Berjuanglah dengan landasan ikhlas dan syukur, bukan kecemasan. Berjuang hanya untukNya, bukan manusia

wpid-mtf_icfpg_909.jpg
Kemarin seperti biasa aku latihan qi bersama di komunitas hanara. Saya pun mengadukan gatal-gatal di telapak tangan dan sela jariku. Gatal-gatal ini muncul saat aku di Jepang beberapa minggu lalu. Sebelumnya saat aku mengalami detox saat mulai mencoba enema pernah gatal ini muncul, dan reda sejalan dengan rutin nya aku lakukan enema.
Nah ini kok muncul lagi. Apa yang sedang didetox? 

Ternyata kata dr. Hanson ini adalah dampak kecemasan. Oh.. Mendetox kecemasan? cemas apakah? mungkinkah ini akibat gonjang ganjing review klinik dan pusat riset anti kanker C Care?
Memang saat aku sedang ada di Jepang gonjang-ganjing ini muncul. Klinik C Care digugat dan harus ditutup. Setelah pertemuan dengan Balitbangkes diputuskan akan ada masa 30 hari review untuk menentukan nasib klinik ini selanjutnya.

Kalau sampai hasil review memutuskan untuk tidak mengizinkan klinik ini dibuka, bagaimana nasib pasien-pasien kanker? apalagi yang sudah dianggap tak punya harapan oleh dokter. Apa yang harus saya katakan pada mereka?
Saya sampaikan hal tersebut pada dr. Hanson. Setelah memeriksa nadiku Dr. Hanson mendeteksi ada 3 hal utama yang aku cemaskan. Setelah melakukan tes kinesiologi, ternyata benar, isu ini adalah sumber kecemasanku. Dan ada berbagai hal yang terkait isu ini yang menggangguku. 

Setelah kurenungkan, sesungguhnya bagi diriku sendiri aku tak terlalu cemas atau khawatir, apalagi sampai menciptakan beban dan tekanan pada diriku. Tidak sama sekali.

Aku pribadi sudah merasa sehat. Aku ke C CARE hanya untuk cek rutin. Seandainya.. Seandainya C care sampai tidak ada aku masih bisa ke klinik di Jepang yang memberikan layanan seperti di C Care.

Aku cemas karena aku berempati pada pasien-pasien lain yang tak lagi punya harapan, yang tak punya uang pergi ke Jepang.

Bagaimana nasib mereka? Rupanya itulah yang mencemaskanku.

Dr. Hanson mengatakan, itulah resiko seseorang yang punya missi hidup “mengurus orang lain.” Tingkat ikhlas nya harus lebih tinggi dari tingkat ikhlas orang lain. Tantangan dan ujiannya akan jauh lebih besar daripada orang-orang lain.
Ikhlas, seikhlas Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Semua datang dari Allah dan akan kembali ke Allah. 

Termasuk gonjang ganjing ini. Ini hanya ujian.

Serahkan semua kepada Allah

Ikhlas karena gonjang ganjing ini semua datang dari Allah dan akan kembali padaNya.

Terimalah

Terima semua ketentuanNya karena Allah hanya menentukan yang terbaik. Jangan berani-berani membandingkan apalagi mengecilkan ketentuanNya.

Terimalah bahwa klinik ini harus digugat. Pasti ada sesuatu kebaikan di baliknya.

Syukuri semuanya.

Syukuri fakta bahwa ada gugatan ini. Syukuri saja dulu karena memang semua harus disyukuri. Pasti ada maksud Allah untuk kita di baliknya.

IMG_1608

Senyum.

Kirim senyum dan syukur pada semua anggota tubuh. Katakan bahwa gugatan ini mengandung kebaikan. Ucapkan terima kasih pada semua anggota tubuh yang mendampingi kita menghadapi ujian ini.

Kirim senyum dan syukur pada semua yang kita sayangi dan mendampingi kita menghadapi ujian ini.

Juga pada semua yang menyebabkan gonjang ganjing ini ada. Merekalah alat Allah dalam memberikan pelajaran yang sangat berharga dalam sekolah hidupNya bagi kita. Tanpa mereka kita tak punya kesempatan belajar sebanyak ini.

Alhamdulillah untuk semuanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s