Bukan cuma win win, berpikirlah win win win, bermanfaat untukku, untuknya dan untuk Allah serta semesta.

 

Orang-orang yang efektif adalah orang-orang yang selalu berfikir win-win (menang-menang). Ini pelajaran dari buku 7 Habits of Highly Effective People yang sangat saya amini. Setiap kali bertemu orang lain mereka selalu berusaha untuk menjaga agar semua baik, mendapatkan manfaat dari pertemuan dan interaksi tersebut. Mereka tidak main sikut (win-lose, menang karena mengalahkan), mereka tidak menempatkan diri sebagai martir (lose-win, orang lain menang, kita korban), atau memastikan orang lain kalah kalau kita juga tidak bisa dapat (lose-lose, kalah-kalah).

Yang aku pelajari dari kelas NLP bersama Pak Hing, adalah win win saja tidak cukup. Ada satu lagi yang harus difikirkan, yaitu semesta dan Sang Pencipta. Rumusnya bukan win win, tapi win win win.

Win yang ketiga adalah semesta dan Sang Pencipta, sehingga kita tak lagi bisa merusak lingkungan dalam kegiatan apapun. Meskipun win win bagi manusia tapi kalau tidak win win bagi alam, kita tidak berbuat baik bagi anak cucu yang mewarisi bumi ini. Mereka harus sengsara karena apa yang kita lakukan. Bukan itu win win win.

Win win win adalah rumus untuk menjadi rahmatan lil alamin, atau pembawa rahmat bagi alam semesta. Kita membawa kebaikan bukan hanya bagi orang yang ada dekat dengan kita, tapi juga semua yang ada di alam semesta. Beli barang bajakan menguntungkan bagi kita, bagi pedagang barang bajakan tersebut, tapi merugikan penulis lagu, perusahaan film, inventor software, dll. Bukan win win win.

Seringkali kita harus membayar dosa kita untuk apapun melalui bencana, musibah, kerampokan, kecurian, dan penyakit. Allah terlalu sayang pada kita, menginginkan kita suci dan bersih sebelum berpulang padaNya, sehingga kita dibersihkan dulu melalui berbagai bencana tersebut. Berprinsip win win win mencegah kita untuk melakukan dosa yang nantinya kita harus bayar dengan mahal, sehingga kita – insya Allah – tak perlu diberi bencana dan sakit.

Yuk, mulai sekarang kita pegang prinsip win win win, bukan hanya win win.

Thanks untuk inspirasinya, Pak Hing.

 🌺🌻🌺🌻

Teman-teman,

Apa rasanya membaca tulisan ini? Apa manfaat yang dirasakan? Aku selalu mencoba untuk terus meningkatkan dampak dari tulisan-tulisanku agar terus menjadi kepanjangan tanganNya menyebar berkah bagi semua pembacanya.

Komentar dan masukan teman-teman sangat aku hargai.

Ditunggu ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s