Sudah cukupkah tidur kita di malam hari dalam kondisi gelap?

  
KENAPA LAMPU HARUS DIMATIKAN JIKA SEDANG TIDUR ?

Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman” (HR.Muttafaq’alaih).

Rasulullah mensabdakan itu lebih dari 14 abad yang lalu. Ternyata, di abad modern ini baru diketahui manfaat medis dari tuntunan Rasulullah untuk memadamkan lampu ketika hendak tidur.

Ahli biologi Joan Robert mengungkapkan bahwa tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon melatonin ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Orang yang tidur dalam kondisi gelap, maka tubuhnya bisa memproduksi hormon ini.

Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam hari, sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon melatonin terhenti.

Pentingnya tidur di malam hari dengan mematikan lampu juga diteliti oleh para ilmuwan dari Inggris. Peneliti menemukan bahwa ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekpresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia yang diadakan di London juga menyatakan bahwa orang bisa menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur di malam hari dibandingkan dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.

Subhanallah… demikian luar biasa tuntunan Rasulullah. Setelah berabad-abad, hikmah medisnya baru terungkap. Wallahu a’lam bish shawab.

Kiriman sahabat dan saudara-saudara di berbagai what’s app group.

🌹🌹🌹🌹

Dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamu beristirahat padanya dan [menjadikan] siang terang benderang [supaya kamu mencari karunia Allah]. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda [kekuasaan Allah] bagi orang-orang yang mendengar. QS 10:67

Dulu aku selalu lembur, tidur larut tengah malam dan bangun pagi shalat subuh, bekerja sepanjang malam. Setelah kanker datang menghampiri, aku komitmen untuk mulai mencintai tubuh sesuai tuntunan Allah, Sang Pencipta. Aku harus tidur cukup di malam hari untuk beristirahat. 

Yang Menciptakan Tubuh sudah memandu seperti itu, bahwa ciptaanNya harus tidur di malam hari, di waktu yang telah Ia ciptakan untik beristirahat. Lalu mengapa kita sok tahu melanggarnya demi pekerjaan atau performance, mengejar kehormatan di mata boss?

Apakah yang kita cari dalam hidup ini kalau kita diciptakan hanya untuk beribadah?

Setelah komitmen kujalankan, alhamdulillah Allah terus melimpahkan karuniaNya padaku. Meskipun lembur tak lagi kulakukan, aku tak menjadi lebih rendah, tidak mengalami kemunduran apapun. Subhanallah. Karena kehormatan hanya diberikan oleh Allah. Kerja kita adalah syarat, tapi bukan itu yang membawa kehormatan. RidloNya lah yang menyebabkan kehormatan datang.

Yuk, tidur cepat malam ini dan matikan semua lampu agar si melantonin dapat bekerja baik. Semoga dengannya tubuh kita lebih sehat, kuat untuk dapat lebih banyak beribadah untukNya, dan semoga kita pun dapat bangun cepat untuk Tahajud, bermesraan hanya denganNya.

Aamiin yra.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s