Justru karena ia buta ia menginspirasi banyak orang sedunia

  
Helen dan Anne Sulivan berlibur di Cape Cod

Namanya Helen Adams Keller, lahir tahun 1880 di Alabama, Amerika Serikat. Helen lahir sebagai bayi yang normal, namun pada umur 19 bulan ia sakit yang menyebabkannya tuli dan buta.

Saat itu Helen hanya bisa bermain dan berkomunikasi dengan Martha Washington, putri dari koki di rumahnya, yang bisa memahami kode tangannya. Di usia tujuh tahun Helen sudah memiliki 60 bahasa kode tangan untuk komunikasi dengan keluarganya.

Pendidikan Helen Keller

Pada tahun 1886, ibu Helen terinspirasi oleh Laura Bridgman, seorang buta dan tuli yang berpendidikan dan sukses dalam hidupnya. Melalui Alexander Graham Bell yang juga banyak mengajar anak-anak tuli, Helen mendapat seorang guru privat, Anne Sullivan, yang juga memiliki masalah penglihatan. Inilah awal dari hubungan mentor-mentee yang sangat akrab dan memberdayakan Helen menjadi siapa yang kini kita kenal.

Anne mulai mengajar Helen dengan mengeja huruf di tangannya. Awalnya Helen merasa frustasi karena ia tak tahu bahwa setiap benda ada namanya. Saking frustasinya ia memecahkan gelas yang dipegang Anne saat Anne mengeja huruf gelas di tangan Anne.
Dalam sebulan ia mulai memahami apa yang diajarkan Anne dan meminta Anne mengajarkan nama semua benda di sekitarnya.

Pada tahun 1894, Helen Keller dan Anne Sullivan pindah ke New York untuk belajar di Wright-Humason School for the Deaf, dan untuk belajar dari Sarah Fuller di Horace Mann School for the Deaf.

Tahun 1896 mereka kembali ke Massachusetts, di mana Helen belajar di Cambridge School for Young Ladies dan kemudian Radcliffe College.

Mark Twain, penulis yang sangat mengagumi Helen memperkenalkannya pada
Henry Huttleston Rogers, seorang milyuner dari Standard Oil yang bersama istrinya, Abie, kemudian membiayai sekolah Helen.

Tahun 1904, di usia 24, Helen lulus dari Radcliffe, sebagai orang buta tuli pertama yang mendapat ijazah dan gelar Bachelor of Arts degree.

Agar bisa berkomunikasi Helen belajar berbicara dan mulai menjadi pembicara si berbagai universitas dan forum.

Helen juga mulai belajar “mendengar” dengan menyentuhkan tangannya pada bibir orang lain. Ia juga makin pandai menggunakan braille dan bahasa tangan. Ia menjadi sangat sensitif dan peka. Hanya dengan menyentuh meja ia dapat menikmati musik yang sedang dimainkan di dekatnya.

Menjadi aktivis dan politisi

  

Pada tahun 1915 bersama George Kessler Helen mendirikan Helen Keller International (HKI) untuk melakukan riset dalam bidang kesehatan penglihatan, pendengaran dan nutrisi. Tahun 1920 ia membantu berdirinya American Civil Liberties Union (ACLU). Bersama Anne ia mengunjungi 40 negara, termasuk Jepang yang dikunjunginya berkali-kali.

Helen bertemu dengan semua presiden Amerika saat itu, dari Grover Cleveland sampai Lyndon B. Johnson. Ia bersahabat dengan banyak tokoh seperti Alexander Graham Bell, Charlie Chaplin dan Mark Twain. 

Dalam penelitiannya ia banyak menemukan kasus kebutaan akibat prostitusi dan sistem sosial industri yang rusak. Ia pun aktif dalam partai sosial untuk berjuang mencegah kebutaan akibat rusaknya sistem sosial saat itu.

Selain aktif sebagai pembicara dan aktivis partai politik Helen juga sangat produktif menulis buku perjalanan hidupnya dan kepercayaannya. Beberapa buku hasil karyanya antara lain The Story of My Life (1903), The World I Live In (1908), Out of the Dark (1913) dan My Religion (1927) yang diterbitkan kembali dengan judul Light in My Darkness (1994).

Akhir hidupnya

Pada tahun 1964 President Lyndon B. Johnson menganugerahkan penghargaan the Presidential Medal of Freedom, salah satu penghargaan tertinggi bagi warga negara Amerika Serikat. Di tahun 1965 Helen juga dipilih untuk masuk dalam National Women’s Hall of Fame di New York World’s Fair.

Helen mendedikasikan akhir hidupnya untuk mengumpulkan dana untuk  American Foundation for the Blind. Ia meninggal dalam tidurnya tanggal 1 Juni 1968.

  

“Anne Sullivan – Helen Keller Memorial”—di Tewksbury, Massachusetts

Kisah Helen Keller dikisahkan kembali dalam berbagai film dan drama antara lain;

  • Film bisu Deliverance (1919)
  • Helen Keller in Her Story, narrated by Katharine Cornell, and 
  • The Story of Helen Keller, bagian dari  Famous Americans series oleh Hearst Entertainment.
  • The Miracle Worker – drama yang diproduksi kembali sebagai Broadway production (1959), film pemenang Oscar (1962) dibintangi Anne Bancroft dan Patty Duke dan direproduksi untuk film TV tahun  1979 and 2000.
  • Miracle Continues, semi sequel The Miracle Worker
  • Black (2005), film Bolywood
  • Shining Soul: Helen Keller’s Spiritual Life and Legacy oleh Swedenborg Foundation

Helen Keller banyak menginspirasiku di masa-masa sulitku. Suatu hari saat aku masih ada di tengah badai berbagai tantangan hidup, aku melihat seorang buta masuk dalam T (kereta di Boston). Aku berfikir Allah sungguh tidak adil, kasihan ibu buta ini, fikirku. Tapi aku ingat lagi, Allah tidak pernah tidak adil. Pasti ada sesuatu kelebihan yang diberikan padanya. Saat itulah aku ingat Helen Keller. Ya, justru karena Helen buta ia bisa menginspirasi dunia. Artinya aku harus menemukan kesempatan apa terbuka di depan mataku, justru karena aku diberi bencana oleh Allah. Dan bencana pun menjadi pintu kesempatan mengejar impian.

Saat aku didiagnosa kanker pun aku ingat Helen dalam sujudku. Alhamdulillah aku punya mata dan pendengaran yang baik. Kanker ku adalah jalan untuk mencapai impianku untuk bisa menjadi tanganNya menjadi rahmat bagi semesta.

Terima kasih, Helen.

🌿🌻💗🌿🌻💗

Jadi sahabat, kesempatan apa yang terbuka di depan mata, justru karena kelemahan, kekurangan, bencana atau musibah yang sedang melanda?

Sumber: Helen Keller

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s