Membangun negri dengan disiplin tinggi dan semangat kerja sama

  

Gambar: Lee Kuan Yew menyapu jalan.

Dengan kepergian Lee Kuan Yew (LKY) sebenarnya bukan hanya Singapura yang kehilangan, tapi beliau telah menjadi “role model” sebagai pemimpin dunia yang hebat.

Dengan VISI KUAT dari seorang LKY sebagai pemimpin, sedikitnya ada tiga hal besar yang telah berhasil beliau bangun:

1) DISIPLIN TINGGI BANGSA

Denda $500 bagi yang meludah dan membuang sampah sembarangan, bukanlah sekedar uang denda tetapi sebagai salah satu cara jitu membangun Disiplin Tinggi Bangsa… 

■ HASILNYA: Singapura berhasil menjadi negara paling tidak korupsi di dunia; selalu memacu kemajuan pendidikan (NUS sukses sebagai universitas terdepan di dunia) dan warga berdisiplin tinggi.

■ PERTANYAAN UTK KITA: 

Bagaimana dengan disiplin dan budi pekerti di Indonesia..? 

(Fakta untuk segera diatasi:  Korupsi yang makin meluas, motor melawan arus dibiarkan, pencemaran limbah industri masih berlangsung)

2) KERJASAMA

LKY berhasil merangkul beragam bangsa/ras Melayu, Cina, India untuk bekerjasama sebagai suatu bangsa Singapura.

■ HASILNYA: meskipun pernah, namun berpuluh tahun tidak terdengar konflik serius, semua sibuk membangun negeri.

■ PERTANYAAN UTK KITA: 

Bagaimana dengan kerjasama kita? (Fakta untuk segera diatasi:  Tawuran antar kampung/desa, bahkan antar fakultas, konflik partai dan antar lembaga negara, bupati vs gubernur tidak kompak,  masih berlangsung)

3) MEMBANGUN NEGERI 

Dengan dua modal besar diatas, negeri Singapura yang tidak punya sumber daya alam berhasil dibangun LKY menjadi negara maju.

■ HASILNYA:  Menjadi pusat jasa dan perdagangan kelas dunia. GDP dan Income per Capita Singapura salah satu yang tertinggi di dunia.

■ PERTANYAAN: Bagaimana dengan kita? Negeri yang kaya raya dengan sumber daya? (Fakta untuk diatasi:  Ketergantungan pada berbagai ragam produk impor pangan dan industri masih begitu tinggi)

APA MAKNA BAGI KITA?

Harapan kita, dimulai dengan para pemimpin tingkat Pusat (presiden, menteri, dirjen) ataupun Daerah (gubernur, bupati) dapat mendorong VISI KUAT keseluruh negeri mengajak bangsa membangun kedua hal strategis diatas (disiplin dan kerjasama) yang merupakan faktor manusia.

Dengan modal manusia yang berdisiplin tinggi dan selalu siap bekerjasama, dan kombinasi dengan modal sumber daya alam yang beragam dan berjumlah besar, tentu kita dapat membangun Negeri Indonesia tercinta dan sangat berpeluang menjadi “BINTANG ASIA” (2020) dan berpotensi besar menjadi “BINTANG DUNIA” (2030). 

Insya Allah. Semua diawali dengan niat baik.  Siapkah kita? 

Salam “BANGUN INDONESIA.”

Kiriman Mbak Santi Mia Sipan.

🌹🌻🌹🌻

Yuk kita tanya ke diri sendiri yuk, apa yang ingin kita ciptakan? Bagaimana kita bisa ambil teladan LKY di atas untuk membangun disiplin dan semangat kerja sama untuk menciptakan hal tersebut?

Menyapa hal itu penting bagi kita? Keluarga kita? Tempat kita bekerja? Kelompok kerja kita?

Yuk…

4 thoughts on “Membangun negri dengan disiplin tinggi dan semangat kerja sama

  1. menurut saya, yang perlu diterapkan bagi kita bangsa yang sedang berkembang (Indonesia) adalah dengan cara mempersiapkan SDA dan SDM yang berkualitas dan berpotensi saing tinggi mulai dari sejak dini kepada generasi penerus bangsa Indonesia… dengan langkah belajar dari yang berpengalaman di bidang masing-masing.

    Like

  2. bagus tetapi kita coba tarik hal-hal yang bisa kita terapkan di masyarakat,yakni bagian-bagian yang dibutuhkan masyarakat umum. agar tercipta suasa yang bersahabat

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s