Jangan terlalu sombong untuk terus mengucap mohon ampun padaNya. Istighfar dulu, istighfar lagi, istighfar terus 


Sahabat,

Siapa sih manusia yang tak punya salah? Salah merasa, salah berfikir, salah berkata, salah berbuat. Nggak punya salah? Maaf ya, itu perasaan yang sombong sekali.

Untuk itu, yuk kita kikis rasa sombong dengan terus memohon ampun padaNya. 

Ibnu Katsir rahimahullah, berkata:

“Barangsiapa yang menghiasi dirinya dengan amalan ini, yaitu memperbanyak istighfar, maka Allah akan mempermudah rezekinya, memudahkan urusannya dan menjaga kekuatan jiwa dan raganya.”

Ibnul Qayyim, rahimahullah, mengatakan:

“Bila engkau ingin berdoa sementara waktu begitu sempit, padahal di dalam dadamu dipenuhi oleh begitu banyak hajat (kebutuhan), maka jadikan seluruh isi do’amu berupa permohonan maaf kepada Allah. Karena bila Dia memaafkanmu, maka semua keperluanmu akan dipenuhi olehNya tanpa engkau memintanya.”

Yuk, istighfar dulu, istighfar lagi, istighfar terus. Karena memang kita manusia yang tak mungkin tak ada salah.

Kapan terakhir kita merasa seseorang lebih hebat dari kita dan kita minder padanya? “Ah, siapalah saya, bisa apa saya dibanding dia?” 

Atau “Kok dia bisa saya tidak? Kok dia dikasih itu, kok saya tidak? Kok dia diperhatikan, kok saya tidak? Kok kemajuan dia bagus sekali, kok saya tidak? Huuuh…Tuhan tidak adil.”

Kapan terakhir kita merasa seseorang begitu miskin sehingga ia tak pantas bersandingan dengan kita atau keluarga kita? “Ih, siapa dia, kok berani menegurku tidak sopan begitu?”

Kapan terakhir kita mencela orang, “Ih, masak dia begini begitu, lho. Aduuuh… lihat deh…Hihihihi,” tertawa kegirangan dalam gosip bersama teman-teman?

Maaf, semua ciptaan Allah – termasuk kita dan dia – hebat, tak ada yang lebih hebat dan tak ada yang tidak hebat. Rezeki nya saja beda, tapi Allah adil. Beda rezeki bukan berarti raja lebih hebat dari pengemis. 

Jadi kapan mau minta maaf atas segala kesalahan kita pada orang lain dan padaNya?

Istighfar dulu, istighfar lagi, istighfar terus.

Yuuk..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s