Tak ada yang bisa membahagiakanmu. Hanya kau yang bisa.


Sukses adalah mendapatkan apa yang kita inginkan. Tapi sukses belum tentu bahagia. Karena bahagia adalah menginginkan apa yang didapatkan. Atau… mensyukuri apapun yang ada. 

Bahagia bukan berarti tak berusaha menjadi lebih baik lagi, atau mendapat lebih banyak lagi. Tapi apapun yang ada, selalu disyukuri.

Itulah bahagia. Dan tak ada yang bisa membuat kita bahagia. Hanya kita yang bisa membuat diri kita bersyukur .. dan kemudian bahagia, atau tidak.

Kita simak cerita tentang ucapan istri John Maxwell yang dikirim Mbak Yulia Karmila di group WISE.

🌺🌻🌺🌻

Suatu ketika Margaret, istri John Maxwell (motivator top dunia) menjadi pembicara di seminar tentang kebahagiaan. Maxwell, sang suami duduk mendengarkan di bangku paling depan. Seeorang ibu mengacungkan tangannya dan bertanya, “Mrs. Margaret, apakah suami anda membuat anda bahagia?”

Seluruh ruangan langsung terdiam. Margaret tampak berpikir sejenak dan kemudian menjawab, “Tidak…” Seluruh hadirin terkejut. “Tidak…” katanya sekali lagi, “John Maxwell tidak bisa membuatku bahagia.”

Margaret melanjutkan, “John Maxwell adalah seorang suami yang sangat baik. Ia tidak pernah berjudi dan mabuk. Ia seorang suami yang setia, selalu memenuhi kebutuhan saya, baik jasmani maupun rohani. Tapi, tetap dia tidak bisa membuatku bahagia.”

Seorang yang hadir bertanya, “Mengapa?” 

Jawabnya, “Karena tidak ada seorangpun di dunia ini yang bertanggung jawab atas kebahagiaanku selain aku sendiri.”

Margaret menjelaskan, “Tidak ada orang lain yang bisa membuatmu bahagia. Baik itu pasangan hidupmu, sahabatmu, uangmu, hobimu. Semua itu tidak bisa membuatmu bahagia. Yang bisa membuat dirimu bahagia adalah dirimu sendiri. Kamulah yang bertanggung jawab atas dirimu sendiri. Kalau kamu selalu bersyukur, tidak pernah punya perasaan minder, selalu percaya diri, selalu berbuat baik, tidak punya musuh, kamu tidak akan merasa sedih. Pola pikir kitalah yang menentukan apakah kita bahagia atau tidak, bukan faktor luar. Bahagia tidaknya hidupmu bukan ditentukan oleh seberapa kaya dirimu, cantik istrimu/gagah suamimu, atau sesukses apa hidupmu. Bahagia itu PILIHANMU SENDIRI”. 

🌺🌻🌺🌻

Nah teman-teman,

Yuk kita bangun percakapan diri yang positif, yang membahagiakan. Mulailah untuk sadar atas percakapan dalam diri kita sendiri. Saat kita mulai mengeluh dalam hati, langsung ganti dengan “apa ya kebaikan yang Allah sedang hadirkan melalui yang aku keluhkan ini?”

Bayangkan malaikatNya hadir dan memberikan kita rasa syukur yang besar.

Dengarkan kata-katanya yang halus menghibur, mengingatkan kita bahwa semua adalah untuk kita.

Rasakan udara yang masih mengalir melalui hidung, angin yang masih berhembus, organ tubuh yang masih bekerja. Nikmati semua itu dan katakan, “NikmatNya yang mana lagi yang tak mau aku sadari dan syukuri?”

Temukan selalu kebaikan Allah dibalik setiap hal karena Allah mencintai kita lebih dari apapun yang ada di bumi dan langit. Dan kita tak lagi punya alasan untuk mengeluh.

🌺🌻🌺🌻

Teman-teman,

Apa rasanya membaca tulisan ini? Apa manfaat yang dirasakan? Aku selalu mencoba untuk terus meningkatkan dampak dari tulisan-tulisanku agar terus menjadi kepanjangan tanganNya menyebar berkah bagi semua pembacanya.

Komentar dan masukan teman-teman sangat aku hargai.

Ditunggu ya.

4 thoughts on “Tak ada yang bisa membahagiakanmu. Hanya kau yang bisa.

  1. Selalu bersemangat dan terinspirasi klo membaca tulisan dan sharing dari mb indira.. im one of ur fanz mb..keep writing and inspiring ya mb..may Allah alwayz bless u and ur famz

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s