Tiga saringan sebelum share atau berbagi kabar

wpid-img_20141017_075943.jpg
MENJAUHKAN ANAK DARI GHIBAH
Di sebuah lingkungan kecil ada seorang gadis kecil yang bernama Habibah berlari memasuki rumah. “Mah, Mah, ada yang sudah tak sabar ingin aku ceritakan kepada Mamah..”

“Tunggu sebentar,” sela Mamahnya dengan senyum bijak. “Apa pun yang mau Bibah ceritakan kepada mamah, sudah Bibah saring dengan tiga ayakan?”

“Tiga ayakan?” tanya Bibah bingung.
“Iya, sayang. Tiga ayakan! Mari kita lihat apakah cerita Bibah akan melewati tiga ayakan itu. Ayakan pertama adalah kebenaran. Apa Bibah sudah pikirkan yang ingin Bibah ceritakan merupakan kebenaran?”
“Yah,” kata Bibah ragu-ragu. “Aku mendengarnya dari orang lain, jadi aku tidak terlalu yakin..”

“Baik,” kata Mamahnya. “Itu jawaban jujur. Kalau begitu mari kita coba menyaringnya dengan ayakan kedua. Ini ayakan kebaikan.. karena apa yang mau Bibah ceritakan kepada Mamah belum tentu mengandung kebenaran. Apakah setidaknya hal itu memiliki kebaikan?”

Bibah Menundukan matanya. “Yah, tidak,” akunya. “Tidak juga. Malah sebaliknya.”
“Nah,” lanjut Mamahnya yang bijaksana itu, “kalau begitu akan kita gunakan ayakan ketiga, untuk melihat apa yang mau Bibah ceritakan ke mamah. Walaupun tidak benar ataupun baik setidaknya perlu?”
“Yah, tidak benar-benar perlu..” Bibah terdiam dan berpikir.

“Kalau begitu,” kata Mamahnya, memeluk Bibah dengan maklum, “Karena apa yang akan Bibah ceritakan kepada Mamah tidak benar, baik ataupun perlu, Mamah sarankan kita menguburnya dalam-dalam di tanah pelupaan, tempat kita biasa melupakan hal-hal yang biasa kita ingin lupakan, tempat cerita itu takkan pernah lagi menyakiti hati siapa pun.”

Mari ajarkan anak-anak kita untuk menghargai perasaan orang lain, menjaga perilaku dan sikapnya agar kelak tidak merugikan orang lain.

Kiriman Willy MS

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s