Mengenal dan Belajar mengenai Kebudayaan dan Kehidupan Jepang lebih Jauh

Di awal Desember 2015 ini saya diundang pemerintah Fukuoka dan Fukuoka Financial Group untuk menikmati wisata halal Kyushu (#KyushuHalalTour). Saya dan teman-teman delegasi lain diminta untuk memberikan masukan mengenai fasilitas halal bagi pemerintah Fukuoka. Tujuannya adalah agar wisatawan Muslim dapat merasa nyaman dan aman di Fukuoka.

Fukuoka, Kyushu.. Sebuah lokasi yang indah di Jepang, pulau ketiga terbesar di Jepang, dimana banyak orang ingin dapat berkunjung untuk melihat dan menikmati kehidupan dan budayanya. Banyak pegunungan dan Hot Springs bertebaran seperti juga layaknya banyak hal indah yang dapat dipelajari dan dinikmati di Kyushu ini.

Namun ada sebuah kebingungan disini, yaitu untuk menemukan makanan yang halal. Disinilah saya sebagai seorang muslim, dapat mengerti dan merasakan bagaimana sulitnya cara untuk mendapatkan makanan yang sehat dan halal. Oleh karena itu perkembangan market dan makanan halal menjadi sebuah kebutuhan penting untuk disosialisasikan bagi para muslim di Jepang. Sehingga kebutuhan untuk memakan makanan halal bukan menjadi masalah lagi di Jepang.

Kekhawatiran ini merupakan sebuah peluang dan dorongan bagi saya untuk melakukan hal yang Insya Allah sangat bermanfaat bagi para muslim di Jepang. Oleh karena itu saya mempersiapkan mengenai halal tourism di Fukuoka bersama para Goverments nya dan membuat hashtag #kyushuhalaltour. Dimana dalam perjalanan saya ini saya melakukan aktivitas-aktivitas, dimana antara lain membahas diversifikasi pangan, hidup sehat dengan pola makan harapan.

Seperti foto – foto dibawah inilah aktivitas yang saya lakukan selama berada di Kyushu, Jepang

With Furue-San (FFG), Nobukawa-San, Margaret-San from Tourism & Regional Product Promotion Division #KyushuHalalTour

a

#KyushuHalalTour group at Fukuoka Financial Group’s dining room. Let’s have lunch and enjoy the view.#halal lunch

b

Hari ini Kantor Fukuoka Financial Group menyediakan makanan #halal dari Indonesia. #KyushuHalalTour
Mie goreng yuk.

Pemandangan indah dari ruang makan.#KyushuHalalTour

f

 

Perjalanan singkat namun penuh arti bagi saya selama berada di Kyushu, Jepang ini kembali membangkitkan sisi kebudayaan dan gairah saya untuk mengenal lebih dalam arti dalam kehidupan kita yang sebentar ini, untuk berbuat dan melakukan apa yang bisa kita lakukan serta bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun sesama manusia.

Saya mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman berharga dengan bertemu teman-teman di Jepang. Untuk lebih dalamnya bisa visit di https://indiraabidin.com/2015/11/30/dakwah-bukan-sok-tahu-tapi-untuk-mencari-berkah/

 

Terimakasih atas kesediaan anda untuk membaca artikel ini.

Ketulusan, kejujuran dan berbagi hal bermanfaat merupakan sebagian hal yang sebaiknya terus kita lakukan dan tingkatkan untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi dari hari ke harinya.

Selalu semangat, bersyukur dan jangan pernah sia-siakan waktu di dunia yang sangat singkat ini, pergunakan untuk hal-hal kecil maupun besar namun berarti. Jangan lupa juga untuk berdoa dan berusaha, karena kebahagiaan akan selalu mengiringi jalan kita kearah kesuksesan dan keselamatan dunia maupun akhirat. Jangan pernah takut, karena Allah selalu menemani dan membimbing langkah kita kemanapun dan dimanapun kita berada, Allah selalu ada di hati kita kawan.

 

Cheers and smile, with love🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s