yang buruk, penyakit, kanker, cap bodoh, anggapan pembuat onar, dan berbagai hal yang seringkali membuat orang putus asa, bukanlah alasan untuk jatuh dan gagal. Kecintaan untuk membantu mereka yang senasib, dedikasi pada bidang yang mereka tekuni dan semangat mereka untuk menghasilkan sesuatu yang terbaik, berhasil membantu banyak orang untuk hidup lebih baik.

Mereka adalah contoh yang dihadirkan Allah sebagai pesan untuk bangkit, berkontribusi bagi dunia, menuai hasil yang mengubah dunia melalui persistensi, kerja keras dan semangat yang tak pernah pudar. Mereka ada untuk kita, mereka diciptakan untuk mendorong kita semua untuk terus maju, berkontribusi bagi dunia.

Bagaimanakah kita dapat menjadi manusia yang lebih baik lagi, dengan cerita-cerita yang telah Allah hadirkan bagi kita semua?

Bagaimanakah kita dapat berkontribusi lebih banyak membawa kebaikan bagi semesta, belajar dari ujian Allah bagi tokoh-tokoh hebat di atas?

Sumber:

10 kisah sukses yang berawal dari kegagalan
Hellen Keller
Life of Ludwig Van Beethoven
Korban kekerasan, pemerkosaan, eksploitasi, pasien kanker yang berhasil bangkit dan sukses menginspirasi dunia
Tak bertangan, tak berkaki? Tak ada batas untuk sukses

Image: Louise Hay Wisdomcards

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: