Skip to content
Advertisements

Manfaatkan hujan semaksimal mungkin yuk. Banyak keberkahan Allah turunkan bersama hujan

  
Alhamdulillah hujan turun semalam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam saat turun hujan mengucapkan, “Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah jadikanlah hujan ini sebagi hujan yang bermanfaat].

Yuk kita simak beberapa manfaat air hujan yang perlu kita perhatikan.

💧 Menghilangkan bau amis 

Kalau kita habis makan ikan atau daging, seringkali tangan kita masih bau walaupun sudah dicuci dengan sabun. Cobalah cuci tangan yang bau ikan dengan air hujan.
Manfaat air hujan untuk kesehatan

💧 Menghilangkan toksin/racun pada tubuh.

Larutkan garam dengan air hujan segar, kemudian rendam telapak kaki kita selama ± 15 menit. Lakukan secara rutin. Air hujan harus langsung ditampung tanpa melewati genteng melalui talang.

💧 Menyuburkan tanaman

Manfaat air hujan untuk tanaman lebih baik daripada kita menyiramnya denga air tanah biasa.

“Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuhan-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan Kami keluarkan pula zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan (perhatikan pula) kematangannya. Sesungguhnya, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. Al An’aam [6]: 99

Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya, Kamilah yang mencurahkan air yang melimpah (dari langit), kemudian kami belah bumi dengan sebaik-baiknya, lalu disana kami tumbuhkan biji-bijian, dan anggur dan ‘sayur-sayuran’ dan zaitun dan pohon kurma, dan kebun-kebun yang rindang, dan buah-buahan serta rerumputan, (semua itu) untuk kesenanganmu dan untuk hewan-hewan ternakmu. ‘Abasa : 24-32

💧 Meningkatkan kecerdasan motorik anak

Bermain hujan dapat meningkatkan kecerdasan motorik anak. Merasakan berbagai ornamen alam dan air yang jatuh ke tubuhnya memperkaya pengalaman anak.

Apabila dilakukan bersama dengan anak lain hal ini akan turut meningkatkan kecerdasan sosial. Semua anak bersama-sama menikmati sensasi yang tak setiap hari dapat dinikmatinya.

💧 Kesempatan mengajarkan fenomena alam yang Allah ceritakan dalam Quran kepada anak

Ada banyak fakta sains terkait hujan yang Allah ajarkan dalam Quran, antara lain sirkulasi air.

Hal ini sangat baik untuk memperkaya khazanah pengetahuan anak, dan mebangun keterkaitan antara sains yang dipelajari di sekolah, fenomena alam yang dialaminya, dan firman Allah dalam Quran dalam jiwa dan benak anak.

💧 Mengajarkan doa hujan untuk anak

Gunakan kesempatan hujan untuk bersama-sama berdoa, karena hujan adalah saat di mana doa dikabulkan.

Jangan pernah mencela hujan atau mengatakan hal apapun di luar syukur terhadap hujan. Memang ada resiko banjir, berdoalah untuk dilindungi dari banjir, tapi jangan pernah katakan hal buruk terhadap hujan.
Selamat menikmati datangnya hujan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: