Skip to content
Advertisements

Tidak ada problem, cuma tantangan, kurikulum, pelajaran dan ujianNya

  
Ayahku selalu protes kalau mendengar kata “problem” atau “masalah.” Beliau langsung mengingatkan, “Maksudnya tantangan?”

Coba apa yang terbayang kalau kita mendengar kata “problem” atau “masalah?” Benang kusut tak berujung, bukan? Sesuatu yang buntu, tak ada solusi, membingungkan dan membuat kita harus stop, berhenti karena tak ada jalan keluar. Apa rasanya? Stuck, takut macet, tak leluasa. Hormon stress muncul. Hati-hati kalau hormon ini muncul terus, sel-sel tubuh bisa rusak.

Coba apa yang terbayang kalau kita dengar kata “tantangan?” Sesuatu yang mengasyikkan, tak menakutkan, malah menggairahkan. Kita jadi ingin mencari solusi, mencari jalan keluar. Ibarat main game, “tantangan” membuat kita ingin berbuat sesuatu yang kita sukai. 

Tapi ada juga yang merasa lelah mendengar kata “tantangan.” Untuk mereka aku bisa mengganti dengan kata “permainan,” “PR,” atau “pelajaran sekolah.” Sekolah adalah masa tanpa beban, menyenangkan. Apalagi “permainan” dari Allah. Ini lebih asyik lagi.

Sebelum ini aku selalu mengganti kata “pejuang kanker” dengan “penerima anugerah kanker.” Ternyata menurut dr. Hanson dari Hanara, bagi banyak orang kata-kata itu juga melemahkan. Mungkin tak semua orang bisa secara lansung menghubungkan “kanker” dengan “anugerah.” Beliau menggantinya dengan “penerima kurikulum kanker.” Menarik. Yang terbayang adalah juga universitas, masa-masa di mana kita mengejar nilai dan memilih kurikulum paling asyik untuk dipilih atau membayar kurikulum wajib fakultas. Kadang bisa memilih, kadang tak bisa. Tapi semua tetap menyenangkan.

Jadi jangan lagi mengatakan “problem” atau “masalah.” Gantilah dengan kata yang lebih memberdayakan, menyenangkan. Dan dengan demikian, lebih membuka banyak peluang ke depan, dengan terbukanya kreatifitas otak kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: