Hati-hati dengan panggilan, karena ada adab dan perintah di baliknya.

    
Panggil-memanggil adalah aktivitas yang tidak pernah ditinggalkan oleh manusia sebagai makhluk sosial. Dan Islam telah mengajarkan adab-adab dalam menjalankan aktivitas ini. Panggilan, baik yang diperbolehkan maupun yang tidak telah dijelaskan dalam Islam. Seperti apa detailnya? Mari kita simak adab memanggil di bawah ini :

🌻 Sunnah Memanggil dengan Nama Baik

Nama merupakan sebutan atau panggilan yang lebih banyak dipakai untuk memanggil, disamping laqab (julukan) atau lainnya. Agar seorang memperoleh sebutan yang baik, maka namanya pun harus baik. Oleh karena itu, memberi nama yang baik disunnahkan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) bersabda:

”Sesungguhnya kalian dipanggil di hari kiamat dengan nama-nama kalian dan nama bapak-bapak kalian. Maka perindahlah nama-nama kalian.” (Riwayat Abu Dawud).

Tidak Memanggil dengan Julukan yang Dibenci

Imam An-Nawawi menyebutkan bahwa para ulama telah sepakat bahwa dilarang memberi julukan buruk kepada pihak lain. Julukan “si buta”, “si pincang” atau julukan lainnya yang tidak disukai, tidak boleh disematkan kapada pihak lain.

🌻 Tidak Memanggil Orangtua atau Guru Hanya dengan Nama

Diriwayatkan oleh Ibnu Sunni bahwa Rasulullah SAW pernah bertanya kepada seorang anak laki-laki, ”Siapa ini?” dia menjawab, ”Ayah saya.” Beliau bersabda, ”Janganlah engkau berjalan di depannya. Jangan pula melakukan perbuatan yang bisa membuat ia mencelamu. Dan jangan pula duduk sebelum ia duduk terlebih dahulu. Serta jangan pula memanggilnya dengan namanya (saja).”

Dari hadits di atas, Imam An-Nawawi menyimpulkan bahwa anak atau murid, tidak boleh memanggil orangtuanya atau gurunya hanya dengan nama mereka.

🌻 Memanggil Orang Tak Dikenal dengan Panggilan yang Baik

Walau tidak mengenal nama asli pihak lain, seseorang masih dibolehkan memanggil dengan panggilan selain namanya. Tentu, ini boleh dilakukan dengan syarat bahwa panggilan yang digunakan adalah panggilan yang baik. Ibnu Sunni meriwayatkan, tatkala Rasulullah SAW tidak kenal dengan seseorang maka beliau memanggilnya dengan sebutan “Wahai Ibnu Abdillah.” Maknanya, ”Wahai anak hamba Allah.”

🌻 Jangan Panggil-Memanggil Dengan Panggilan Buruk

“Dan janganlah kalian panggil-memanggil dengan gelar-gelar buruk.” Al Hujurat 11

Selama ini, mungkin yang satu itu sering anda sepelekan, tapi itu sama sekali tidak sepele! Hal ini adalah perintah langsung, bersifat wajib, haram bila dilanggar. Melanggar hal itu, sama saja seperti makan babi wal-wel.

Sebelumnya sudah kita bahas sedikit sebagai ilustrasi. Sekarang kita tuntaskan saja. Segala amalan sunnah yang menurut anda luhur dan indah, seperti melantun Quraan dengan suara merdu,… itu tidak sepenting menjalankan perintah di atas (yang sifatnya wajib). Ingat, wajib vs sunnah, tentu lebih prioritas yang wajib bukan?

Anda panggil seseorang ‘Pesek’, ‘Jenong’, atau ‘Anak bandel yang suka merepotkan orang tua’. Okelah, yang dipanggil tidak tersinggung. Masalahnya bukan di situ. Masalahnya: anda sudah kualat berani melanggar larangan Allah, sedang Allah itu amat cepat perhitungannya!

Biarpun dibilang pesek juga si Jo tidak tersinggung, dan seribu teman memanggil dia ‘Jo Pesek’,… kalau anda benar-benar menjaga, teguh senantiasa memanggil si Jo dengan panggilan yang baik-baik saja, lain tidak,… Wow! Itulah keluhuran budi. Dan kepada orang yang sebaik itu, tentu Allah akan melimpahkan kasih sayang yang lebih, tidak cuma di akhirat, tapi bisa saat ini juga dalam waktu cepat. Dia Maha Kuasa.

Ini sepertinya mudah, tapi tidak mudah. Selain perlu dibiasakan sehingga menjadi refleks di alam bawah sadar kita, hal ini juga butuh ilmu pengetahuan dan kearifan. Kadang, perlu juga keberanian melawan arus.

Diadaptasi dari artikel kiriman Rozmita Dewi Yuniarti di group Al Maarij.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s