Kunci kesembuhan: yakin dan prasangka baik pada Sang Penyembuh

Alhamdulillah Desember 2015 lalu aku berkesempatan menyusun sebuah buku mengenai pengalaman teman-temanku menghadapi kurikulum kanker. Alhamdulillah aku banyak belajar dari pengalaman-pengalaman ini.

Aku pun belajar bahwa salah satu kunci keberhasilan dalam menghadapi penyakit apapun adalah keyakinan akan apa yang dijalani. Prasangka baik akan hasilnya.

Seorang dokter di Amerika Serikat, Lissa Rankin, MD. mengatakan bahwa yang paling penting dalam menjaga kesehatan, mencegah sakit dan menyembuhkan sakit adalah pikiran. Pikiran yang bahagia dan penuh keyakinan akan memerintahkan seluruh tubuh untuk bersikap sesuai apa yang dipercayainya.

Inilah yang disebut efek plasebo. Keyakinan kita menyembuhkan kita.

Seorang sahabat saya, Pak Daurie Bintang, bercerita bahwa Dr. Henry Beecher, peneliti Harvard University, pernah  mengumpulkan 100 relawan untuk mencoba dua obat baru. Kapsul merah mengandung barbiturate (penenang), dan kapsul biru yang mengandung amfetamin (stimulan).

Tanpa sepengetahuan sukarelawan, dokter itu menukar isi kedua obat itu. Sukarelawan masih menganggap kapsul merah adalah penenang dan kapsul biru adalah stimulan.

Ternyata saat minum kapsul merah, sukarelawan merasa badan lemah tak bersemangat, padahal isi kapsulnya stimulan. Sebaliknya ketika minum kapsul biru, mereka justru bersemangat, padahal isinya penenang

Dr. Beecher pun menyimpulkan bahwa dampak pengobatan dipengaruhi bukan saja dari kandungan obat itu, melainkan juga keyakinan sang pasien akan manfaat dan keefektifan obat tersebut.

Itulah sebabnya kita harus benar-benar perhatikan apa yang kita yakini karena keyakinan yang benar-benar tertanam dan ada di seluruh sel tubuh kita – bukan cuma diyakin-yakinkan – yang akan menjadi kenyataan, dengan izinNya.

“Aku sesuai prasangka hambaKu,” seru Sang Penyembuh dan Sang Pencipta.

🌻🍊🌻🍊🌻🍊

Mau pesan buku mengenai perjuangan teman-teman penerima kurikulum kanker? Silakan kontak Mbak Emmy di nomor +62 858 11241429.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s