Perubahan adalah mudah dan tak terhindarkan dengan kuatnya visi dan kepemimpinan. Contoh LKY.

  

Sumber: http://www.smu.edu.sg

Beberapa hari lalu kita kehilangan seorang Bapak Bangsa Asia, seorang pemimpin negara yang berjuang membangun harkat martabat Asia di dunia. Beliau adalah mendiang Lee Kuan Yew.

Saya bukan orang Singapur, tapi saya sangat menghormati dan kagum pada Bapak Pembangunan Singapura ini. Dalam sebuah group, Pak Aries Mufti bercerita mengenai kepemimpinan beliau yang perlu kita teladani bersama.

Malaysia merdeka dengan pemberian Inggris. Saat itu Malaysia masih menjadi satu negara dan Tumasik adalah negara bagian. Beberapa lama kemudian negara bagian lainnya meminta kepada PM Tengku Abdurachman agar Tumasik dikeluarkan dari Malaysia karena sebelum merdeka Tumasik hidup dari bantuan negara bagian lainnya dan uang sewa markas tentara Inggris. Tumasik saat itu dihuni oleh etnis Cina dan sebagai kota pelabuhan saat itu terkenal sebagai kota preman, judi mahyong, miras, candu, dan prostitusi. 

Negara bagian Malaysia yang lain keberatan kalau Tumasik ada di Malaysia. Lee Kuan Yew (LKY) keberatan ditendang keluar dari Malaysia.  Mereka merasa masih perlu subsidi, apalagi usaha menahan tentara inggris tetap tinggal dan menyewa di Tumasik gagal, karena Inggris tdk punya alasan untuk tetap disana. Akhirnya setelah melalui perdebatan dan negosiasi Tumasik didepak dikeluarkan dan menjadi negara sendiri, Singapura.

LKY melakukan revolusi mental dan pidato untuk membangun semangat publik di Singapura. Ia memompa semangat khalayak agar jangan mau terus dihina karena miskin, bodoh dan preman.  Kalau tidak bangkit Singapura akan terus dihina, maka Singapura  harus bangkit menyamakan diri dengan negara-negara yang sudah maju. Singapura harus  belajar sejam lebih awal dan mengakhiri sejam lebih lambat, bekerja sejam lebih awal dan mengakhirinya sejam lebih lambat, disiplin ikut aturan, hormati orang tua, guru dan pemimpin. 

Setelah itu waktu Singapura di percepat sejam. 

Sekarang kita bisa lihat dari suatu negara yang kumuh, miskin, tempat maksiat berkat revolusi mental ala LKY Singapura menjadi negara sejahtera dan masuk daftar negara yang unggul di Asia, dan sangat teratur. LKY sangat peduli rakyat jelata. Semua  warga ikut provident fund yg menjamin setiap anak bisa sekolah, setiap warga terjamin kesehatannya, ada pensiunnya, bisa beli rumah susun dan khusus untuk umat Islam bisa naik haji. Majelis Ulama nya punya aset karena dibantu menerbitkan sukuk. Dan sebelum meninggal melalui Private Equity LKY menyediakan pelatihan, ICT untuk kopontren dan LKM atau BMT dan dana 1 T kepada NU.

LKY khawatir bila gini ratio Indonesia makin tinggi maka bisa terjadi radikalisme dan terorisme dan bila itu terjadi Singapura akan terancam karena Singapura dipersepsikan sebagai Israel Asia. 

Wallahualam bish showab

🌻🌹🌻🌹

Kisah LKY yang diceritakan Pak Aries menggugah kita bahwa transformasi itu mungkin. Memang dibutuhkan seseorang yang besar dedikasinya seperti LKY untuk menghasilkan sebuah transformasi luar biasa. Sekarang terpulang pada kita. Allah sudah berikan kita sebuah contoh kepemimpinan. Mampukah kita belajar darinya untuk lingkup yang lebih kecil, keluarga kita, lingkungan kita, perusahaan kita, dan lain-lain?

Apa yang dapat kita lakukan untuk bisa mengambil contoh yang telah Allah tempatkan di bumi ASEAN ini?

Perubahan apa yang ingin anda ciptakan?

Bagaimanakah anda dapat melakukan perubahan ini dengan belajar dari LKY?

Mengapa itu penting bagi anda? Bagi perusahaan anda? Bagi keluarga anda? Bagi team anda?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s