Keberhasilan kita ditentukan siapa saja teman kita bergaul

IMG_1141
Seorang teman bercerita bahwa kemarin malam ia melihat ada lexus hitam yang meluncur dengan kecepatan 160km/jam. Dan teman saya pun terinspirasi untuk ikut meluncur dengan kecepatan yang sama.

Sebelumnya ia belum pernah meluncur dengan kecepatan ini. Tapi melihat si Lexus hitam sukses meluncur dengan sangat baik dan sopan ia pun merasa perlu belajar dan ternyata ia bisa. 

Saat si Lexus tak lagi terlihat ia pun mengurangi kecepatannya dan menghela nafas lega. “Ternyata bisa juga, ya,” serunya dalam hati.

Setiap orang akan menjadi seperti orang yang ada di dekatnya atau sering berinteraksi dengannya, kata Rasulullah. Teman tadi pun mengingatkan bahwa Robert Kiyosaki mengatakan bahwa hal tersebut berlaku pula dalam hal kekayaan. Saat kita banyak bergaul dengan mereka yang berani mengambil tantangan dan akhirnya sukses dalam bisnis, insya Allah kita akan mengikuti sikap tersebut.

Ternyata dalam otak kita memang ada syaraf peniru, yang akan mempelajari apapun yang dilihat, didengar dan menciptakannya dalam tubuh kita sendiri. Mungkin ini pula dasar dari sistem apprenticeship yang digunakan para kader pemimpin Jepang. Mereka rela melakukan apa saja, bahkan mau menjadi jongos boss, asal mereka selalu berdekatan dengan pimpinannya, dalam rangka belajar menjadi pemimpin.

Menarik.

Jadi, marilah kita banyak bergaul dengan mereka yang sudah meraih apa yang ingin kita raih. Banyak amati bagaimana mereka meraih impian tersebut. Cari sparring partner dan sahabat yang bisa kita teladani dan menginspirasi seperti si Lexus hitam bagi teman saya di atas.

Jangan malah iri dengan keberhasilan orang lain. Berbahagialah untuk mereka dan banyak-banyak bergaul dengan mereka. Dekatkan energi keberhasilan.

Dan jangan segan-segan kita pun membantu mereka yang ingin sukses dan meneladani kita. Jadilah inspirasi bagi orang lain. Jadilah si Lexus hitam yang membuat orang lain berani keluar dari zona nyaman. Sikap ingin belajar dan mau mencari teladan tak pernah salah. Siapa tahu malah kita yang belajar dari mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s