Carilah Lailatul Qadr di 10 hari terakhir Ramadlan. Sudah belum?

  
Dari ‘Āisyah radhiyallāhu ‘anhā bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam bersabda: 

“Berusahalah kalian untuk mendapatkan malam Lailatul Qadr di malam-malam ganjil dari sepuluh malam terakhir.” (HR. Bukhari no. 2017 dan Muslim no. 1169)

Itu adalah nash yang jelas yang menyatakan bahwa malam Lailatul Qadr terjadi pada 10 malam terakhir. Dan hikmah dari penyembunyiannya sudah jelas yaitu agar orang-orang bersungguh-sungguh dalam mencarinya sehingga merekapun memperbanyak ibadah pada 10 malam tersebut, sebagaimana disembunyikannya waktu pengabulan do’a di setiap malam dan di hari Jum’at. 

Dan sangat pantas sekali bagi malam Lailatul Qadr yang penuh keutamaan agar orang-orang bersungguh-sungguh dalam mencarinya. 

Oleh karena itu Ibnul Jauzi rahimahullāh berkata ketika menyebutkan tentang malam Lailatul Qadr di dalam kitab At-Tabshirah: 

“Demi Allāh, tidaklah berlebih-lebihan jika kita mencarinya selama 10 malam terakhir. Demi Allāh, tidak juga selama sebulan. Demi Allāh, tidak juga berlebihan jika kita mencarinya selama 1 tahun.” (At-Tabshirah 2/106 ketika menyebutkan tentang ‘Arsy dan malam Lailatul Qadr) 

Jadi, jika seseorang meluangkan seluruh umurnya untuk mencari malam Lailatul Qadr, maka dia belumlah dikatakan memuliakan malam Lailatul Qadr dengan sesungguhnya. 

📗Sumber: Kitab Syarh ‘Umdatul Ahkām oleh Syaikh ‘Abdurrahmān bin Nāshir As-Sa’di rahimahullāh. Cetakan 1. Penerbit Darus Sunnah

🌍 BimbinganIslam.com

Kamis, 15 Ramadhān 1436 H/02 Juli 2015 M 

🌹🌹🌹🌹

Yuk sahabat-sahabat blog,

Kejar Lailatul Qadr dengan segala upaya. Tinggalkan dulu urusan dunia yang secara penuh kita geluti selama setahun. Fokuslah di 10 hari terakhir ini hanya, dan hanya untuk beribadah, untuk Allah swt.

10 hari inilah hari terbaik untuk melakukan evaluasi terhadap ibadah yang telah kita lakukan, karena kita diciptakan hanya untuk beribadah. 

Lakukanlah itikaf dan menyepi dari berbagai hingar bingar dunia. Mintalah petunjukNya agar Lailatul Qadr diridloiNya untuk kita. Aamiin yra.

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya [Al Qur?an] pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu [penuh] kesejahteraan sampai terbit fajar. QS Al Qadr 1-5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s