Disiplin harian yang membangun kecerdasan Habibie 

  

~Rahasia Kecerdasan Habibie ~

Saya mungkin diantara yang selama ini tidak tahu, bahwa cara BJ Habibie menghabiskan waktunya adalah rahasia terbesar dari kecerdasan beliau yang luar biasa.

Habibie tidak hanya memiliki IQ sangat tinggi (200), melebihi IQ Albert Einstein (160). Beliau tidak sekedar pemikir (penemu “crack theory” pesawat terbang), tapi juga eksekutor yang membidani kelahiran sederet industri strategis Indonesia, seperti IPTN (DI), PAL, PINDAD, INTI, dan lainnya.

Bahkan kecerdasan beliau merambah kebijakan ekonomi. Dengan teori zig-zag, memperkuat Rupiah dari terpuruk hingga Rp17.000,-/USD menjadi menguat hingga Rp7000,-/USD. Hebatnya, terjadi ditengah badai krisis moneter 1998/1999, dalam waktu 1 tahun saja.

Karena waktu yang kita miliki sama banyaknya dengan beliau, 24 jam sehari, maka tentu rahasia waktu ini perlu kita kupas lebih dalam sebagai pencerahan. 

Siapa sangka ternyata beginilah Habibie mengalokasikan waktunya (dan silahkan mempersiapkan diri mengikuti):

  • SHOLAT (2 jam)
  • YASIN dan TAHLIL (1,5 jam)
  • BERENANG dan MANDI (2 jam)
  • MAKAN (3 jam)
  • TERIMA TAMU (3 jam)
  • MEMBACA dan MENULIS (7,5 jam)
  • TIDUR (5 jam)

SHOLAT 

Selain memberikan ketenangan batin, saat beliau sujud dan kepala di posisi terendah diantara seluruh anggota badan, dalam posisi memuji Yang Maha Tinggi, darah segar mengalir dari jantung dibantu efek grafitasi menyusuri pembuluh-pembuluh darah terhalus di otak di sekujur kepala beliau. Dalam kerendahan hati hamba yang ikhlas bersujud, Sang Maha Pencipta menyembunyikan satu rahasia untuk hambanya.

YASIN dan TAHLIL 

Selain memberikan kedekatan dalam penghambaan beliau kepada sang Maha Pencipta Otak beliau itu sendiri, aktivitas ini juga menjadi latihan memperkuat jaringan otak sekaligus berfungsi jadi obat anti pikun bagi beliau. Banyak sekali ide brilian beliau justru muncul di saat tengah khusuk dan tenang membaca Yasin dan Tahlil.

BERENANG dan MANDI 

Di samping menyegarkan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah, momen olahraga renang ini memperkuat stamina, endurance dan menghasilkan energi yang mengalir hebat untuk aktivitas beliau yang padat.

MAKAN 

Menu sehat memastikan supply energy mencukupi kebutuhan beliau. Diikuti oleh ritual puasa Senin-Kamis, yang hampir tidak pernah absen, membantu beliau sehat hingga usia yang panjang.

TERIMA TAMU 

Mengisi kebutuhan emosi dari hubungan antar manusia yang sehat, yang saling menyenangkan dan tentunya memberi inspirasi bagi sahabat-sahabat beliau.

MEMBACA dan MENULIS 

Kualitas sekaligus produktivitas beliau menggunakan 7,5 jam di waktu menulis dan membaca ini sangat tinggi. Sholat, yasinan, tahlilan yang dilakukan dengan ikhlas serta berenang telah memberikan beliau ketenangan jiwa dan kedalaman berpikir. Ini menjadi sumber ilham atas gagasan-gagasan beliau yang selalu brilian.

Dengan 7.5 jam yang berisi pertimbangan yang bijaksana, pemikiran yang dalam, kejernihan hati, dan ilham serta inspirasi yang terus mengalir, bagaimana terobosan dan prestasi hebat tidak mampu beliau torehkan?

TIDUR

Tingginya amal dan aktivitas produktif serta damainya suasana kejiwaan beliau yang dicirikan oleh kuatnya spiritualitas menyebabkan tidur beliau yang hanya 5 jam berlangsung sangat nyenyak dan memberikan kesegaran untuk beraktifitas di keesokan harinya.

Maka, jika kita ingin memperbaiki diri, teladanilah figur yang masih hidup bersama kita saat ini. Teladan Habibie dalam mengelola waktunya setiap hari. Manfaatnya, secara langsung tentu untuk diri kita dan keluarga, imbasnya kepada kemaslahatan bangsa juga pada akhirnya.

Indonesia tentu tengah menunggu lahirnya gelombang semangat Habibie-habibie baru.

Indonesia menunggu kamu. 

Ya, kamu-kamu.

Perth, 2 Maret 2015

Prayudhi Azwar

Kiriman Mas Amdiar Amir, YKM FEUI.

One thought on “Disiplin harian yang membangun kecerdasan Habibie 

  1. Subhanallah…
    “Maka, jika kita ingin memperbaiki diri, teladanilah figur yang masih hidup bersama kita saat ini”
    teladanilah figur yang dekat dengan kita.
    nuhun mba🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s