Teruslah ada dalam jalanNya meskipun harus merangkak. Jangan pernah berbalik arah 

  

Dalam surat Al Ashri Allah mengingatkan 

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya menta?ati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. 

Dalam permainan kehidupan dunia yang Allah sediakan bagi manusia, Allah lengkap memberikan akal, jasad dan jiwa. Jiwa terdiri atas ruh dan nafsu. Inilah kelengkapan yang tak dimiliki malaikat ataupun hewan. Inilah pula kelengkapan yang membuat permainan hidup manusia sedemikian seru. Banyak lubang dibuat oleh nafsu, di samping kekuatan jiwa yang sudah lengkap diberi oleh Allah. 

Seringkali kita lelah, tergoda dan terdorong dengan kuat untuk menyimpang dari jalan lurusNya. Sadar atau tak sadar hal ini melemahkan jiwa, membawa potensi sakit pikiran dan tubuh. Saat inilah kita harus selalu menjaga jiwa dengan sangat kuat:

🌹 Mencari ilmu dan siraman Qurani serta hadits yang tak kunjung henti sebagai pengingat. 

🌹 Selalu bergaul dengan mereka yang dekat dengan Quran dalam jalan lurusNya, untuk saling mengingatkan dan saling mendorong pada kebaikan.

🌹 Taubat, taubat dan taubat selalu. Menghidupkan dzikir dan melebihkan taubat, menjaga mulut agar selalu basah dengan namaNya.

“Dan tidak ada bekal yang layak bagi umat dalam meniti jalan yang keras dan mengerikan ini kecuali jiwa yang beriman, tekad kuat nan jujur, kegemaran berkorban dan berani menanggung resiko. Dan tanpa ini semua gerakan dakwah akan dikalahkan dan kegagalan menjadi sahabat putra-putra dakwah.” 

(Risalah Hal Nahnu Qoumun Amaliyun)

Jika kau berada di jalan Allah berlarilah kencang, jika sulit maka tetaplah berlari meski hanya lari-lari kecil, bila engkau lelah berjalanlah. Apabila semua itu tak mampu kau lakukan tetaplah maju meski harus merangkak dan jangan pernah sekalipun berbalik arah. 

Al-Imam As-Syafi’i

Marilah kita selalu mendorong, mengingatkan, memotivasi agar semangat berlari dalam jalanNya terus menyala. Semoga semua ini menjadi sumber kebaikan bagi kita semua dan mengantarkan kita pada surgaNya.
Aamiin yra.

🌹🌹🌹🌹🌹🌹

2 thoughts on “Teruslah ada dalam jalanNya meskipun harus merangkak. Jangan pernah berbalik arah 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s