Mau hoki? Jadilah manusia yang penuh syukur

IMG_1608

Orang Jepang dan Cina punya banyak sekali cara untuk bisa “hoki” atau mendapat keberuntungan. Bagi mereka keberuntungan adalah segalanya. Ada boneka Daruma, ada kucing yang melambai-lambaikan tangan di depan pintu. Coba tengok toko-toko souvenir di Jepang yang suka kita datangi, si kucing pun dengan ramah menyapa kita dengan lambaian tangannya.

Di Cina, ada pula jimat-jimat yang dibawa selalu untuk memastikan keberuntungan datang. Beberapa nomor dihindari untuk menjaga keberuntungan selalu ada dan mencegah sial.

Sesungguhnya kita tak perlu sampai harus pasang si kucing di rumah kita, atau bawa jimat ke mana-mana. Kita malah jadi tidak percaya pada Allah, Sang Maha Pemberi Rejeki dan Keberuntungan. Kuncinya satu: bersyukur. Itu saja.

Bangun pagi, langsunglah ucapkan doa penuh syukur, Alhamdulillah sudah diberi kesempatan hidup hari itu. Sampaikan padaNya apa yang ingin diraih, dan yakini bimbinganNya.

Syukuri semuanya, dari udara, organ tubuh, makanan, minuman, anggota keluarga, dan semuanya. Maka kita akan merasa sangat beruntung. Lihat mereka yang tidak seberuntung kita, para penjual di pinggir jalan, di stasiun, di mana pun mereka ada, karena dunia ini penuh dengan mereka yang tak seberuntung kita. Doakan mereka, dan kembali syukuri keberuntungan kita. Kita akan sadari betapa kita amat sangat “hoki” atau beruntung.

Kalau ada yang tidak sesuai keinginan, syukuri juga, karena artinya kita diselamatkan dari keinginan yang belum tentu baik bagi kita. Kita ingin suami penuh hangat? Mungkin kalau ia penuh kehangatan kita jadi istri yang tak tahu diri. Syukuri saja apa yang ada. Kita ingin orang yang kita beri kebaikan ucapkan terima kasih, tapi dia diam saja? Syukuri saja, artinya mungkin Allah ingin kita belajar ikhlas. Pokoknya yakini Allah hanya berikan kita apa yang terbaik bagi kita, lebih baik dari harapan kita sendiri. Syukuri, dan rasakan betapa semua yang menyebalkan itu sesungguhnya adalah keberuntungan bagi kita, hoki kita hari itu.

Yakini janji Allah, bahwa karuniaNya – atau hokiNya – akan berlimpah turun bagi semua yang rajin bersyukur. Yakini saja, dan rasakan dalam setiap detik kita masih menghembuskan nafas. Karena hoki itu datang dalam berbagai bentuk, seringkali kita tak sadari.

Bersyukurlah dengan tersenyum bahagia setiap detik sepanjang hari, dengan merasa bahagia sepanjang hari, dengan memberi limpahan cinta tanpa kondisi kepada siapapun yang ada, berbagi pada sesama, berkata terima kasih pada semua, dan tentunya doa dan menyebut namaNya dalam setiap helaan nafas.

Bisa baca tulisan ini? Inilah hoki-mu detik ini. Alhamdulillah. Kira-kira kebaikan apa yang Allah sedang berikan melalui tulisan ini? Bagaimanakah kau bisa mensyukurinya?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s