Korban kekerasan, pemerkosaan, eksploitasi, pasien kanker yang berhasil bangkit dan sukses menginspirasi dunia

 

 
Namanya Louise Hay. Louise lahir di Los Angeles tahun 1926 di keluarga yang miskin dan bisa dibilang berantakan. Ibunya bercerai dengan ayahnya, dan kembali menikah dengannya. Ayahnya sangat keras dan Louise pun sering menjadi korban kekerasan rumah tangga, selain menyaksikan ibunya disiksa.

Di usia 5 tahun Louise diperkosa tetangganya. Di usia 15 tahun Louise putus sekolah dan hamil. Di usia 16 tahun Louise melahirkan bayinya dan menyerahkannya kepada orang lain untuk diadopsi karena ia tak merasa bisa membesarkan bayinya.

Setelah itu ia pindah ke Chicago dan mendapat pekerjaan kasar. Di usia 24 tahun ia pindah ke New York, mengganti namanya dan berhasil menjadi seorang model. Louise berhasil membangun karir yang baik sebagai model dan menikah dengan seorang pengusaha Inggris.

Di usia perkawinan keempat belas suaminya meninggalkannya seorang diri, menikah dengan perempuan lain. Louise pun mulai aktif belajar mengenai meditasi dan kekuatan pikiran untuk menyembuhkan selain mengubah nasib dan kondisi seseorang.

Louise pun mulai mengajarkan ilmunya mengenai afirmasi dan pikiran positif untuk menyembuhkan penyakit. Ia pun mulai aktif memimpin berbagai workshop.

Di tahun 1977, di usia 51 Louise didiagnosa kanker serviks yang kata dokter “tak dapat disembuhkan.” Louise mengakui bahwa masa lalunya yang kelam membawa banyak sekali trauma. Pikirannya banyak menolak kenyataan yang pernah dialaminya, dan penolakan-penolakan itulah yang mewujudkan tekanan pada sel dan menumbuhkan sel kanker dalam tubuhnya. Louise menolak pengobatan konvensional dan mulai menjalani terapi memaafkan, nutrisi, refleksologi dan enema untuk membersihkan usus.

 

Pada tahun 1976, Louise mulai menulis buku pertamanya, Heal Your Body (Sembuhkan Tubuhmu). Buku ini menjelaskan berbagai penyakit terkait dengan jenis pikiran negatif yang terkait dengan berbagai penyakit tersebut. Buku ini awalnya berbentuk pamflet dan kemudian dilengkapi dan dan diperbesar menjadi buku You Can Heal Your Life (Sembuhkan Hidupmu). Buku yang diluncurkan pada tahun 1984 ini berhasil menjadi salah satu buku terlaku versi New York Times. Lebih dari 50 juta buku terjual di berbagai negara, diterjemahkan ke lebih dari 30 bahasa. Buku ini bahkan sukses menjadi sebuah film. Di tahun 2011 Louise juga meluncurkan buku You Can Create An Exceptional Life.

Hay kemudian mendedikasikan diri membantu pasien-pasien HIV AIDS. Aktivitasnya bersama pasien AIDS menarik Oprah untuk mengundangnya menjadi salah satu nara sumber dalam talkshow nya.

Pada tahun 1984 Louise mendirikan penerbitan Hay House dan menerbitkan berbagai buku dari guru-guru self healing antara lain Deepak Chopra, Doreen Virtue, dan Wayne Dyer. Selain aktif menerbitkan buku Louise juga mendirikan sebuah organisasi sosial, Hay Foundation.

Inspirasiku

Aku pertama kali mengetahui kisah hidup Louise dari pelatihan MBP training oleh Mbak Auk Murat. Louise menjadi salah satu sumber inspirasiku sembuh dari kanker dengan cara self healing, afirmasi dan berfikir positif. Louise terus menjadi inspirasiku sebagai penulis, penerbit dan pengajar yang sangat menginspirasi, kreatif dan produktif.

Jadi sahabatku,

Pernah diperkosa, lahir di keluarga yang berantakan, pernah diekspolitasi, miskin, atau didiagnosa kanker? Wah, siapa tahu itu semua jalan dari Allah untuk menjadi seorang guru, penulis, pengajar, dan penerbit buku hebat seperti Louise Hay.

Bismillah.. jangan pernah putus harapan. Semua bencana adalah karunia kalau kita bisa mensyukurinya dan memanfaatkan pengalaman yang didapat selama menjalaninya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s