Hari Tasyrik: untuk makan, minum, bergaul dengan istri serta dzikir.

  
Hari Tasyrik

Hari Tasyrik adalah tiga hari setelah Hari Raya Iedul Adha, tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Asal kata “tasyrik” dalam bahasa Arab artinya “menjemur” karena dulu di tiga hari ini orang sibuk menjemur daging-daging qurban yang surplus dan harus diawetkan. Pada hari-hari itu jamaah haji berada di Mina untuk melontar jamrah dan mabit. Pada hari-hari ini umat Islam masih diperbolehkan melakukan penyembelihan hewan Qurban.

Berkaitan dengan hari Tasyrīq, Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam mengatakan:

“Hari-hari Tasyrīq adalah hari-hari untuk makan dan minum dan banyak-banyak mengingat Allāh Subhānahu wa Ta’āla.” 
(HR. Muslim, dari shahābat Nubaisyah Al-Hudzali radhiyallāhu ‘anhu).

Oleh karenanya di hari-hari ini (tanggal 11, 12 dan 13) seorang Muslim dilarang untuk berpuasa, dilarang untuk mengerjakan puasa sunnah.

Dan siapa yang nekat mengerjakan puasa sunnah di tiga hari ini maka puasanya adalah puasa yang tidak sah, tidak bermanfaat dan tidak ada nilainya karena melakukan ibadah yang dilarang olah Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam.

Namun hari-hari ini adalah hari-hari yang Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam katakan sebagai hari dzikrin (banyak-banyak mengingat Allāh Subhānahu wa Ta’āla).

Maka di hari-hari ini hendaknya kita isi dengan memperbanyak kegiatan berdzikir (mengingat) Allāh Subhānahu wa Ta’āla dengan ucapan (kalimat-kalimat) takbir, termasuk kalimat takbir yang kita pakai ketika kita menyembelih hewan qurban.

Ketika kita menyembelih hewan qurban dan waktu pelaksanaannya sampai akhir hari Tasyrīq dituntunkan kita untuk mengucapkan:
🌹”Bismillāh
Dan dilanjutkan dengan ucapan
🌹”Allāhu Akbar”

Doa yang sangat dianjurkan adalah doa sapu jagat:

“Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berdzikirlah (dengan menyebut) Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar” [Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka].” (QS. Al Baqarah: 200-201).

Doa ini pula yang paling banyak dibaca Rasulullah saw.

“Doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam “Allahumma Robbana atina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar” [Wahai Allah, Rab kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka].”
Jadi sahabat blog,

Amalan Hari Tasyrik apa yang dapat kita sempurnakan pada tiga hari mendatang?

Hal terkecil apakah yang dapat kita lakukan untuk mendekat kepadaNya dan menggapai ridloNya?

Semoga Allah ridloi semua amal ibadah kita pada hari ini.

Sumber:
🌹 Bimbingan Islam
Rabu, 9 Dzulhijjah 1436 H / 23 September 2015 M
Oleh Ustadz Aris Munandar S.S, MA

⬇ Download Audio: https://drive.google.com/file/d/0B1e0BM9z9hzYMm1iSDZ2RDRZbnM/view?usp=docslist_api
Sumber: 

Serial Haji Dan Qurban 19: Hari Tasyrik – Ustadz Aris Munandar | Yufid TV – http://yufid.tv/serial-haji-dan-qurban-19-hari-tasyrik-ustadz-aris-munandar/

🌹 KonsultasiSyariah.com

http://www.konsultasisyariah.com/amalan-hari-tasyrik/

________________________

📦 Donasi Pengembangan Dakwah Group Bimbingan Islam: Bank Mandiri Syariah No rek 7103000507, A.N : YPWA Bimbingan Islam. Konfirmasi Transfer : +628-222-333-4004

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s