Apakah kita seperti jati atau jamur? Konsisten atau musiman?

image

🌻 Ada dua jenis tanaman yang sangat berbeda hakekatnya: Pohon jati, dan jamur di musim hujan. Lihatlah pohon jati, kita bahkan tidak bisa melihat ada yang berubah setelah beberapa minggu mengamatinya, hanya tumbuh satu ruas bahkan sejak satu bulan terakhir kita melihatnya. Itu benar, karena butuh puluhan dan bahkan bisa lebih dari seratus tahun untuk menjadi sebuah pohon jati yang sangat besar dan kokoh tak tergoyahkan.

🌻 Sementara lihatlah tumbuhan jamur yang tumbuh di awal musim hujan… Mungkin kemarin kita tidak melihat apa-apa, dan tiba-tiba awal pagi hari berikutnya kita melihat jamur bertebaran di sekitar kebun rumah kita yang lembab dan basah. Hanya butuh satu malam bagi jamur untuk tumbuh, dan beberapa hari saja untuk bertahan hidup. Hari ini ada, besok tiada…

🌻 Ada dua jenis manusia: Ada yang seperti jamur, sebentar begitu bersemangat, berkobar-kobar, penuh tawa dan sukacita ketika menerima hal-hal yang menyenangkan dalam hidupnya; tetapi ketika tiba-tiba sedikit kerikil menghambat langkahnya dan membuatnya terjatuh, lalu seluruh hidupnya menjadi layu secepat jamur lenyap dari permukaan tanah… Hilang segala sukacitanya; alih-alih masih bisa bersyukur atas segala yang baik yang diterimanya; malah penuh keluh kesah, caci-maki, dan kutukan atas hidup dan kemalangannya.

🌻 Ada orang yang seteguh pohon jati. Tidak terlalu banyak hal yang spektakuler, tapi hidupnya bersahaja. terus maju dan berkembang perlahan tapi pasti, melewati hari-harinya dengan tabah dan setia. Ada yang bertahun-tahun dalam derita kekeringan batin, sendirian menanggung sakit dan kesukaran. Tetapi keyakinan dan keteguhan diri mereka menopang hidupnya begitu kuat, dan tahun-tahun perjuangan hidupnya mengagumkan bagi banyak orang yang menyaksikannya. Bukankah sewaktu orang akan memilih berteduh di bawah pohon jati, bukan di bawah pohon jamur?

Hidup itu sebuah proses yang butuh waktu. Pilihan kita,  mau menjadi seperti jamur atau pohon jati?

Kiriman teman di what’s app group.

🌻🌷🌻🌷🌻🌷

Konsistensi memang benar-benar tak mudah. Konsistensi adalah jihad tersendiri. Iman dan motivasi naik dan turun, sampai-sampai ada yang bilang memotivasi diri itu seperti mandi, harus dua kali sehari.
Konsistensi dalam bekerja, dalam beramal, dalam beribadah, dalam berbuat kebaikan, dalam berjalan menuju Allah.

Apakah hal terkecil yang dapat kita lakukan hari ini untuk menjadi Si Pohon Jati?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s