Tips travelling sehat

  
Kiriman dari Mbak Andri di Surabaya, untuk semua teman yang sedang mempersiapkan liburan anak-anak. Mbak Andri mendapatkannya dari Mbak Eka Kuntartie.

🌹🌻🌹🌻🌹🌻

Selamat pagi semuanya.

Assalamualaikum wr wb. Salam sehat, ceria dan bahagia dari Surabaya.

Jalan-jalan dengan tetap menjaga komitmen kita pada pola hidup sehat? 

Why not! 

Ini benda-benda yang mendukung perawatan tubuh, wajah, kulit dan rambut selama saya travelling. 

Pendatang barunya adalah kemasan ‘On the Run‘ yang berisi campuran bahan-bahan natural berupa VCO, baking soda, sea salt, dll. Dapat digunakan sebagai pasta gigi, sabun mandi, pembersih wajah dan pembersih rambut. Hanya saya kurang sreg untuk rambut, karena ada kandungan Vco di dalamnya, membuat rambut agak oily. 

Lainnya adalah: natural baking soda, raw honey, himalayan salt, VCO organik, kopi organik untuk enema beserta perlengkapannya dan beberapa buah jeruk nipis. 

Untuk apa saja bawaan saya tersebut? Selain ‘on the run’ yang sudah saya jelaskan.

🌻**Kombinasi baking soda-jeruk nipis untuk rambut. BS dicairkan dengan tambahan air. Usap ke kulit kepala, gosok-gosok seperti mencuci rambut biasa, diamkan 1-2 menit, bilas dengan air. Untuk pelembut, sehari-hari saya biasa menggunakan water kefir. Sebagai penggantinya, selama travelling ini saya gunakan perasan 1-2 jeruk nipis dengan tambahan air. Bisa juga dengan cuka apel (ACV), hanya ada resiko tumpah selama di perjalanan. Baunya agak asam.

🌻**Campuran VCO dan raw honey bisa digunakan sebagai night cream dan lipbalm, juga pengganti lotion. Terutama jika bepergian ke daerah dingin, kulit butuh pelembab lebih banyak. Saya juga membawa natural lotion favorit made in Bali (beli di salah 1 vegan and raw restaurant). 

🌻**Jeruk nipis, madu dan garam Himalaya 

Semua bisa menjadi ‘vitamin’ atau booster ketika kondisi sedang drop. Misalnya: jeruk nipis dan madu, garam dan jeruk nipis, madu dan garam.

🌻**VCO untuk oil pulling.

Saat bepergian, seringkali jumlah minum jauh di bawah jumlah normal harian. Terlebih jika pergi ke daerah musim dingin.

Kurang minum dan kelelahan fisik kerap muncul dalam bentuk rasa kering di mulut, bibir, bahkan bisa menimbulkan sariawan-sariawan kecil. Oil pulling sangat membantu mengurangi keluhan ini. Bahkan bagi saya, rasa kering di mulut jadi sama sekali tidak ada. 

Oil pulling: berkumur dengan VCO selama 15 menit sebelum sikat gigi.

🌻**Enema, alias cuci colon dengan menggunakan cairan kopi adalah hal yang sangat membantu saat travelling. Terutama untuk mereka yang mudah mabuk perjalanan, cepat merasa lelah, juga seketika bisa menghilangkan pegal-pegal. Bahkan, jika kondisi penginapan tidak memungkinkan untuk memasak kopi, bisa melakukan water enema: membersihkan colon dengan air putih saja. 

Jika daerah yang dituju memungkinkan kita membeli lemon/jeruk nipis, VCO, garam Himalaya salt, dan madu asli tentunya tidak perlu repot-repot membawa dari rumah. 
Tidak juga harus terlalu kaku, jika sulit membawa 1-2 benda-benda penunjang ini, ya tidak apa-apa juga.. Minimal membawa VCO/EVOO (untuk oil pulling), salt, enema kit (bagi yang sudah terbiasa) dan kemasan “on the run”. 

Repot? 

Sama sekali gak tuh.. 

Yang terbiasa bepergian, pasti juga sudah biasa membawa kosmetik dan aneka produk perawatan kulit+rambut dalam kemasan-kemasan kecil. Ini pun demikian. Baking soda, VCO, madu asli dan garam Himalaya, saya tempatkan dalam wadah-wadah imut. Peralatan enema dalam 1 tas kecil khusus. Lemon/jeruk nipis dalam wadah plastik, atau dibungkus bubble wrap. 
Dengan berusaha komit pada pola hidup baik yang telah dilakukan sehari2, usai liburan tidak lagi terasa kelelahan fisik yang parah.. 

Selamat jalan-jalan! 
Wassalamualaikum wr wb

πŸ’πŸ‘πŸŒΆπŸ…πŸ’πŸ‘πŸŒΆπŸ…

Tidak sulit kan, teman-teman? kita praktekkan yuk. Saya sendiri di dalam tas selalu siap garam Himalaya, stevia, bubuk kunyit, bumbu rosemary dan parsley, serta satu kantong essential oils. Semua sangat bermanfaat.

Selamat mencoba.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s