Kembali fitrah, sehat lahir batin, body-soul-mind

IMG_0390-1

Manusia diciptakan dengan fitrah sehat lahir batin. Berbagai aturan main dibuat oleh Sang Pencipta agar manusia tetap sehat lahir batin. Berserah hanya padaNya, ikhlas, bersyukur, makan secukupnya yang halal dan thayib, prasangka baik, sabar dan shalat, beriman, dan lain sebagainya. Semua aturan itu hanya untuk menjaga fitrah manusia agar sehat lahir batin.

Puasa adalah salah satu mekanisme menjaga sehat lahir batin yang Allah ciptakan, karena puasa adalah proses detoksifikasi total secara fisiologi. Mengosongkan perut membantu perut fokus mengeluarkan racun-racun yang ada. Intensif ibadah, mendekatkan diri padaNya, menjaga mulut dan hati agar selalu berfikir baik, merasa bahagia dan berkata baik, bukan hanya menciptakan energi positif yang menyembuhkan, tapi juga menjaga pH dan kelenjar-kelenjar agar bekerja mengembalikan tubuh pada kondisi sehat, kembali pada “fitrah” tubuh yang bekerja optimal mendukung proses kehidupan dalam beribadah hanya untukNya.

Perasaan negatif seperti stress, tak berdaya, tidak terima, sedih, benci, sakit hati ternyata menimbulkan hambatan energi, menekan imunitas, dan menurunkan pH. Pernafasan cenderung pendek-pendek sehingga sirkulasi oksigen dan karbon dioksida pun tak optimal. Sel kanker pun muncul dan tumbuh subur.

Jadi kembali ke fitrah setelah satu bulan beribadah di bulan Ramadlan itu bukan hanya dalam urusan “soul” tapi sempurna body, mind, soul. Dibalik perintah untuk “menjaga hidup seperti Ramadlan” sepanjang tahun itu ada perintah untuk menjaga body, mind, soul agar selalu dalam kondisi “fitrah” bukan sakit.

Makanan juga sangat penting dalam menjaga “fitrah” sampai 1 surat khusus diturunkan hanya untuk bahas makanan. Di balik penentuan halal dan thayib itu ada aturan main mengenai apa yang baik dimakan agar sehat lahir batin sesuai fitrah.

Allah itu Game Master yang canggih. Hidup ini diciptakan seperti permainan. Ada cara sehat, tapi diciptakanNya juga lubang-lubang sebagai tantangan. Makin tinggi kelasnya, makin banyak dan susah-susah lubangnya, seperti permainan Mario Bros.

Kita juga dilengkapi dengan nafsu. Nafsu makan hanya yang enak, nafsu ego, nafsu prasangka buruk dll. Perasaan benci itu dasarnya adalah perasaan bahwa cara kita yang terbaik, ada unsur tidak berserah hanya padaNya, tidak ikhlas akan ketentuanNya, ada nafsu ego di baliknya.

Nafsu ini lubang, jadi harus diatasi, jangan dituruti. Karena inilah yang bisa menjauhkan kita dari fitrah yang sehat lahir batin, bukan hanya soul tapi juga body and mind. Secara fisiologis tubuh kita pun pasti akan banyak gangguan kalau kita ikuti nafsu ini.

Nafsu bukan buruk. Kalau tak ada nafsu tak ada proses re produksi manusia. Tapi salah menempatkan nafsu bisa menuntun pada kanker cervix, kanker usus besar, dan lain sebagainya.

Nah jadi punya penyakit apapun, termasuk kanker, itu ibarat masuk dalam lubang besar karena power yang kurang akibat tidak menjaga fitrah. Jadi harus ambil power banyak-banyak sesegera mungkin, dalam upaya kembali ke fitrah yang sehat lahir batin, persis seperti main Mario Bros. Dalam manual permainan sudah disebut apa saja sumber power untuk kembali ke fitrah. Tinggal diikuti: carilah pertolongan dengan sabar dan shalat, jaga makanan halal thayib, gampang kan?

Dan ada lagi pesanNya: tak ada penyakit yang tak bisa sembuh, kecuali maut. Ya sudah yang penting kita ikuti semua mauNya, Insya Allah kita kembali fitrah, selamat sehat lahir batin. Tak perlu demotivasi, galau atau resah. Hiduplah sepanjang tahun seperti di bulan Ramadlan karena bulan itu bulan latihan. Kalau ikut training tapi hasil training nya tidak dijalankan mana bisa naik kelas? Mana bisa menjaga fitrah sehat lahir batin?

Yuk… Kita jaga fitrah kita yang sehat lahir batin sepanjang tahun yuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s