Membaca Al Quran: menentramkan, memuliakan dan membuka solusi. Sudahkah kita nikmati.

  
Sahabat blog,

Dalam bulan Ramadlan, kita evaluasi yuk kedekatan dan pemahaman kita terhadap Al Quran. Sudahkah Al Quran menjadi bagian dari kehidupan keluarga sehari-hari? Dengan kebiasaan mempelajari Quran bersama-sama Insya Allah keluarga akan menemukan ketenangan dan kebahagaan.

Rasulullah saw bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al Quran dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, dan Allah pun akan memuji mereka pada makhluk yang ada di dekatNya.” HR.Muslim

“Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri dari para manusia. Kata Anas selanjutnya, lalu Rasulullah saw ditanya, ‘ Siapakah mereka itu ya Raslullah?’ Beliau saw menjawab ‘Ahlu Quran’, mereka adalah keluarga Allah dan orang – orang istimewa bagi-Nya “ (HR.Inu Majah dari Anas). 

Kemudian Rasulullah saw menganjurkan agar para pengikutnya selalu membaca Al Quran di rumah masing-masing. Beliau bersabda “Perbanyaklah membaca Al Quran di rumah – rumah kalian, sebab rumah yang tidak pernah dipakai untuk membaca Al Quran akan sedikit kebaikannya dan banyak keburukannya, serta penghuninya akan selalu dalam kesusahan.” (HR.Daruqutni dari Umar)

Abu Hurairah ra berkata, “Sungguh, rumah yang dibacakan Al Quran akan memberikan suasana yang menyenangkan (memudahkan) bagi orang – orang (yang didalamnya), kebaikannya bertambah, para malaikat mendatanginya (untuk mendengar Al Quran) dan syaitan meninggalkannya. Sedangkan rumah yang didalamnya tidak dibacakan Al Quran akan memberikan kondisi yang menyulitkan bagi orang-orang (yang di dalamnya) kebaikan-kebaikan berkurang, malaikat akan meninggalkannya dan syaitan-syaitan mendatanginya.” 

Dalam upaya menjadi manusia terbaik untuk dapat menempati tempat terbaik di sisiNya, sangat penting bagi kita untuk mempelajari Al Quran dan mengajarkannya, berbagi dengan ayat-ayatNya.

“Sebaik – baik kalian adalah yang belajar Al Quran dan mengajarkannya kepada orang lain.” HR.Bukhari

“Barangsiapa yang membaca 1 huruf dari Al Quran maka baginya 10 pahala dan dilipat gandakan menjadi 10 kali lipat, dan aku tidak mengatakan alil – lam mim itu satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf tersendiri.” (HR.Turmuzi)

Nah, apalagi membaca Al Quran dalam bulan Ramadlan, di mana setiap kebaikan dilipatgandakan lagi?

Imam Nawawi mengatakan “Ketahuilah pendapat yang benar dan terpilih serta menjadi pegangan para ulama adalah bahwa bacaan Al Quran lebih baik daripada bacaan tasbih, tahlil dan zikir lainnya. Dan pendapat ini diperkuat dengan sabda Nabi saw “Keutamaan firman Allah terhadap perkataan lain adalah bagaikan Allah terhadap seluruh makhluk-Nya.” HR. Turmuzi

Dalam satu hadis qudsi Allah swt berfirman “Barangsiapa yang disibukkan dengan Al Quran dan mengingat-Ku, maka akan Aku berikan keutamaan kepadanya lebih besar dari apa yang Aku berikan kepada lainnya dan keutamaan kalam Allah dibandingkan kalam lain ibarat keutamaan Allah dengan makhluknya.” (HR.Turmuzi)

Nah, sahabat blog, sejauh apakah kita telah memanfaatkan panduan hidup, sumber cahaya yang telah Allah berikan pada kita untuk menyinari hidup kita sehari-hari?

Masihkah kita galau, bingung, pusing dan jauh dari ketentraman serta kebahagiaan? 

Masihkah ada ganjalan masalah di dalam hati?

Masihkah kita merasa keluarga bukanlah surga di muka bumi?

Mungkin sudah saatnya kita mengevaluasi hubungan kita dengan Al Quran.

Sumber: Muhasabah Cinta kiriman Nining ODOJ fasil 21.

🌻🌻🌻🌷🌷🌷🌹🌹🌹

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s