Skip to content
Advertisements

Sebarlah kebaikan ke seluruh alam semesta melalui doa berjamaahmu


Prof Hagelin, seorang profesor di bidang fisika, dan direktur Institute of Science, Technology, and Public Policy dari sebuah universitas manajemen di Iowa, mengadakan sebuah percobaan dengan mengadakan kelompok-kelompok meditasi yang melakukan meditasi selama 20 menit di pagi dan sore hari setiap hari, untuk menekan angka kriminalitas di Washington DC. Beliau menyatakan bahwa percobaan tersebut berhasil menekan angka kriminalitas sampai 18%.

Hagelin menyatakan bahwa meditasi membantu menghasilkan kesadaran murni (pure consciousness) dan dapat mengarahkan energi mereka untuk sebuah tujuan seperti menurunkan angka kriminalitas.

Sesungguhnya hal ini bukanlah hal baru. Kita semua bisa mengupayakannya melalui doa bersama secara khusuk. Efek meditatif didapat dengan memusatkan perhatian pada sesuatu hal sehingga dunia luar tak lagi menjadi perhatian. Shalat yang khusuk adalah bentuk meditasi yang sangat efektif. Bahkan seorang sahabat Rasul meminta diobati saat sedang shalat agar ia tak merasa sakit. Dan ada alasan indah mengapa kita semua diperintahkan shalat berjamaah, lebih baik 27 derajat daripada shalat sendirian.

Bayangkan kita yang shalat tahajud, dilanjutkan subuh berjamaah di masjid setiap pagi, dilanjutkan dengan shalat shuruq dan dluha. Tidak putus sampai di situ kita shalat dzuhur, ashar, magrib dan isa serta semua rawatib nya. Semua yang melakukannya secara berjamaah di masjid sesungguhnya mengarahkan pikiran dan perhatian pada satu tujuan: Sang Pencipta Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Kata-kata “Maha Pengasih Maha Penyayang” terus diucapkan sepanjang proses shalat, berkali-kali, sebagai internalisasi bahwa kita ada dalam naungan Sang Maha Kasih. Bayangkan kalau semua secara khusuk mendoakan kebaikan bagi kotanya, negaranya, keluarganya. Berapa besar energi yang tercurah menciptakan damai bagi keluarga, bangsa dan negaranya.

Itulah sebabnya jamaah subuh di masjid mendapat ganjaran besar sekali dari Sang Maha Kuasa. Mereka itulah yang mengumandangkan cinta dan kasih di awal pagi bagi segenap penjuru alam semestaNya. Merekalah yang membawa vibrasi kasih sayang Sang Maha Rahman dan Rahim turun dengan karunia dan berkah bagi alam semesta. Itulah mekanismeNya bagi semesta memulai hari. Shalat subuh wajib dilakukan oleh tiap individu, dan bagi yang mengerjakannya sejak adzan diikuti shalat fajar, baginya kebaikan di bumi dan langit.

Dalam percobaan Hagelin, 20 orang melakukan pemusatan pikiran selama 20 menit pagi dan sore cukup. Bayangkan di Indonesia, berapa banyak orang yang sesungguhnya bisa shalat subuh berjamaah setiap pagi, dan sepanjang hari? Kalau semua khusuk dan semua mendoakan Indonesia, tentu dampaknya besar bagi Indonesia.

Teman-teman,

Marilah kita semua menjadi tangan kasihNya, teruslah bergabung, berjamaah dalam memusatkan gelombang otak untuk membawa kasihNya turun ke bumi dan menyebar ke alam semesta. Tanpa harus masuk ke rumah orang lain, doa kita dalam shalat-shalat berjamaah kita bisa membawa kedamaian ke dalam rumah mereka, yang tidak kita kenal sekalipun.

Bagi yang bukan beragama Islam, biasakanlah berdoa bersama memulai hari, bergabunglah untuk berdoa bersama, memusatkan perhatian dan memohon kehadiran Sang Pencipta bersama-sama, dengan khusuk dan hati yang penuh cinta bagiNya, bagi keluarga, bangsa, negara.

Aku pun titip doa untuk Indonesia yang sangat kita cintai. Agar apapun yang terjadi, cinta kasihNya meliputi bangsa dan negara kita. Kirimkanlah doa bagi semua ciptaanNya di negara kita. Doa kita mengandung energi, kekhusu’an kita menyatukan semua gelombang otak yang memiliki tujuan bersama.

Bersama, doa kita bisa membawa kebaikan bagi negara kita. Kerja kita kemudian menjadi syarat bagiNya untuk mengubah nasib kita bersama-sama.

Bismillah ya.. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Tak ada kebaikan yang percuma. Yuk, kita giatkan doa bersama, shalat berjamaah dan harapan tak henti-henti bagi negara kita tercinta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: