Sebaik-baik makan sahur adalah kurma – 2

   
Makanlah kurma terlebih dahulu sebelum makan karbohidrat atau protein. Selain dimakan buahnya, kurma juga dapat dijadikan minuman yang menyegarkan. 

Ada dua resep yang akan saya sajikan di sini:

  • Air nabeez
  • Susu almond kurma

🌹Air Nabeez

Air nabeez adalah air rendaman (infused water) kurma/kismis (dates/raisins). Kurma atau kismis direndam dalam air masak semalaman (dalam wadah yang bertutup) untuk kemudian diminum keesokkan paginya.

Sumber mengatakan bahwa air nabeez ini merupakan kegemaran Rosululloh SAW. Nabi merendam beberapa butir kurma atau kismis (salah satu) di dalam air untuk semalaman (dalam wadah bertutup) dan meminum air rendaman tersebut di pagi hari esoknya. Airnya nabi minum dan buah kurma yang sudah lembut, sehingga nabi langsung menelannya tanpa mengunyah terlebih dulu.

Ada beberapa hadis yang menyebutkan tentang cara membuat air nabeez ini, salah satunya riwayat dari Imam Muslim, yaitu sebagai berikut:

Aisyah pernah ditanya tentang nabeez, kemudian ia memanggil seorang budak wanita asal Habasyah. “Bertanyalah kepada wanita ini!” Kata Aisyah. “Karena ia dahulu pernah membuat nabeez untuk Rasulullah SAW,” tambahnya. 

Lalu wanita asal Habasyah itu berkata, “Aku pernah membuat nabeez untuk beliau dalam sebuah kantung kulit pada malam hari. Kemudian aku mengikatnya dan menggantungnya. Lalu di pagi harinya beliau SAW meminumnya.”

Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rasulullah SAW di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya dipagi hari.” (H.R. Muslim).

Berbicara mengenai infused water. Orang barat baru sekarang faham dan baru mempopulerkan khasiat infused water ini. Nabi kita telah lama melakukan hal ini.

Dari segi kesehatan tubuh, buah kurma telah terbukti sebagai:

1. Pemberi dan pemulih tenaga (inilah sebabnya mengapa kita disunahkan untuk memakan buah kurma pada saat berbuka puasa).

2. Tinggi kandungan serat yang dapat menghilangkan kolestrol jahat yang terkumpul di dalam tubuh. Sangat bagus dalam menghilangkan sembelit.

3. Pemberi zat besi yang sangat bagus.

4. Kaya akan pottassium yang penting dalam menjaga jantung dan menstabilkan tekanan darah.

Khasiat air nabeez.

Air nabeez adalah minuman yang akali, yang  membantu proses pembuangan kelebihan asam pada perut dan memulihkan sistem pencernaan tubuh. Air nabeez juga membantu menyingkirkan zat toksin berbahaya dari dalam tubuh, mendorong proses detox. Air nabeez yang mengandung kadar serat tinggi, dapat membantu proses pencernaan dan menajamkan fikiran, agar kita tidak mudah lupa.

Cara membuat air nabeez

Rendam beberapa butir kurma (sebaiknya dalam jumlah ganjil) ke dalam air matang di dalam segelas air. Alangkah baiknya dibuat pada waktu sore menjelang malam, dan pastikan gelas rendaman kurma tersebut tertutup rapat. Keesokan paginya (8 s/d12 jam setelah perendaman), air rendaman baru boleh diminum dan buah kurma hasil rendaman yang telah lembut itu, dimakan begitu saja. Kurma yang baik digunakan untuk membuat air nabeez ialah kurma ajwa. Tapi bila tak ada, bisa memakai kurma yang lainnya.

Kalau ingin membuat air nabeez dari buah kismis pun bisa. Caranya ambil segenggam kismis, kemudian direndam dalam segelas air. Biarkan semalaman seperti membuat air rendaman kurma.

Bila ingin minum air nabeez di waktu pagi hari, siapkan rendaman kurma / kismis pada sore menjelang malam. Bila ingin minum air malam hari, buatlah rendaman kurma / kismis di waktu pagi hari (8 s/d12 jam perendaman).

Larangan dalam membuat air nabeez

Gunakan hanya kurma atau hanya kismis  pada satu waktu, dan jangan campur kurma dan kismis dalam satu tempat.

Air nabeez bila disimpan di dalam lemari es bisa bertahan 1 hingga 2 hari. Jangan minum air rendaman kurma/kismis yang sudah memasuki lebih dari 3 hari, sebab sudah terjadi proses fermentasi, yang menjadikan, air rendaman kismis/kurma tersebut menjadi arak, dan hukumnya haram untuk diminum. 

🌹Susu almond kurma

Saya tak lagi minum susu sapi dan menggantinya dengan susu almond kurma. Susu ini enak rasanya dan sangat sehat.

1. Rendam almond selama 8-12 jam, ganti air setiap 6 jam. Gunakan air hasil rendaman untuk menyiram tanaman.

2. Masukkan almond ke dalam blender dan tambahkan air matang. Masukkan kurma, dan kayu manis (sesuai selera). Blender dengan kecepatan maksimal sampai halus.

3. Saring susu almond dengan kain penyaring dan susu amond siap diminum. Ampas almond dapat digunakan untuk bahan pembuat kue.

Nutrisi  yang terkandung dalam Susu Almond

1. Mengandung lemak tak jenuh sehingga sesuai dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah jantung, serta mereka yang berniat mencegah penyakit jantung.

2. Flavonoid yang terkandung dalam kulit almond juga berfungsi memerangi penyakit jantung.

3. Susu almond memasok tubuh dengan agen antioksidan penting yang membantu melindungi membran sel.

4. Susu almond tidak mengandung kolesterol sehingga baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

5. Membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Protein dalam susu almond membantu memperbaiki organ dan jaringan tubuh.

7. Membantu seseorang menghindari masalah kerusakan sel dan jaringan.

8. Merupakan sumber karbohidrat yang sehat.

9. Mendorong kesehatan tulang yang baik.

10. Menjaga gigi tetap kuat.

11. Kaya akan magnesium yang membantu metabolisme dan penyerapan nutrisi makanan oleh tubuh.

12. Menjaga tingkat tekanan darah yang normal.

Selamat sahur, semoga berkah.

Sumber:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s