Sudahkah kita ikhlas jalankan perintahNya, sebelum meminta kepadaNya?

  
Dari pagi sampai malam, kita hidup atas izin dan kasihNya. Dari pagi sampai malam betapa banyak kebutuhan kita terpenuhi atas bantuanNya, betapa banyak harapan kita yang dikabulkanNya, betapa banyak kebaikan yang dilimpahkan pada kita. 

Dan kita terus berdoa, terus berharap, terus meminta. Kita ingin Allah kabulkan semua doa kita, penuhi semua harapan kita.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka [jawablah], bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi [segala perintah] Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.  2:186

Nah… sudahkah kita menjalankan semua perintahNya? Menjauhi semua laranganNya?

Allah telah berpesan pada kita:
Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya. 98:5

Sudahkah kita dengan penuh keikhlasan memurnikan ketaatan kita padaNya? Masihkah kita memilih yang mana yang enak kita jalankan dan meninggalkan yang tidak enak?

Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah [Allah] memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut [tidak akan diterima] dan harapan [akan dikabulkan]. Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. 7:56
Sudahkah kita benar-benar ikhlas mencegah kerusakan muka bumi? Memilah sampah, mengurangi konsumsi plastik, styrofoam dan berbagai hal lain yang dapat merusak bumi bertahun-tahun? Berhenti makan sebelum kenyang, tak mengambil atau memesan lebih lebih dari kebutuhan sehingga tidak turut mendorong para peternak menggunakan berbagai hormon pertumbuhan yang sangat menyiksa binatang dan dapat menimbulkan kanker? Teliti mematikan listrik atau menutup keran air yang tidak dibutuhkan?

Atau kita masih berlindung di belakang dalih “aku kan bisa bayar” dan lupa bahwa kekuatan bumi menampung sampah ada batasnya? Dan bahwa listrik turut disubsidi rakyat kecil dan dihasilkan dari batu bara yang terbatas persediaannya?

Katakanlah: “Terangkanlah kepadaku jika datang siksaan Allah kepadamu, atau datang kepadamu hari kiamat, apakah kamu menyeru [tuhan] selain Allah; jika kamu orang-orang yang benar!” [Tidak], tetapi hanya Dialah yang kamu seru, maka Dia menghilangkan bahaya yang karenanya kamu berdoa kepada-Nya, jika Dia menghendaki, dan kamu tinggalkan sembahan-sembahan yang kamu sekutukan [dengan Allah]. 6:40-41.

Apakah benar Allah sesembahan kita? Sudahkah kita menghentikan segala kegiatan saat Allah memanggil melalui adzan? Mendahulukan menabung untuk memenuhi panggilan hajiNya dan tidak memilih pergi ke Bali untuk berlibur? Dapatkah kita menolak sumber rizki yang halal, lupa bahwa sumber rizki sesungguhnya adalah Allah?

Ikutilah apa yang telah diwahyukan kepadamu dari Tuhanmu. 6:106

Sudahkah benar-benar kita ikuti semua wahyuNya, juga apabila ada pendapat ilmuwan yang bertentangan dengannya?

Memang ikhlas tidak ringan. Namun kalau ikhlas kita ibaratkan dengan udara, yang kita butuhkan tiap hari untuk dapat hidup, berjalan mencapai surgaNya, Insya Allah kita bisa ikhlas dengan semua perintah dan laranganNya. Dan semoga kita semua tidak termasuk orang yang disebutkanNya dalam ayat ini:

Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya, yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya. Mereka itu orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Tuhan mereka, dan kafir terhadap perjumpaan dengan Dia. Maka hapuslah amalan-amalan mereka, dan Kami tidak mengadakan suatu penilaian bagi amalan mereka pada hari kiamat. 18:103-105

Yuk, kita bangun keikhlasan menjalankan semua perintah dan laranganNya yuk.

2 thoughts on “Sudahkah kita ikhlas jalankan perintahNya, sebelum meminta kepadaNya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s