Aktifkan nafas damai 24 jam setiap hari untuk mengawal hati agar selalu penuh cinta dan syukur

IMG_0237

Di Training MBP yang diadakan di AMN Home, aku belajar teknik Nafas Damai. Teknik ini adalah alat mendasar yang diajarkan oleh Mbak Auk sebelum alat-alat (tools) lain diajarkan.

Yuk kita tengok bagaimana caranya yuk.

🌹 Duduk tenang, nyaman, tutup mata, letakkan tangan di atas lutut, dibuka ke atas seperti sedang berdoa.

🌻 Step 1
Tarik nafas panjang, hembus nafas panjang, konsentrasi ke naik turun dada supaya tidak ada lagi yang ada dalam kepala. Perhatikan baik-baik nafas dan syukuri setiap nafas yang ada.

Rasakan kepala yang nyaman, santai, relax, dan periksa apakah ada kerutan di dahi, mata, atau pipi. Periksa agar seluruh bagian kepala benar-benar relax.

Lakukan hal yang sama dengan semua anggota tubuh lain sampai kaki. Istirahatkan semua pikiran, ketegangan atau kerutan yang ada sampai semua anggota tubuh benar-benar relax.

🌻 Step 2
Tarik nafas sambil membayangkan semua karunia Allah. Syukuri semua yang telah Allah berikan. Ingat semua yang membahagiakan, rasakan sepenuh hati dan syukuri.

Buang nafas sambil membuang semua rasa tidak enak seperti kesal, marah, sebal, tidak terima, tidak suka, tidak berkenan, perasaan berharap, atau segala perasaan lain yang tidak enak.

Buang dengan hembusan nafas sampai benar-benar habis semua rasa negatif ini. Kalau semua energi negatif sudah terbuang, baru masuk step 3.

🌻 Step 3
Tarik nafas dengan rasa syukur dan bahagia, buang nafas juga dengan rasa bahagia.
Penuhi hati dan jiwa dengan rasa cinta, syukur dan bahagia. Nikmati cinta Allah yang benar-benar meliputi seluruh tubuh, sampai ke relung hati yang paling dalam.

Apabila kita telah sampai di step 3, kita tak lagi merasakan rasa sakit hati, kesal, sebal, atau rasa negatif lainnya. Kita akan dapat menjaga perasaan, pikiran, jiwa kita agar selalu positif dan hanya diisi oleh hal-hal yang baik. Kita akan menjadi lebih produktif karena kita tak lagi membuang waktu untuk memikirkan hal yang negatif. Kita mencegah hambatan energi tubuh yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Dapat dilihat di sini bahwa kita dapat menggunakan pernafasan untuk menjaga keharmonisan tubuh, jiwa, pikiran atau body-soul-mind. Dengan menjaga rasa positif, proses penyembuhan pun dapat berjalan lebih lancar. Pengobatan semahal apapun akan sulit dijalankan kalau pikiran dan perasaan tidak terjaga.

Yuk, kita latih terus nafas damai kita yuk. Terima kasih untuk Mbak Auk yang sudah mengajarkan teknik ini. Semoga Allah berikan kebaikan dan pahala dengan semua tarikan dan hembusan nafas dalam Nafas Damai ini. Aamiin YRA.

🌻🌹🌻🌹🌻🌹

4 thoughts on “Aktifkan nafas damai 24 jam setiap hari untuk mengawal hati agar selalu penuh cinta dan syukur

  1. Pingback: Ajaklah anggota tubuh berkomunikasi, manjakan mereka, jaga kesehatannya | Indira Abidin's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s